Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG MERAH DI MUSIM PENGHUJAN



SEKILAS TENTANG  TANAMAN BAWANG MERAH 

       Menanam / budidaya bawang merah ,Tanaman bawang merah dapat tumbuh di ketinggian  2  hingga 1200 m dpl, tempat terbuka tanpa naungan ,memerlukan sinar matahari minimal 8 jam per hari, Suhu optimum untuk perkembangan berkisar 25-32 derajat celcius.Memerlukan  angin semilir untuk mengatur kelembaban tanah,, bawang merah tumbuh baik pada tanah subur,,banyak mengandung bahan organik, jenis tanah lempung berpasir, pH 5,7-7, drainase yang baik.(memerlukan air yang  banyak tapi tidak suka air mengenang/becek).






           Gb.tanaman bawang merah tumbuh subur didataran rendah maupun tinggi


 
TEKNIS MENANAM/ BUDIDAYA BAWANG MERAH DI MUSIM HUJAN


  PENGOLAHAN LAHAN

        Persiapan tanam bawang merah , Lahan digemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul sedalam 20 -30 cm, kemudian dibuat bedengan setinggi 25-35 cm, lebar 70-80 cm, jarak antar bedengan 40-50 cm. sebelum di buat bedengan  tanah ditaburi bokasi Dengan takaran 3 ton/ ha ,dolomit  0,5 – 1 ton /ha , ditambah dengan SP dan NPKsebagai pupuk dasar,SP dan NPK diaduk  sampai merata ditaburkan  kira- kira dengan takaran 2,5 kwintal – 3 kwintal per hektar.Setelah itu proses pembedengan dilakukan  maka bokasi dan pupuk dasar dapat  terpendam dalam bedengan, Selanjutnya bedengan diberi mulsa /plastic  bagaian tengahnya ,lebar mulsa sekitar  20cm – 25 cm .Mulsa berguna untuk mengatur kelembaban dan memantulkan sinar matahari ke daun  bawang merah agar tetap bersih dari embun  dan air hujan



             Gb.Tampak  bedengan bawang merah sebelum dan sesusah dipasang mulsa


.
PERSIAPAN BENIH BAWANG MERAH

Benih bawang merah yang dibutuhkan pada musim penghujan adalah jenis bauji/ lokal ,Perhatikan'' Cara memilih bibit bawang merah''

        Bibit telah di simpan selama 2 bulan setelah panen( untuk jenis bauji/ lokal), umbi mempunyai titik-titik tumbuh akar atau telah muncul tunas-tunasnya. Dan ditandai dengan warna merah pudar /kawak dan padat  berisi (tidak kisut).  Selain itu umbi bibit juga harus berasal dari tanaman yang sehat dan dipanen pada usia muda sekitar 50 hst- 55 hst,. Jika umbi terasa lunak atau kurang padat pada saat di pegang, berarti umbi tersebut berasal dari tanaman yang tidak sehat dan terlalu tua saat dipanen.




.
                              Gambar bibit bawang merah yang telah siap tanam

         Keperluan benih bawang merah berkisar 0,8 – 1 ton/ha tergantung ukuran benih dan jarak tanam. Umbi bibit/benih dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu: umbi ukuran kecil 2,5 – 5 g, sedang 5 – 7,5 g dan besar > 7,5 g. Untuk benih/bibit ideal adalah yang ukuran sedang.. Umbi yang terlalu kecil akan mudah busuk jika ditanam, selain itu bibit yang berukuran kecil akan menghasilkan tanaman yang pertumbuhannya kurang baik dan mudah terserang penyakit. Umbi yang besar akan menghasilkan pertumbuhan yang cepat dan sehat namun harganya jauh lebih mahal.


