Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA BENGKUANG



SEKILAS TENTANG BENGKUANG/ BENGKOANG

       Menanam / budidaya bengkuang ,Bengkuang atau bengkoang  (Pachyrhizus erosus L) adalah tanaman semak yang hidupnya menjalar .Buah bengkuang yang berasal dari umbi  berwarna putih dimanfaatkan  untuk makanan sampingan antara lain keripik bengkuang ,saus bengkuang,dan bahan rujakan, selain itu untuk bahan kosmetik antara lain masker bengkuang ,lulur bengkuang dan masih banyak lagi.

     Tanaman bengkuang tumbuh di dataran rendah hingga tinggi mencapai ketinggian  1200 meter dpl.memerlukan media tanah antar lain tanah lempung berpasir , tanah pasir , tanah lebu, tanah gembur vulkanik , tanah branjangan  yang mengandung bahan organic.suhu pertumbuhan optimal 25 – 33 derajat Celsius. Ph tanah 5,5 – 7 ,curah hujan ringan sampai sedang ,memerlukan sinar matahari  11 jam per hari.drainase yang baik.



PENANAMAN BENGKUANG

PERSIAPAN LAHAN

     Tanah digemburkan dengan dibajak atau dicangkul sedalam 30 – 40 cm .Kemudian buat bedengan  dengan tinggi bedengan 25 – 35 cm, lebar bedengan 70-80 cm , jarak bedengan atau kalen 40 -50 cm.




            Gb .1 bedengan untuk tanaman bengkuang.



PEMILIHAN BENIH

        Benih bengkuang berasal dari tanaman khusus pembibitan atau bunga tanaman bengkuang yang disisakan saat pemotongan bunga dan jalar.pilih yang berkualitas, varietas benih yang genjah seperti jenis malaisia,pilih  benih yang berwarna gelap, padat ,tidak keriput ,tidak berlubang.
baca : cara membuat / memilih bibit bengkuang




              Gb.2 bibit bengkuang yang siap tanam



PENANAMAN

         Sebelum ditanam benih bengkuang direndam dalam air kurang lebih selama  7 jam ,kemudian angkat dan bungkus dengan  kain  lembab agar cepat berkecambah. Buat lubang pada bedengan dengan ditugal sedalam 5 cm , jarak lubang 50 x 50 .Kemudian masukan  bibit bengkuang kedalam lubang ,kemudian tutup dengan sedikit tanah dan selanjutnya aliri air bedengan /parit hingga penuh dan segera  tiriskan parit hingga airnya hilang.


             Gb. 3 tanaman bengkuang umur 15 hst.



PEMUPUKAN

      Pemupukan tanaman bengkuang relative sedikit yaitu ZA 70 kg / ha + SP 140 kg /ha , pemupukan dilakukan pada umur tanaman mencapai 21 hst dan pemupukan hanya sekali. cara pemupukan dengan disebar merata kemudian dilakukan pengairan.



PEMELIHARAAN

     Penyiangan dan pembersihan gulma  dilakukan 2 minggu sekali. Untuk pengairan dilakukan pada waktu  pemupukan yaitu pada umur tanaman mencapai 21 hst setelah itu pengairan dilakukan 1 bulan sekali dan pada saat akan panen.
Pemotongan bunga dan jalar dilakukan pada umur mulai 50  hst dan selanjutnya dilakukan  5 hari sekali.pemotongan ini dilakukan agar pertumbuhan tanaman bengkuang  kebawah / keumbinya sehingga buah  cepat besar.




                 Gb.4 bunga tanaman bengkuang yang harus dipotong


HAMA DAN PENYAKIT

     Hama utama  pada tanaman bengkuang  adalah tikus . Cara pengendalianya  adalah dengan gropyokan.
Pada tanaman bengkuang  sepertinya tidak banyak penyakit yang menyerang tetapi tetap harus waspada terhadap serangan jamur .


PEMANENAN

        Pada tanaman bengkuang jenis genjah/ jenis Malaysia  dapat dipanen mulai umur  3 bulan . cara panen dengan di cangkul tepi buah agar mudah di cabut .potensi hasil bisa mencapai 28 ton / ha.

Demikian cara menanam dan budidaya bengkuang .semoga bermanfaat.
baca juga : cara membuat / memilih bibit bengkuang


0 Response to " CARA MENANAM DAN BUDIDAYA BENGKUANG"