Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA MENTIMUN



SEKILAS TENTANG TIMUN/MENTIMUN

    Menanam / budidaya Mentimun ,Timun/Mentimun ( cucumis satifus  ) adalah tumbuhan yang merambat ,menjalar menghasilkan buah  warna hijau lonjong/memanjang yang dapat dimakan langsung , untuk lalapan ataupun sayuran.Ketimun masuk dalam suku labu-labuan (Cucurbitcae) yang dapat hidup diberbagai musim  dan dataran rendah sampai dataran tinggi hingga mencapai ketinggian 1500 dpl,suhu udara 20 -  32 derajat Celsius.

     Tanaman mentimun  adalah tanaman yang rentan terhadap penyakit sehingga memerlukan perawatan yang teliti dalam pembudidayaannya.timun tumbuh subur  ditanah gembur yang banyak mengandung bahan organic  ph tanah 5,7- 7 drainase yang baik, pencahayaan matahari yang optimal 8 jam per hari.

             



PENANAMAN MENTIMUN 


PERSIAPAN LAHAN

    Tanah digemburkan dengan di cangkul/di bajak sedalam 20cm - 30cm .tebarkan bokasi/kompos dari kotoran ayam  sebanyak 5 ton /ha. ,kemudian dibuat bedengan dengan tinggi 25cm – 30cm, lebar  bedengan  80cm – 90cm ,jarak bedengan  50cm – 60cm. permukaan bedengan dibuat melengkung  agar mulsa dapat menutupi bedengan dengan rapat.Kemudian pasang mulsa pada bedengan  dengan ukuran  110cm – 120cm.Mulsa berfunsi untuk menjaga kelembaban tanah,memantulkan cahaya matahari ke buah/ tanaman agar tetap bersih dari embun dan air hujan.


PEMILIHAN BIBIT MENTIMUN

    Pilih bibit mentimun yang sesuai dengan iklim,cuaca serta varietas yang baik, agar memudahkan perawatan dan mendapatkan hasil yang memuaskan .Ciri-ciri bibit yang bagus antara lain: warna biji cerah, padat berisi , biji utuh tidak berlubang.

PENANAMAN MENTIMUN

     Buatlah lubang pada bedengan  sekitar 10cm dari tepi mulsa, jarak antar lubang 50 -60cm.Sebelum ditanam biji dicampur/ aduk dengan insektisida Karbosulfan dengan dosis 25g/3kg bibit.  Masukan  biji ketimun kedalam lubang  pada mulsa yang telah dibuat tadi ,tiap tiap lubang  diisi dengan 2 butir biji ketimun, kemudian tutup dengan sedikit tanah.
lebih jelasnya proses penanaman mentimun lihat di video ini http://bit.ly/21SaSwU
baca juga : cara menanam / budidaya mentimun dipot/polibag




          Gb.2: Penanaman Mentimun  dengan jarak 60cm dan tanaman  5 hst.


PEMUPUKAN MENTIMUN


       Pemupukan dasar                                                                                                                                         
    Pemupukan ini dilakukan pada saat olah tanah sebelum bedengan dikerjakan ,agar pupuk dasar terpendam dalam bedengan. Komposisinya : Phonska 120 kg/ha,  ZA 150 kg/ha, phospat 100 kg/ha.

Pemupukan lanjutan   1  

    Pemupukan ini dilakukan pada saat tanaman umur 7 hst – 30 hst ,dengan cara  campuran air dan pupuk dikocorkan kelubang  tanaman dengan takaran 200ml – 250 ml setiap lubang tanaman. Komposisi : NPK  35 – 45 kg/ha,insektisida berbahan aktif karbofuran 7kg/ha.pemupukan ini dilakukan 1 minggu sekali Untuk pemupukan minggu 2,3,4, sudah tidak memakai  Insektisida,  fungsi  insektisida  untuk membasmi  hama yang ada didalam tanah

Pemupukan lanjutan 2

    Pemupukan dilakukan pada saat tanaman umur 30 hst dan seterusnya .  komposisi : NPK  280 kg/ha atau campuran Phonska + ZA  300 kg/ ha .
  Cara pemupukan : tanah ditugal sedalam 5cm pupuk dimasukan kedalm lubang kemudian ditutup dengan tanah. Jarak pupuk dengan batang tanaman sekitar 5 cm. pemupukan dilakukan dengan interval 7- 10 hari.


