Latest News

PENYAKIT BULAI PADA JAGUNG DAN PENGENDALIANNYA


    Penyakit bulai pada jagung , Tanaman yang terserang bulai pada jagung disebabkan oleh jamur  Peronosclerospora maydis, P. maydis merupakan penyakit yang fatal  dan tidak dapat ditanggulangi ,banyak petani yang mengalami gagal panen yang disebabkan penyakit ini sejauh ini para petani hanya melakukan pencegahannya saja  agar tidak terjadi penyakit bulai pada jagung.

                        


            Gb. 1  daun tanaman jagung yang terserang bulai

     Penyakit bulai gejalanya terlihat pada daun berwarna putih menggaris sejajar dengan tulang daun dan pada perakaran kalau dicabut akar terlihat bundel / menggerompol tidak berkembang sehingga mengganggu  proses transfer sari makanan ke daun dan seluruh tanaman  sehingga tanaman tampak pucat .Penyakit bulai  terlihat mulai umur 15 hst.penyakit ini menyerang dan cepat berkembang  ketika udara mulai panas, terjadi peningkatan suhu dan kelembaban serta setelah pemberian pupuk urea.

                   


                  Gb. 2  akar tanaman jagung  terserang penyakit bulai


     Pengendalian tananam jagung terhadap penyakit bulai , sebenarnya untuk pengendalian hanya ada 1 cara yaitu tanaman dicabut bersama dengan akarnya kemudian dibuang jauh –jauh atau dibakar agar tidak menular ke tanaman lainnya.
     Ada beberapa pencegahan agar tanaman jagung tidak terserang penyakit bulai antara lain:
1.     Perlakuan terhadap benih yaitu: sebelum penanaman,  benih dicampur dulu dengan obat fungisida berbahan aktif dimetomorf  ( Renon,Akrobat,Sirkus dll.)

2.     Dilakukan penyemprotan ketika tanaman jagung berumur 1 minggu sampai 35 hst dengan fungisida berbahan aktif iprodium dan obat carbio dengan dosis 15 cc- 25 cc per 17 liter/ tangki semprot dengan interval 7 hari.

3.     Pencegahan dengan cara pemupukan : untuk pemupukan pertama sebaiknya jangan menggunakan jenis Urea , gunakan  Phonska + SP , atau ditambah dengan sedikit ZA+ organic . Untuk pemupukan kedua gunakan jenis pupuk ZA + phonska + organic. Selanjutnya untuk pemupukan terakhir gunakan Urea.

4.     Pencegahan yang terakhir adalah : taburi lahan atau sawah dengan bahan organic, pupuk kandang atau bokasi secara rutin tiap akan melakukan budidaya tanaman.
Itulah cara yang sering petani lakukan untuk pencegahan penyakit bulai pada tanaman jagung di daerah saya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…


7 Responses to "PENYAKIT BULAI PADA JAGUNG DAN PENGENDALIANNYA"

  1. siiip..tips yang bagus dan bermanfaat..semoga dengan mengaplikasikan tips ini bisa mencegah tanaman jagung dari penyakit bulai..

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. sorry sementara gak bisa ,masih nunggu revieu 2

      Delete
  3. waaah..ternyata gak bs copas..hahahaha

    ReplyDelete
  4. Silahkan di coba fungisida masalgin utk perlakuan benih 1 kg dg 10 gm.... Pasti top

    ReplyDelete
  5. Silahkan di coba fungisida masalgin utk perlakuan benih 1 kg dg 10 gm.... Pasti top

    ReplyDelete