Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG TANAH


SEKILAS TENTANG KACANG TANAH

               Menanam/ budidaya kacang tanah, Kacang tanah (Arachis hypogaea L.)/kacang brol tanaman  polong polongan yang dapat hidup ditanah  branjangan( sedikit lempung yang berpasir) ,tanah vulkanik , tanah setengah pasir /tanah lebu . .kondisi tanah harus subur kaya dengan bahan organic ,tidak cocok untuk tanah liat karena pertumbuhan akar kurang maksimal.Tanaman ini dapat hidup didatarn rendah sampai dataran  tinggi.hingga mencapai 1200 m dpl Derajat keasaman tanah 5,7-6,.,Curah hujan sedang,panas matahari yang cukup

.
PENANAMAN KACANG TANAH

PERSIAPAN LAHAN

                Seperti biasa untuk persiapan penanaman kacang tanah ,gemburkan tanah (untuk tanah yang sudah gembur tidak perlu dilakukan tahap ini)  dengan cara di bajak atau dicangkul sampai kedalaman 20 cm -30 cm.Buat bedengan lebar 160 cm- 180 cm dengan tinggi bedengan 15 cm – 20cm.Jarak bedengan 40 cm.


PEMILIHAN BIBIT DAN PENANAMAN KACANG TANAH

               Pilih bibit ukuran sedang .Bibit yang bagus tampak cerah ,segar, bersih ,seragam ,tidak kering kisut. Penanaman kacang tanah dengan cara buat lubang di bedengan dengan jarak 25 cm x25 cm . masukkan biji kacang tanah kedalam lubang.tiap lubang diisi 2 butir biji kacang panjang, kemudian tutup dengan tanah .Tapi sebelumnya , Rendam dulu biji kacang tanag dengan insektisida berbahan aktif karbosulfan. Agar terhindar dari hama (semut dan burung).untuk kebutuhan benih sekitar 140 kg/ha  – 160kg /ha untuk bibit ukuran sedang.  Cara memilih bibit kacang tanah lihat di sini

                       


                        
                        Gb.1 benih kacang tanah dan tanaman umur 5 hst

PEMUPUKAN DAN PERAWATAN KACANG TANAH

             Pemupukan tanaman kacang tanah dilakukan hanya sekai ,yaitu pada waktu  awal tanam ,jenis pupuk hanya phospat saja(tsp,sp 36,petropos) 200kg/ ha sudah cukup. Tanaman ini  tidak memerlukan pupuk yang mengandung N (nitrogen) karena sudah menyerap N dari udara.
             Perawatan yaitu penyiangan dan pembersihan gulma  dilakukan 2x penyiangan pada umur 15 hst dan 30 hst dengn cara dikecrik sela –sela tanaman mengunakan cangkul kecil
Pengairan dilakukan 35 hari sekali  /apabila tanaman sudah layu.Sering dilakukan pengairan kurang baik untuk tanaman karena hanya menyebabkan subur daunnya saja.


                    
                              Gb. Tanaman kacang tanah umur 25 hst

HAMA DAN PENYAKIT KACANG TANAH

            Hama tanaman ini antara lain: ulat grayak,eret /embuk,ulat penggulung daun, cabuk dan tikus .Pengendalianya  dengan disemprot insektisida berbahanaktif: BPMC (fenobukarb),abamectin,imidakloprit.
           Kacang   tanah  penyakitnya :antara lain:layu bakteri, layu fusarium, cara penanganannya dengan disemprot fngisida berbahan aktif :mankozeb,propineb.


PEMANENAN KACANG TANAH

          Kacang tanah dapat dipanen pada umur 90- 100 hst  dengan cici-ciri antara lain 80 persen daunnya telah menguning ,daun bagaian bawah  mengering, tanah  tempat buah sudah merekah.buah paling  muda sudah padat.Satu  minggu sebelum panen tanaman kacang tanah di lep /dialiri air.,agar mudah pencabutan batangnya.

Demikian tentang cara menanam / budidaya kacang tanah .semoga bermanfaat

baca juga :
cara memilih bibit kacang tanah
hama dan penyakit kacang tanah


0 Response to " CARA MENANAM / BUDIDAYA KACANG TANAH"