Latest News

HERBISIDA RUMPAS DAN CARA APLIKASINYA /PENGGUNAANYA



HERBISIDA RUMPAS DAN CARA APLIKASINYA / PENGGUNAANYA, Herbisida ini sebenarnya sudah sejak lama ada dan sangat selektif dalam membasmi atau mengontrol pertumbuhan gulma pada beberapa tanaman, saya sendiri sudah beberapa tahun yang lalu mengunakan herbisida  Rumpas untuk mengendalikan gulma pada tanaman bawang merah ,dan hasilnya terasa sekali gulma yang ada pada tanaman bawang merah berkurang sangat banyak sehingga dapat menghemat biaya tenaga kerja.



                                  




Herbisida Rumpas berbahan aktif Fenoksaprop-p- etil 120 g / l ,termasuk herbisida kontak sistemik dan selektif purna tumbuh /setelah gulma tumbuh, yang berbentuk pekatan emulsi minyak dalam air berwarna putih dapat mengendalikan gulma pada tanaman bawang merah, cabai ,kacang tanah , kedelai, sawi ,mentimun.Cara kerja herbisida ini baru terlihat 1 minggu setelah aplikasi / penyemprotan , mula –mula rumput akan terlihat kering pada tunasnya, lalu akar busuk dan kemudian akan mati
 Rumput / gulma yang dapat di tumpas / diatasi oleh herbisida Rumpas termasuk jenis rumput yang keras seperti : rumput lulangan, grinting, teki, rumput ketelan.  seperti pada gambar di bawah ini


                  




Sedangkan rumput jenis lunak seperti bayam , ceplukan, jlegoran ,telpok, krokot tidak terpengaruh sama sekali / masih hidup ,seperti pada gambar di bawah ini :


                    




Cara / dosis pemakaian herbisida rumpas

Seperti yang saya lakukan ,untuk tanaman bawang merah ,dosis yang saya terapkan yaitu 2,5 – 3 tutup kemasanya untuk 1 tangki sprayer,aplikasinya disemprotkan pada tanaman bawang merah umur 2 – 5 minggu , dapat dicampurkan dengan pestisida lain atau di semprotkan sendiri.

Untuk aplikasi pada tanaman kacang tanah dan sawi ,saya pakai 2 tutup kemasannya ,disemprotkan secara merata pada umur tanaman 1 – 3,5 minggu.

Dibawah ini gambar aplikasi  herbisida Rumpas  pada kacang tanah setelah 3 hari penyemprotan , pucuk rumput terlihat mulai menguning dan lama –kelamanan akan mati.


                   




Perlu di ingat   sebelum memakai herbisida Rumpas ,sangat dianjurkan untuk membaca  petunjuk pemakainnya agar tidak keliru dalam aplikasinya.


Demikian tentang herbisida Rumpas dan cara aplikasinya /pemakaiannya . semoga bermanfaat.


75 Responses to "HERBISIDA RUMPAS DAN CARA APLIKASINYA /PENGGUNAANYA"

  1. Mohon pencerahannya pak..
    Herbisida ini tidak akan membunuh tanaman Bawang Merah dan Sawi yang berumur di atas 1 Minggu setelah Tanam..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul saya telah memakainya beberapa kali , takaranya saya aplikasikan adalah 2 tutup botolnya tiap 1 tangki sprayer / 17 liter air.

      Delete
    2. Om
      Waktu nyemprot rumpas nya di kasih perekat pembasah gak ???
      Dan nyemprot nya pagi atau sore ???

      Delete
  2. Mohon tanya pak.. klo di pakai pada tanaman padi akan mati tidak pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa, tanaman padinya ikut mati

      Delete
    2. Kalau sudah terlanjur cara mengatasi agar tidak ikut mati padinya

      Delete
    3. Tapi kenapa di lebel kemasannya tertera untuk tanaman padi ?

      Delete
    4. Bisa untuk padi tp agak merah pada tanaman padi. Tp tidak apa2 padinya. Tp lebih bagus kalo padi pake Tabas atau Badax...

      Delete
    5. Brp hari setelah aplikasi baru bisa di airi untuk tanaman padi..

      Delete
  3. Kalau di pakai pada tanaman kubis bunga, bisa gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf belum pernah pakai pada kubis bunga ,sepertinya nggak apa", atau di coba dulu ,kalo mencoba sedikit saja ,beberapa 1 atau 2 tanaman.

      Delete
  4. Kalo untuk tanaman cabe rawit apakah bisa pak...

    ReplyDelete
  5. Informasi yg sangat bermanfaat pak zaki, kebetulan saya baru tanam bawang merah, nanti akan coba saya terapkan. Thx

    ReplyDelete
  6. Untuk padi, syaratx lahan harus berair, KL tidak padi bisa ikut mati. Dosis 1x tutup botol/tangki. Rumpas sgt efektif utk rumput brdaun sempit, jd bagus dicampur 24D utmengatasi gulma daun lebar

    ReplyDelete
  7. Pak mau tanya... untuk toko/distributor wilayah kediri dan sekitar kira2 di daerah mana yang sudah ada.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah banyak di daerah pare ,misalnya toko pertanian FAST,dll

      Delete
  8. Aplikasi di campur pupuk kcl bisa gak pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf belum pernah belum pernah saya campur dengan yang lain

      Delete
  9. Apakah ini bisa diartikan buat tanaman berakar serabut dan beruas ya pak?

    ReplyDelete
  10. Apakah ini bisa diartikan buat tanaman berakar serabut dan beruas ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di petunjuk pemakaianya tidak di cantumkan tentang akar serabut dan beruas.