 PENANAMAN BAWANG MERAH 

         Sebelum ditanam, kulit luar benih yang mengering dan sisa-sisa akarnya harus dibuang. Untuk semua umbi yang belum bertunas maupun yang sudah bertunas ,bagian ujung umbi harus  dipotong dengan pisau kurang lebih 1/3 – 1/4 bagian dari panjang umbi bila ditanam pada musim kemarau.,Pada waktu musim penghujan bagaian ujung harus dipotong kurang lebih 1/5 – 1/6 , agar tidak tertimbun tanah bila terjadi hujan setelah tanam. Untuk bibit yang sudah kawak (usia bibit diatas 4 bulan,)bagian ujung  tidak perlu dipotong.

         Apabila bibit/benih ditanam dimusim kemarau ujung bibit tetap harus dipotong. Tujuan dilakukan pemotongan adalah agar umbi tumbuh merata, merangsang tumbuhnya tunas,  mempercepat tumbuhnya tanaman, merangsang tumbuhnya umbi samping atau anakan. Sebelum umbi ditanam, luka bekas pemotongan harus ditiriskan/dikeringkan terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya pembusukan.

         Bedengan dialiri air kira-kira ½ dari tinggi bedengan agar bibit dapat  dibenamkan 2/3, apabila terlalu dalam akan mudah tertimbun tanah bila terkena hujan dan mengalami pembusukan serta  tanah yang menutupinya akan menghambat pertumbuhan tanaman. Jarak tanam 15 x 15 cm atau 15 x 20 cm. untuk tanam bawang merah tanpa mulsa bisa dilihat di http://bit.ly/1ROn8z2

         Penyemprotan herbisida pra-tumbuh/ obat suket  sebaiknya dilakukan sebelum tanam atau maksimal 1 hari setelah tanam dengan menggunakan herbisida berbahan aktif  Oksifluerfen( goal atau golma)  dengan dosis 25 cc – 30 cc per 17 liter/tangki semprot.



                         Tampak penanaman bawang merah dengan jarak 15 x 15 cm.


, PEMUPUKAN BAWANG MERAH

Pupuk  Dasar
Pupuk dasar telah dilakukan pada pengolahan lahan diatas.
Pupuk Susulan
        Pemupukan dilakukan setelah pendangiran atau pembersihan gulma, pemberian pupuk diberikan disela tanaman dengan membuat larikan atau dibuat lubang /ditugal , pupuk dicampur dan diaduk merata.
  1. Pemupukan pertama :  (7 hari setelah tanam/ tinggi daun bawang merah mencapai 4cm), Komposisi pupuk: NPK 21O kg/ha, KCL sebanyak 150 kg/ha dan furadan 7- 10 kg/ha.
  2. Pemupukan kedua :  (21 hari setelah tanam), komposisi pupuk: NPK 175 kg/ha,KCL 100 kg/ha dan ZKplus 210 kg/ha 
  3.   Pemupukan ketiga :  (28 hari setelah tanam) komposisi pupuk NPK 70 kg/ha,ZKplus 240 kg/ha

.

                         Gb.tanaman bawang merah usia 21 hst

PEMELIHARAAN TANAMAN BAWANG MERAH

       Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan minimal 3 kali yakni 2 minggu, 4 mnggu dan 6 minggu setelah tanam.

       Penyiraman tidak perlu dilakukan pada musim penghujan .Apabila tidak turun hujan 7 hari atau apabila bedengan terlihat kering, penyiraman dapat dilakukan pada bedengan langsung atau sistem leb ( penggenangan parit.).
Penyiraman dihentikan 7 hari sebelum panen.


