Latest News

CARA MENANAM LENGKENG / KELENGKENG DIPEKARANGAN RUMAH



    Menanam/budidaya lengkeng/kelengkeng ,Tanaman kelengkeng/ lengkeng merupakan tanaman buah –buahan yang berasal dari daratan asia tenggara. Lenkeng diambil buahnya yang rasanya manis atau dikemas dalam kaleng. Tanaman ini dapat tumbuh subur di pekarangan rumah kita sal memenuhi syarat untuk tumbuh , yaitu tanah yang gembur , subur mengandung bahan kaya organic dan air yang siap sedia .



                    

    Untuk menanam lengkeng tidak sulit , karena lengkeng mudah tumbuh disemua tempat.berikut cara menanam lengkeng dipekarangan rumah.

Pertama – tama siapkan bahan yang diperlukan yaitu bibit lengkeng dengan tinggi 50 cm, cangkul,bokashi, air , dan tentu tempat dimana lengkeng akan ditanam.

     Buat lubang pada tanah dengan cangkul sedalam 50 cm dengan diameter 30 cm,taburkan bokashi kedalam lubang kira –kira setengah zak,kemudian kocorkan air ke lubang agar pupuk bokashi basah dan merata, lalu tanam bibit lengkeng kedalam lubang yang telah dibuat dan timbun dengan tanah dan pupuk bokashi,lalu sedikit padatkan tanah timbunan agar akar tanaman lengkeng dapat menyatu dengan tanah dan tidak roboh, kemudian lakukan pengocoran lagi agar tanah bagaian atas basah dan meresap kedalam, kemudian pasang tajuk dan ikatkan pada batang tanaman lengkeng.


Perawatan tanaman lengkeng

     Lakukan pengocoran tiap pagi dan  sore hari atau bila tanah terlihat kering, dan lakukan pembersihan gulma dan penyiangan  1 minggu sekali, dan pemberian pupuk bokashi tiap satu bulan sekali denagn cara di timbun di batang tanaman lengkeng.
Hama dan penyakit tanaman lengkeng

    Hama yang menyerang tanaman lengkeng antara lain semut yang biasanya  menbuat rumah pada daun lengkeng dan menggangu pertumbuhan daun, codot yang memakan buahnya yang telah masak dan memotong tangkai buah . cara pengendaliannya yaitu dengan membungkus buah lengkeng dengan jaring kasar /sak bekas pembungkus buah.
Untuk penyakit yang menyerang tanaman lengkeng waspadai  jamur yang menyerang  batang dan sejenis antraknosa yang menyerang  bagaian daun tanaman.

    Tanaman lengkeng dapat dipanen pada umur 1 th setelah tanam, ciri – ciri buahyang telah masak antara lain:buah sudah berwarna gelap dan berasa manis, cara panen dengan memetik buah atau tangkai buah yang telah masak.




                       
                  Gb. Tanaman kelengkeng umur 1 th dan siap panen.



0 Response to "CARA MENANAM LENGKENG / KELENGKENG DIPEKARANGAN RUMAH"