PEMELIHARAAN MENTIMUN

    Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan 2 minggu sekali.  Pada waktu musim hujan tidak diperlukan penyiraman ,Waktu musim kemarau Penyiraman dilakukan 1 minggu sekali atau apabila tanah bedengan terlihat kering dan juga setelah pemberian pupuk  .  caranya  parit dialiri air 1/2 dari tinggi bedengan. Pemasangan tajuk dilakukan ketika tanaman berumur 7  hst .Tinggi tajuk 150cm – 200 cm agar batang dan daun dapat berkembang dengan baik.Tali /gawar dipasang untuk  menghubungkan 1 tajuk dengan yang lain berfungsi sebagai media perambatan tanaman.


                                   Gb.3: Tanaman Mentimun  umur 45 hst

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MENTIMUN

     Hama yang terdapat pada tanaman Mentimun antara lain :Ulat bunga (Maruca testualis),   lalat kacang (Ophiomya Phaseloli Tryon)),  kutu daun  ( Aphis cracivora Koch)  Ulat grayak (spodoptera litura),penanggulangan semprot dengan insektisida ber bahan aktif :Abamectin,Imidakloprit,Sipermetrin. Tentang hama mentimun baca disini

     Penyakit yang menyerang tanaman Mentimun antara lain: Bercak daun (Cescospora sp), Layu bakteri (Pseudomonas solanacearum),Antraknos, Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum). Penanggulangan semprot dengan fungisida berbahan aktif : Mankozeb,Propinep,Oksitetrasiklin.


PEMANENAN MENTIMUN

   Tanaman Mentimun mulai dapat di panen umur 35 hst .Buah yang siap dipetik berwarna hijau pudar/keputih putihan .panen dilakukan dengan interval 2-3 hari.panen dapat dilakukan sampai 18 x panen dalam satu kali budidaya, tergantung jenis ,musim, varietas dan perawatan. 




        Gb. 4:  Buah Mentimun siap dipetik dan hasil panen yang melimpah.

Demikian cara menanam / budidaya mentimun .semoga bermanfaat.

artikel terkait : 
hama dan penyakit tanaman mentimun
cara menanam / budidaya mentimun di pot /polibag


12 Responses to " CARA MENANAM DAN BUDIDAYA MENTIMUN"

  1. trimakasih atas kunjungannya....untuk mengendalikan hama sudah di tulis diatas..

    ReplyDelete
  2. siiip,,, saya akan mencoba

    ReplyDelete
  3. ada yg tau cara menanam timun di dalam kebun jagung gak.. tapi jagung nya buahnya sudah dipanen dan batang jagunng tersebut jadi junjungan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. batang jagung buat junjungan /ajir kurang kuat menopang buah mentimun ,kalo untuk junjungan kacang panjang masih bisa..

      Delete
  4. Thank info nya... Sungguh sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Thank info nya... Sungguh sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Kalo saya menanam di polybag satu polybag kira kira ditanam berapa benih ya? Lalu pembuatan ajir di polybag bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 polybag 1 benih aj pak....2 pun bisa... Tapi klo uda vesar mesti dicabut 1 tanaman... Jdi sisa nya 1 tanaman saja

      Delete
    2. Sebaiknya ajirnya yang kuat....sepert bambu. Terus ujung ajir nya digabung sama ajir polybag sebelah.. trus diikat ijung nya agar tidak lepas

      Delete
  7. Kalau obat dr penyakit bule apa ya mas.?

    ReplyDelete
  8. Klu umur 20hr pakai pupuk apa

    ReplyDelete