 HAMA DAN PENYAKIT BAWANG MERAH

Hama
  • Ulat grayak (Spodoptera litura) penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif  klorfenapir, tiodikarb. Betasiflutrin.
  • Ulat Bawang (Spodoptera exigua Hubn) penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif pfofenofos, betasiflutrin, tiodikarb, karbofuran.
  • Lalat Pengorok Daun (Liriomyza chinencis) penyemprotan pestisida berbahan aktif abamectin, tiodikarb
  • Trips (Thrips tabaci Lind dan Thrips pasvisipunus Karny) pengendalian dengan insektisida efektif yang berbahan aktif abamektin
Penyakit
  • Busuk daun (Phythopthora Infestans)
  • Layu bakteri (Pseudomonas  solanacearum)
  • Antraknosa (Collectrotichum gloeospoiroides)
  • Bercak Ungu/Trotol (Alternaria porri)
  • Layu Fusarium (Fusarium oxysporum )
       Pengendalian penyakit ini disemprot  dengan fungisida berbahan aktif  Mankozeb, Kasugamisin hidroklorida,, Oksitetrasiklin,Klorotalonil,Propinep, Iprodion,Benomil, Difenokonazanol.                                      Untuk penyemprotan dilakukan interval 3 hari – 1 hari, melihat kondisi cuaca dan serangan hama/penyakit.Untuk insektisida sebaiknya penggunaannya dirolling agar hama tidak kebal.
lebih jelasnya lihat :cara penyemprotan bawang merah


PEMANENAN BAWANG MERAH

        Waktu panen sebaiknya saat cuaca cerah atau apabila daun bawang merah sudah tiris/kering dari embun dan air hujan, ini memudahkan proses pengeringan agar buah tidak menjadi busuk. Tanaman bawang merah dapat dipanen antara umur 56 – 70 hst.melihat kondisi tanaman dan varietas itu sendiri 

.Ciri - ciri  bawang merah siap panen :
Daun mulai menguning dan ujung daun kering.
Tanaman  85 % rebah.
 Pangkal daun/ ujung umbi mengecil dan gembos/ kosong.
Umbi merekah keluar dan kulit umbi sudah terbentuk (berwarna merah) .
     



       

                         Gb.tanaman bawang merah siap panen dan hasil panen

Demikian tentang  cara  menanam / budidaya bawang merah musim hujan.
Semoga  bermanfaat
  Artikel terkait :
cara penyemprotan tanaman bawang merah
 ''cara memilih bibit bawang merah''





49 Responses to " CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG MERAH DI MUSIM PENGHUJAN"

  1. smoga dapat menjadi referensi bagi para petani bawang merah..

    ReplyDelete
  2. saya ucapkan trimakasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar yang baik dan sopon sesuai dengan topik , komentar yang berisi link , promosi , berbau sara , pornografi tidak akan ditampilkan.

    ReplyDelete
  3. Saya sangat berminat menanam tanaman bawang ini, yang jadi pertanyaan saya bisa tidak ditanam pada tanah darat...artinya hanya mengandalkan tadah hujan...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dilakukan , awal tanam pada musim hujan, didaerah pegunungan juga bisa ditanami bawang merah ,malah lebih bagus karena pada musim kemarau tanah tadah hujan istirahat (tidak ditanami)
      .

      Delete
  4. Bagimama mengatasi tanaman bawah merah klo musim hujan serti ini. Krna hujannya turun setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hujanya malam hari ,harus disemprot tiap hari ,tetapi tipis saja, jangan lupa tambahkan fungisida bakterisida

      Delete
  5. Saya mau tanya bawang merah tumbuh berapa lama trs sya g pakai sinar matahari apakah benih bawang merah akan mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawang merah panen antara 55 -60 hst ( hari setelah tanam ), trus yang kedua gak pakai sinar matahari maksudnya gimana?

      Delete
  6. P.zaki, baguskah lahan ditanami bawang terus menerus, dan apakah baik dari hasil panen bawang,untuk dijadikan bibit dilahhan yang tetap.trm ksh

    ReplyDelete
  7. biasanya sy 2 kali tanam setelah itu ganti tanaman lain, kalo trus menerus tidak bagus ,selain rendemennya kurang juga perawatannya sangat berat/susah karena hama dan penyakit kumpul disitu. untuk bibit bisa ditanam yang sama.

    ReplyDelete
  8. Permisi !
    Bisa bawang merah di tanam di daerah yg panas dengan suhu 29-34 derajat selsius !

