Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA JAGUNG MANIS


TENTANG JAGUNG MANIS / JAGUNG SAYUR

     Menanam / budidaya jagung manis , Jagung manis (sweet corn)juga disebut jagung sayur adalah tanaman jenis sayuran yang dimanfaatkan buahnya untuk sayur,lauk  dan makanam ringan.Saat ini jagung manis popular dikalangan petani karena nilai ekonomis yang tinggi, umur tanaman yang relative pendek. Umur  70 hst sudah bisa dipanen ,dan pemanenan relative mudah dan cepat.

      Tanaman jagung manis tumbuh didataran rendah sampai tinggi hingga mencapai ketinggian 1200m dpl.suhu udara untuk pertumbuhan optimal  22 – 32 derajat Celsius,memerlukan media tanah lempung , lempung berpasir ,tanah humus, tanah vulkanik ,tanah yang kaya unsur hara, ph tanah  5,6 -7  ,memerlukan sinar matahari yang cukup, curah hujan sedang.

                       


                             Gb. 1 buah jagung manis/ jagung sayur.


MENANAM JAGUNG MANIS / JAGUNG SAYUR

PERSIAPAN LAHAN

         Lahan digemburkan dengan cara dibajak /dicangkul sedalam 20cm.Untuk tanam musim kemarau  hanya meratakan  permukaan lahan dengan garu pada bajak agar mudah dalam proses pengairan.Untuk musim penghujan sebaiknya buat bedengan kasar  agar nantinya tanah tidak tergenang air.Bedengan dibuat dengan ukuran 60 cm – 70 cm ,jarak bedengan atau kalen 50 cm, umtuk panjang bedengan disesuaiakan dengan panjang dari lahan. Taburkan bokasi dari pupuk kandang atau kotoran ayam di atas bedengan .


PEMILIHAN BIBIT DAN PENANAMAN JAGUNG MANIS

     Pilih bibit yang sesuai dengan yang dikehendaki ( ada banyak jenis varietas yang tersedia di indonesia) ,sebaiknya gunakan benih hibrida (F1) yang terjamin mutunya.Tetapi anda juga bisa membuat bibit jagung manis sendiri ,caranya lihat di http://bit.ly/2ovGlwp


PENANAMAN JAGUNG MANIS

        Tanah ditugal sedalam 5 cm  dengan jarak 15 cm  dan jarak larikan  70 cm .untuk bedengan tinggal mengatur jarak lubang tugal 5 cm .Sebelum ditanam  Benih dicampur fungisida berbahan aktif Dimetomorf dan insektisida  karbosulfan untuk mencegah penyakit bulai dan hama semut maupun burung. Masukan biji jagung manis kedalam lubang  satu lubang satu biji kemudian tutup dengan sedikit tanah /bokasi. Kemudian liri air pada bedengan atau hamparan sawah  bila tidak hujan. Untuk lebih jelasnya lihat di http://bit.ly/1pIPP3H

             


                            Gb.2 penanaman jagung di bedengan umur 14 hst


PEMUPUKAN JAGUNG MANIS

        Pemupukan dilakuan 3x yaitu pada tanaman umur 15 hst ,30 hst dan 45 hst.
Komposisi pupuk : untuk pemupukan pertama  menggunakan ZA 250 kg /ha + SP 140 kg/ha, Untuk pemupukan kedua komposisinya :ZA 350kg/ha + Phonska 200 kg/ ha. Pemupukan ketiga komposisinya : Urea 350 kg /ha

     Cara pemupukan : tanah ditugal sedalam 5 cm, jarak tugal dengan tanaman 10cm, pupuk dimasukan kelubang dan ditutup dengan tanah.Aliri air hamparan sawah atau bedengan bila tidak hujan/ musim kemarau
.

PEMELIHARAAN JAGUNG MANIS

     Pembersihan gulma dilakukan  sejak dini agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu yaitu dengan penyemprotan herbisida  berbahan aktif  Mesotrione dan Atrazine pada tanaman jagung berumur 10- 20 hst.herbisida ini tidak berpengaruh  pada tanaman jagung bila mengenainya.Herbisida yang cocok lihat di herbisida dan cara penggunananya  untuk tanaman jagung.

Penyiangan/ ipuk  dilakukan ketika umur tanaman 25 hst dan 45hst, penyiangan dilakukan untuk memperkuat pertumbuhan akar agar tanaman tidak roboh.

     Pemberian insektisida berbahan aktif  karbofuran ke tunas tanaman jagung dilakukan  2x yaitu pada umur  15 hst dan 35 hst dengan dosis 14 kg /ha untuk mencegah bundel pada bakal bunga tanaman jagung manis.
Pengairan dilakukan  2 minggu sekali atau setelah pemberian pupuk dan melihat kondisi tanah .bila musim hujan tak perlu dilakukan pengairan.
                 


                                   Gb. 3  umur tanaman jagung manis 35 hst


HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN JAGUNG MANIS

     Hama  yang menyerang tanaman jagung manis antara lain: ulat tanah , burung pelatuk (trotok), Ulat agrotis,lalat bibit, Penggerek daun dan penggerek batang.
Pengendaliannya :untuk ulat tanah ,beri insektisida karbofuran bersamaan pada saat pemberian pupuk pertama dan kedua,cara pengendalian burung pelatuk adalah, tutup buah jagung manis dengan plastic kantong,untuk ulat dan penggerek semprot dengan insektisida berbahan aktif ,klofernapir dan beta siflutrin.Penanggulangan hama lebih lengkap lihat disini

     Penyakit yang menyerang tanaman jagung manis antara lain: karat daun , karat daun bisanya terjadi adanya  kelembaban yang berlebihan misalnya musim hujan. Pengendaliannya : hilangkan / rempel  tiga daun dari bawah pada tanaman jagung manis atau semprot dengan fungisida . Penyakit bulai ,pengendaliannya yaitu pada waktu akan tanam,  bibit dicampur dengan fungisida berbahan aktif dimertomorf.


PEMANENAN JAGUNG MANIS

Tanaman jagung manis bisa dipanen pada umur 70 hst sampai 75 hst
Ciri-ciri nya :
1.      Warna kulit buah /klobot  sudah hijau gelap.
2.      Serabut ujung buah tampak hitam mengering

3.      Buah tampak merekah dari tangkainya


                                    Gb. 4 tanaman jagung siap di panen.

Artikel terkait :
Hama dan penyakit tanaman jagung


0 Response to " CARA MENANAM DAN BUDIDAYA JAGUNG MANIS"