      Delete
  11. Info yang sangat membantu pak, sudah pernah di coba untuk bawang umur > 1 bulan pak? Kebetulan tanaman saya baru 3 minggu dan gulma'nya mulai menggila hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gulma akan mati tapi agak lama ( 5 hari gulma mulai menguning)

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Kalao dipakai pada tanaman cabe jamu,timun,tomat dan terong bisa gak pak??!!
    Trima kasih

    ReplyDelete
  14. Kalao dipakai pada tanaman cabe jamu,timun,tomat dan terong bisa gak pak??!!
    Trima kasih

    ReplyDelete
  15. Di daerahku rumpas jadi andalan dlm membasmi rumput berdaun sempit yg menjadi gulma tanaman kacang hijau

    ReplyDelete
  16. Di daerahku rumpas jadi andalan dlm membasmi rumput berdaun sempit yg menjadi gulma tanaman kacang hijau

    ReplyDelete
  17. Mau tanya pak, rumpas berlaku utk bawang merah pada polybab ga. Soalnya rumput tumbuhnya dari bawah tembus polybagnya. Kira2 rumput yg di bawah polybag bisa mati ga. Selain disemprot bisa ga di kocor atau pake gembor? Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumput berdaun sempit sasarannya,takarannya 2-3 tutupnya tiap 1 tangki semprot bisanya saya terapkan pada kacang tanah ,bawang merah pada bedengan,kalo pakai polibag bisa juga asal takarannya seperti diatas .

      Delete
    2. Buat dipakai ditanaman cabai gimana ,? Cara pakai dan takarannya, bisa ngga sih kalo buat cabi?4

      Delete
  18. Klu buat tanaman tembakau gimana, aman apa enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf belum pernah pakai ,kalo dilihat dari sasaran rumput yang di basmi adalah berdaun sempit, daun tembakau berdaun lebar mungkin saja tanaman tembakau tidak terpengaruh ,bisa di coba satu tanaman saja dahulu ,bila 1 minggu tidak mati bisa diteruskan.

      Delete
  19. Pada sawi rumput teki mati ngak pak

    ReplyDelete
  20. Saya pakai rumpas buat kacang tanah dosis 2tutup /tangki 14 liter sudah seminggu teki g mati malah hijaugimna pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai 2,5 -3 tutup ,suket teki dan grinting mati dalam waktu seminggu. untuk kasus yang bapak alami ,mungkin kurang klomoh/ basah ( rumputnya basah) dan takarannya di tambah,sy yakin akan mati ,soalnya saya sudah praktek sendiri.

      Delete
  21. Untuk cabe besar bagaimana caranya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf belum pernah mencoba pada cabe besar bisa apa nggak ya

      Delete
  22. Lw untuk rumput didekat tanaman nanas apakah nanasnya tidak mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf belum pernah coba di tanaman nanas

      Delete
  23. Kl rumput daun lebar bisa mati ya pak..

    ReplyDelete
  24. Lk di gambas + terong pak bisa nggk ya ? Tanaman 2 itu umur nya 1 bulan semua ??

    ReplyDelete
  25. Kalau untuk tanaman bawang daun busa nggak ya pak mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawang merah saya pernah pakai rumpas ,bawang daun bisa

      Delete
  26. Baru saja menggunakan rumpas 1 tutup/17 liter air untuk tanaman padi apa tanaman padi saya akan mati..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana Maa Dwi, hasilnya diaplikasikan pada padi. Apakah ikut mati ? Pada saat aplikasi rumpas apa persawahannya ada airnya ? Macak-macak atau banyak ? Terimakasih

      Delete
  27. Pada kacang tanah yg mau berbunga boleh gak obat ini gan, apakah kacang tanahnya tidak ikut mati...? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  28. Selain Rumpas, herbisida apa saja yg bisa digunakan pada tanaman cabe rawit?

    ReplyDelete
  29. Untuk tanaman bungkul gmna pak

    ReplyDelete
  30. cara aplikasi tanaman kacang hijau kira2 umur berapa gan

    ReplyDelete
  31. Kalau untuk tanaman wortel boleh pak?

    ReplyDelete
  32. Pada waktu penyemprotan.apakah tanah harus basah?

    ReplyDelete
  33. Rumpas 120 EW ?
    120 apa artinya ?
    EW singkatan dari apa ? dan apa artinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. 120 itu kadar bahan aktifnya ada 120 gr / lt fenoksaprop + etil, kalau EW itu bentuk formulasinya singkatan dari minyak Emulsion oil in Water

      Delete
  34. Pak untuk rumput bayam, ciplukan, jlegoran, kledojan biar mati pakai herbisida apa,,? Untuk tanaman bawang merah umur 4 mingguan.mksh

    ReplyDelete
  35. Jangan pernah nyoba rumpas buat padi,saya dah nyobain padinya ikut mati...

    ReplyDelete
  36. Jangan pernah nyoba rumpas buat padi,saya dah nyobain padinya ikut mati...

    ReplyDelete
  37. mohon infonya apakah rumpas aman klo d

    ReplyDelete
  38. mohon infonya apakah rumpas aman digunakan untuk tanaman kacang kedelai yg berumur 10 hari soalnya tanaman kedelai saya banyak rumputnya

    ReplyDelete
  39. mohon infonya apakah rumpas aman digunakan untuk tanaman kacang kedelai yg berumur 10 hari soalnya tanaman kedelai saya banyak rumputnya

    ReplyDelete
  40. Mohon info saya tanam kacang tanah tapi banyak rumput dan tumbuhan padi apakah saya aplikasikan rumpas rumput sama tumbuhan padi mati

    ReplyDelete
  41. untuk bawang merah yang berumur 40 hari lebih, gak pengaruh gak ke perkembangan bawangnya???

    ReplyDelete
  42. rumpas untuk tanaman bawang daun dosisnya berapa pak...mohon pencerahannya..terima kasih

    ReplyDelete