    ReplyDelete
  9. mas tinggal di daerah mana?? mbok aku tak dolan sambil belajar mas.. pengen jg jd petani brambang

    ReplyDelete
  10. bisa add sy via FB Samujizaky Aufa bila ada waktu pasti sy jawab..

    ReplyDelete
  11. usaha budidaya bawang merah ini perlu di kembangkan lebih auh lgi, mengingat kebutuhan bawang merah di dalam negeri sangat tinggi, dan uga dapat menigktkan kesejahteraan petani,

    ReplyDelete
  12. mas, apa cock di NTT untuk bertani bawng, mengingat curah hujan yg tdak stabil. mksih mas

    ReplyDelete
  13. cocok saja yang penting ketersedian air , bila cuaca panas penyiraman / lep (jawa) harus sering dilakukan.

    ReplyDelete
  14. artikel yang sangat membantu bagi kami yang baru mulai budidaya bawang merah....trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih P.Martinus atas kunjunganya

      Delete
  15. o iya sy mau minta sedikit penjelasan tentang jenis tanah yang cocok untuk budidaya bawang merah soalnya di tempat saya ni jenis tanhnya tanah hitam gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya ditanami apa? misalnya ada tanaman yang tumbuh ,kemungkinan bawang merah juga bisa tumbuh asal jangan tanah campur kerikil.

      Delete
  16. Maaf mas sya mau numpang tanya,tanaman apa yg biasanya cocok d tanam pada lahan bekas tanaman bawang merah
    Sebelum nya mkasih

    ReplyDelete
  17. bisa ditanami bawqang merah sekali lagi atau jagung manis /sawi ,kemudian bawang merah lagi..

    ReplyDelete
  18. sebelumnya kami tanami dengan padi dan jagung ni maz.

    ReplyDelete
  19. fungsi mulsa di tengah bedeng untuk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memantulkan sinar matahari ke daun agar embun cepat hilang ,dapat mengurangi serangan hama ,mengontrol kelembaban tanah

      Delete
    2. Boleh nimbrung oom, bagaimana klu mulsa plastiknya menutupi seluruh bedengan dn bikin lubang tuk tanaman bawangnya. Apakh bagus atau kurang oom....??? Jdi nnti tidk ada biaya membersihkan gulma

      Delete
    3. maaf , didaerah saya belum ada yang ditutup mulsa penuh, jadi tidak bisa komentar..saya biasa melakukan tanam bawang merah seperti diatas.

      Delete
    4. Bisa om.. Bagus juga buat musim hujan karena dapat mengontrol jatuhnya air hujan ke bedengan.. Saya sudah pernah percobaan dan berhasil..

      Delete
  20. mas, hasil panen saya, umbi bawangnya berwarna pucat sekali, apa yg salah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa sudah cukup umur waktu dipanen? trus apa umbi bulat besar atau pangkal batang masih keras? soalnya banyak faktor nya umbi bawang merah tidak berwarna merah ,kalau lihat fotonya bisa menjelaskan.

      Delete
  21. Salam kenal mas, saya dari lampung, pengen tnam BM tp dsni blm ada bibit khusus dri umbi, misal saya beli BM dari pasar untuk bibit gmna mas? Apa bsa lgsung dtnam? Mohon informasinya, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa , BM harus di simpan beberapa bulan untuk untuk bisa menjadi bibit, dan harus diseleksi dahulu . lihat di cara menyimpan bibit bawang merah dan cara memilih bibit bawang merah di diatas ada link-nya ( bawah artikel atau samping ).

