Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA JAMBU BIJI/ JAMBU BANGKOK


SEKILAS TENTANG JAMBU BIJI /JAMBU BANGKOK

   Menanam / budidaya jambu biji , Jambu biji atau lambo guava adalah tanaman buah jenis perdu yang berasal dari  dari Brasilia amerika tengah.lalu menyebar ke Thailand dan Indonesia  dan wilayah Asia lainnya . Jambu biji disebut juga jambu klutuk, jambu watu ,jambu siki. Di Thailand dilakukan persilangan melalui stek dan okulasi sehingga  menghasilkan buah yang besar dan tidak berbiji yang disebut jambu Bangkok yang kemudian menyebar ke Indonesia .

                         


    Jambu biji sebenarnya dapat tumbuh di semua media tanah , tetapi tumbuh optimal di tanah yang mengandung banyak bahan organic, ph tanah 5- 7,5, curah hujan dengan intensitas sedang, suhu udara 23- 32 derajat Celsius,.ketinggian 10- 1200 m dpl.Tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup karena merupakan tanaman tropis.

MENANAM JAMBU BIJI/ JAMBU BANGKOK

PERSIAPAN BIBIT JAMBU BIJI

    Pengadaan bibit jambu biji ada 2 cara yaitu cara vegetative dan generative ,cara vegetative adalah pegadaan bibit dengan mencangkok, stek,dan okulasi  dan cara generative adalah dengan persemaian biji . Bibit yang akan ditanam sebaiknya dari cara generative karena  identic dengan induknya dan  cepat berbuah .Pilih bibit yang sehat ,tidak cacat dan tinggi  1 meter.


PERSIAPAN LAHAN/KEBUN

    Lahan dibersihkan dari rumput dan alang-alang, dengan di cangkul atau di babat kemudian dikumpulkan dan dibakar atau dengan menyemprotkan herbisida untuk membunuh rumput liar.Apabila menggunakan herbisida , pengerjaan lahan / kebun harus menunggu 10- 15  hari agar rumput benar –benar kering dan reaksi herbisida terhadap tanah sudah hilang.


PENANAMAN JAMBU BIJI

    Membuat lubang sedalam 40 – 50 cm,diameter 30 cm, dan jarak lubang  7 meter.kemudian masukan bokashi setinggi 15 – 20 cm dan furadan 15 gram per lubang lalu kocor /siram dengan air sampai basah dan merata selanjutnya masukan bibit jambu biji yang mempunyai tinggi 1 meter ,lalu timbun dengan tanah di campur bokashi dan rapatkan dengan diinjak kemudian siram ddengan air sampai bsah merata, lalu pasang tajuk dan ikat batangnya agar tanaman tidak roboh/ bergeser.
baca juga : cara menanam / budidaya jambu biji di pot

PERAWATAN JAMBU BIJI

    Penyiraman atau pengairan  dilakukan 2 kali sehari untuk tanaman berumur  0- 1bulan, kemudian umur2- 3   bulan disiram 1 hari sekali.dan apabila tanaman sudah kuat penyiraman dilakukan ketika diperlukan dan tanah terlihat kering serta setelah pemberian pupuk kimia.

    Penyulaman dan penjarangan dilakukan bila tanaman mati atau kurang sehat dan bila jarak tanaman terlalu jauh. Penjarangan dilakukan bila  tanaman terlalu rapat .

    Penyiangan dilakukan 2 minggu sekali atau apabila rumput liar telah tumbuh cara penyiangan dengan cangkul ,sabit.

    Pembubunan atau ipuk untuk mengemburkan tanah dengan membalikan tanah dan membuat gundukan di batang tanaman dilakukan 4 minggu sekali, agar perakaran tanaman kuat.
                            



    Pemupukan dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah dan mempercepat pertumbuhan tanaman.

1.       Pemupukan umur 0- 1 tahun komposisinya : sp  50 gram, ZA/ Npk 70 gram , Zk 30 gram per tanaman ditambah pupuk bokashi 20 kg/ batang. C ara pemupukan dengan membuat parit di sekitar batang dan ditutup kembali dengan tanah setelah pupuk disebar.

2.     Pemupukan umur 1tahun dan seterusnya .komposisinya : ZA/ NPK  250 gram, SP 250 + bokashi 35 kg tiap tanaman.pemupukan ini dlakukan tiap 3 bulan sekali . cara pemupukan seperti diatas.

               



HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN JAMBU BIJI

    Hama yang menyerang tanaman jambu biji antara lain: ulat pengerek batang, ulat jengkal,ulat putih,ulat daun dan ulat keket. Cara pengendaliannya  : daun yang terserang ulat diambil dan dibakar atau disemprot dengan insektisida arrive , bulldog spontan.
    Penyakit yang menyerang antara lain: jenis cendawan , jamur ceroospora  biasanya menyerang pada musim hujan. Cara pengendalianya : semprot dengan fungisida Rovral, Benstar.


PANEN JAMBU BIJI

   Panen buah jambu biji dilakukan pada usia tanaman  2 tahun setelah tanam. Untuk bibit yang berasal dari biji biasanya lebih dari 2 tahun setelah tanam.Bibit yang berasal dari cangkok  panen dilakukan kurang dari 1 tahun setelah tanam.ciri jambu biji yang telah siap dipanen antara lain warna buah sudah menguning dan beraroma sedap.
                          



                      Gb.  Buah jambu biji yang siap di panen

Demikian cara menanam / budidaya jambu biji / jambu bangkok / jambu batu .semoga bermanfaat.

artikel terkait : Cara menanam / budidaya jambu biji di pot 


1 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA JAMBU BIJI/ JAMBU BANGKOK"

  1. saya juga sangat tertarik untuk budidaya jambu bangkok ini,
    mari kita ikut hijaukan bumi kita....
    bagi anda yang ingin mendapatkan bibit jambu biji,
    ada di sini ,
    bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

    ReplyDelete