Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA TEBU


SEKILAS TENTANG TANAMAN TEBU

            Menanam/budidaya Tebu, Tebu atau Saccharum  officinarum (Sugar cane) adalah termasuk tanaman jenis rumput rumputan   yang dimanfaat kan air dari batangnya untuk bahan baku gula dan vetsin.Tanaman ini hanya tumbuh didaerah tropis . tanah yang dibutuhkan untuk berkembang yaitu: tanah alluvial,grumosol, latosol dan regusol dengan ketinggian 0- 600 m dpl , ketinggian diatas 600 m dpl dapat tumbuh tetapi kurang optimal. Ph tanah 5,6 -7 , curah hujan  100 -1300 mm/tahun,suhu udara 24- 32 derajat Celsius, membutuhkan sinar matahari yang cukup yaitu 11 jam perhari,

             Varietas tebu secar garis besar ada 3 antara lain:   Varietas  genjah /masak awal ( mencapai masak optima umurl < 12 bulan) ,Varietas sedang/masak tengahan  ,(mencapai masak optimal umur 12 – 14 bulan ), Varietas dalam/masak akhir (mencapai masak optimal umur > 14 bulan


PENANAMAN TEBU

PERSIAPAN LAHAN

        Lahan dibajak atau traktor  agar gembur  untuk memudahkan proses perakaran tanaman tebu. Buat bedengan tinggi 40 cm  lebar 50 cm,jarak bedengan sekitar 45 cm ,ini yang disebut kalen yang nantinya untuk penanaman bibit tebu.


                   
                                Gb.2 bedengan untuk tanaman tebu.


PEMILIHAN BIBIT TEBU

         Pilih bibit yang baik  antara lain :bibit tampak baik,tidak kisut maupun kering,mata tunas masih dominan, segar ,dan tidak rusak, primordial akar belum tumbuh,bebas dari penyakit pembuluh.


PENANAMAN TEBU

          Untuk penanaman perhatikan  siklus buka giling  pabrik gula , biasanya tanam tebu di bulan mei ,juni, juli karena buka giling pabrik tebu bulan mei. Ini dilakukan agar mudah penyalurannya waktu panen.
        Benih yang telah dipilih /disiapkan  masukan ke kalen atau ke parit  dengan pola gigi walang (jawa) seperti  sejajar zig zag. Posisi mata tunas disamping agar pertumbuhan serempak.tutup dengan tanah kemudian taburkan pupuk dasar . komposisi: ZA 110 kg/ ha +  phonska 75kg/ ha.tutup dengan sedikit tanah .Genangi air pada  parit untuk tanah kering  atau pada musim kemarau.
                 


                      Gb. 2 Tanaman tebu sebelum dilakukan klentek.


PEMUPUKAN TANANAM TEBU

Pemupukan tanaman tebu

     Pemupukan pertama dilakukan  pada saat  tanam tebu juga sebagai pupuk dasar   komposisi nya : ZA 140 kg/ ha + Phonska  100 kg/ ha , cara pemupukan dengan disebar diatas tanah timbunan tanaman tebu kemudian lakukan pengairan.

     Pemupukan kedua  dilakukan pada saat tanaman umur 2,5 bulan komposisinya :ZA 400 kg/ ha +Phonska 300 kg/ ha cara pemupukan dengan ditebar disisi tanaman tebu dengan  jarak 10 cm dari batang tanaman,kemudian lakukan pengairan hingga penuh.

     Pemupukan terakhir dilakukan pada saat tanaman umur 5 bulan komposisinya:ZA  350 kg/ ha + Phonska 350 kg/ ha, cara pemupukan sama seperti diatas.


PERAWATAN TANAMAN TEBU

     Penyiangan dan pembersihan gulma  dilakukan pada saat tanaman umur 30 hst  dan 2,5  bulan. Untuk ipuk/ keruk kalen dan penimbunan batang   dilakukan   agar rendemen tanaman tebu dapat maksimal.
     Klentek tebu dilakaukan  3 kali yaitu pada umur tanaman mencapai  5 bulan, 7 bulan dan 9 bulan ,
     Pengairan tanaman tebu dilakukan  pada saat tanam dan kemudian 2,5 bulan sekali bila tidak turun hujan dan melihat kondisi tanah pada tanaman tebu.

                 


                             Gb. 3  Tanaman tebu  setelah ipuk dan klentek.



HAMA DAN PENYAKIT

     Hama yang biasanya menyerang tanaman tebu 1. Penggerek Pucuk (Triporyza vinella F), Uret (Lepidieta stigma F), Penggerek Batang,

     Penyakit yang menyerang antara lain: Penyakit mosaic, Penyakit busuk akar, Penyakit blendok, Penyakit Pokkahbung,


PEMANENAN

     Tebu dipanen kurang lebih pada umur 12 bulan , panen dilakukan pada bulan mei sampai September Karena pada saat bulan tersebut kondisi rendemen tebu berada pada puncaknya.

Baca juga :



1 Response to " CARA MENANAM DAN BUDIDAYA TEBU"

  1. Mantap..,,pingin sih punya lahan tebu yang luas untuk tanam tebu.
    Cuman lahannya terlanjur di tanami sengon solomon jaguar.

    ReplyDelete