Latest News

HERBISIDA UNTUK TANAMAN JAGUNG





HERBISIDA UNTUK TANAMAN JAGUNG, Perawatan jagung meliputi pemupukan , pengairan ,pembubunan / ipuk dan penyiangan atau  pembersihan gulma / rumput liar, penyiangan dilakukan agar tanaman  utama dalam hal ini jagung , pertumbuhannya tidak terganggu ,karena rumput liar memakan nutrisi yang ada sehingga tanaman utama (jagung ) harus berbagi makanan dengan rumput liar ,sehingga menyebabkan pertumbuhan tanaman jagung terhambat . maka rumput / gulma penggangu harus di bersihkan.

      
           

Untuk membersihkan gulma / rumput liar pada tanaman jagung  ,ada 2 cara yaitu dengan menggunakan obat rumput  / herbisida dan dengan cara manual yaitu membersihkan dengan cangkul / sabit .
Membersihkan gulma / rumput liar dengan cara manual sudah semakin jarang dilakukan oleh petani karena berkurangannya tenaga kerja dibidang pertanian. Petani lebih memilih cara menggunakan herbisida / obat rumput ,karena lebih hemat dan praktis , dalam mengunakan herbisida untuk tanaman jagung harus tepat karena bila salah bisa menyebabkan tanaman jagung terganggu bahkan mati.
Berikut ini akan saya sampaikan herbisida untuk tanaman jagung dan cara penggunaanya:
1.     Herbisida bahan aktif  Isopropil amina glisofat
Merk dagang herbisida ini antara lain : Roundup ,Glisat,Bionasa, Konup ,Basmilang, Glibas ,dan lain-lain.


     
                   


  Fungisida ini bekerja secara sistemik reaksi perlahan tetapi merusak jaringan rumput sampai akarnya.
Cara penggunaanya pada tanaman jagung : Penanaman jagung tanpa olah tanah ,satu minggu sebelum tanam atau 1 -2 hari sesudah tanam pada tanaman jagung  disemprotkan secara merata pada hamparan rumput ,dosisi pemakain 200 ml per tangki sprayer atau 17 liter.


2.     Herbisiada bahan aktif Mesotrion 50 g/l + Atrazin 500g/l
Merk dagang herbisida ini antara lain : Calaris 550SC, DK mesonin 5050 sc

     
        


Herbisida ini khusus untuk tanaman jagung bekerja secara sisitemik
Cara penyemprotanya : dilakukan pada tanaman jagung umur 10- 21 hst, dosis pemakainnya  60cc untuk Calaris dan 30 cc untuk surfaktannya ,disemprotkan merata disekitar tanaman jagung dan tidak pengaruh terhadap tanaman jagung bila terkena semprot.


3.      Herbisida bahan aktif Parakuat diklorida 276 g/l
Merk dagangnya antara lain : Gramoxon,Noxon,Nixon, Top zone,Tamaxon ,dan lain –lain.

           
       

 Herbisida ini bekerja secara kontak  langsung ,penggunaan pada tanaman jagung yaitu disemprotkan pada tanaman umur mulai 1 bulan keatas ,cara penyemprotan dilakukan disekitar akar tanaman jagung dan jangan sampai terkena tunas jagung ,bila terkena dapat menimbulkan kematian pada tanaman ,sebaiknya spuyer tangki semprot diberi  tudung  atau pengaman  agar semprotan herbisida tidak sampai terkena daun muda atau tunas jagung. Dosis pemakaiannya :  2 ½ - 3 tutup  kemasannya    atau 80  -90 cc per tangki semprot ( 17 liter).


4.     Herbisida bahan aktif Tropamezon  330 g/l + Atrazin 500g/l + Adjuvant 330g/l  (perekat) 

Merk dagannya : Convey ,  1 paket Convey terdiri dari  3 botol yang terdiri dari  3 bahan aktif diatas . Herbisida ini sangat selektif yaitu khusus untuk tanaman jagung ,herbisida ini mempunyai reaksi kuat untuk rumput / gulma yang sudah tua dan mengakar kuat yang sulit ditanggulangi dengan herbisida Calaris 550 sc , Aplikasi / pemakaianya pada tanaman jagung umur diatas 21 hst. Disemprotkan secara merata pada rumput dibawah tanaman jagung dan tidak ada efeknya terhadap tanaman jagung.

Demikian tentang herbisida untuk tanaman jagung dan  cara aplikasi / penggunaanya .semoga bermanfaat.
Baca juga : Herbisida Rumpas dan cara pemakaianya/ aplikasinya


5 Responses to "HERBISIDA UNTUK TANAMAN JAGUNG"

  1. Mas... Minta nama obat herbisida yang di semprot tidak membuat jagung mati

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Convey,alkalis ,Calaris. Tanaman jagung tidak mati bila terkena herbisida itu

      Delete
    2. akalis maksudnya ,bukan alkalis

      Delete