Latest News

CARA MEMPERBANYAK EM4 SENDIRI

   
     Memperbanyak EM4,EM 4 atau effective microorganism 4  berisi  bakteri fermentasi  yang sangat berguna bagi para petani/ industry untuk proses pembuatan bokasi baik skala kecil maupun besar . skala kecil misalnya : pembuatan bokasi mandiri ,sedangkan untuk skala besar misalnya :industry pertanian.  
     Komponen semua ini  yang digunakan  sebagai bahan utama pembuatan pupuk organic atau bokasi, EM4 berguna untuk menguraikan bahan dari kompos  menjadi bahan organic yang siap diserap oleh tumbuhan .EM 4 yang  ada dalam botol /kemasan  dalam posisi istirahat atau tidur.
     Bila ingin mengaktifkan  EM4 yang tidur beri makanannya  yaitu bahan  organic .Bagi para petani yang ingin membuat pupuk bokasi dalam skala besar tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pembelian EM4 yang dibutuhkan, karena di kesempatan ini akan saya sampaikan cara memperbanyak EM4sendiri.

Bahan bahan yang perlu disiapkan antara lain
1. EM4 satu botol
2. Tetes murni  1 liter
3. 10 liter air leri / air bekas cucian beras sebelum dimasak.
4. 10 liter air bersih.
5. Wadah/drum ukuran sedang  yang bersih dan bebas pestisida.

Cara prosesnya:

      Masukan  EM4,Tetes murni, Air leri ,air bersih menjadi satu , kedalam drum ukuran sedang ,kemudian aduk hingga tercampur  merata ,tutup drum tapi jangan rapat ,biarkan ada udara yang masuk diamkan  selama 3  hari hingga 5 hari . Apabila sudah 5 hari , warna  campuran sudah berubah agak  kehitaman dan bau nya sudah seperti tape ,maka EM4 siap digunakan.

cara ini yang sering saya lakukan untuk memperbanyak  EM4 . semoga bermanfaat dan selamat mencoba...


3 Responses to "CARA MEMPERBANYAK EM4 SENDIRI"

  1. Pada suhu sejuk dan terhindar mataharu, bisa tahan 6 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy kira bisa lebih ,itu mikroorganisme di tidurkan ,bila ingin dipakai di bangunkan seperti diatas ( seperti artikel)

      Delete