      Delete
  22. bang gimana cara mengukur ph keasaman dan alatnya beli dimana .salam kenal saya berasal dari bojonegoro jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara mengukur ph tanah , tinggal di tancapkan ph meter bag ujung nya ke tanah agak basah ( bukan berair tetapi agak basah) , nanti terlihat keasaman tanah pada jarum ph meter

      Delete
  23. Apakah bawang merah mutlak memerlukan angin yang semilir?
    Maksut saya apakah bisa ditanam didalam greenhouse ( dikelilingi jaring-jaring berlubang kecil dan diatasnya ada plastik UV)
    kira-kira apakah bisa jika dimodel tanam seperti itu??
    untuk meminimalisir serangan hama penyakit dan agar bisa mengontrol air. Terima Kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. angin semilir membuat udara bersirkulasi dengan baik,sehingga suhu udara tidak naik maka serangan penyakit akan berkurang banyak , kalo cuaca panas tidak ada angin ,telur dari kaper ( hama ulat ) cepat menetas 3-4 hari sudah menetas menjadi ulat grayak,di greenhouse lebih baik karena dapat mengendalikan hama dan penyakit ,selain itu dapat mengontrol kebutuhan air ,akan tetapi memerlukan biaya yang sangat mahal.

      Delete
    2. Mas.ada caranya untuk bs tnam bwg d kala cuacanya gak teratur

      Delete
    3. beberapa tahun belakangan ,cuaca sulit di prediksi ,sehingga budidaya bawang merah juga agak sulit, tetapi perawatanya harus lebih intensif, untuk penanaman dengan model rumah kaca mungkin bisa mengontrol budidaya bawang merah lebih baik, terus apa biaya nya nyucuk / berbanding lurus dengan hasilnya?....ya solusi saat ini hanya perawatan yang lebih insentif saja .begitu mas..

      Delete
  24. Saya anak seorang petani brebes jawa tengah. Kebetulan jg ortu sering jg jual bibit sampe smrang.tp d sni sy blm mndptkan kepuasan d sstem pertaniannya sllu dgn cr tradisional shgga hasil krg memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daerah sy ( Kediri dan Nganjuk ) juga sama dengan cara tradisional , mungkin ada perkembangan sedikit, misalnya: siram dengan mesin diesel kecil ,kalo dibanding dengan menanam yang lain ,tanaman bwang merah masih bisa diandalkan / dirasakan hasilnya.

      Delete
    2. Mas,,mau tanya kalau ditanam pas musim hujan tu cocoknya pas bulan berapa ya? makasih Mas

      Delete
    3. awal musim hujan , bulan oktober - Nopember , sebenarnya bulan setelah itu juga bisa tetapi perawatan lebih extra.

      Delete
  25. Salam kenal mas, saya juga sedang merperdalam budidaya bawang merah di Purwakarta, akhir" ini cuaca kurang bersahabat (siang panas terik malam hujan lebat) akibatnya sebagian tanaman saya rusak berat dalam tempo 3hari, tanaman bawang hancur daunnya berwarna hijau pucat kriting tidak tegap (dijawa bilangnya jeger ayam). Biasanya pengendalian untuk penyakit itu pakai fungisida apa? Terimakasih salam sukses..

    ReplyDelete
  26. kalo sudah terkena serangan penyakit moler sangat sulit di tanggulangi, untuk yang masih gejala seperti terlihat pada daun bawang merah yang pertumbuhanya panjang agak melengkung ,itu tanda awal .fungisida untuk mencegah gunakan amistartop takaran 2 sendok makan ditambah anti bakteri .

    ReplyDelete
  27. Makasih banget kak infonya..mau tanya nih..cara menanam bawang merah pada musim hujan? keluargaku takut menanam ketika musim hujan..cara mengatasinya gimana kak..biasanya kan banyak serangan bakteri dan jamur...makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. perawatan lebih intensif, penyemprotan harus disertakan fungisida bakterisida ,pemupukan harus di perhatikan unsur N ( Nitrogen )harus dikurangi karena air hujan sudah mengandung N tinggi dan ditambahkan unsur P (phospat ) dan Kalium.

      Delete
  28. Makasih infonya kang... sy lagi menanam bawang merah tp cuaca d daerah sy hujan mulu... sedikit khawatir nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga lulus sampai panen

      Delete