Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA UBI JALAR


SEKILAS TENTANG UBI JALAR

   Menanam / budidaya ubi jalar ,Ubi jalar adalah tanaman merambat / menjalar  yang diambil umbinya untuk bahan makanan pokok selain beras. Produk olahannya yaitu :tepung, kripik, manisan dll. Di Indonesia  ubi jalar  di budidayakan  oleh petani di pulau jawa, Sumatra dan Sulawesi.

                          


   Tanaman ubi jalar cocok tumbuh di dataran rendah dan lembab ketinggiannya sampai 500 meter dpl , untuk ketinggian lebih dari itu umur tanaman akan bertambah panjang,media tanah yang cocok yaitu tanah pasir , lempung berpasir,tanah yang mengandung bahan organic, Ph tanah 5,6- 7,suhu udara  21- 27 derajat Celsius, curah hujan 800- 1500 mm/ tahun,sinar matahari 9 jam per hari.


TEKNIS PENANAMAN UBI JALAR

PENGADAAN BIBIT UBI JALAR
    Bibit ubi jalar didapat dari  cara generative dan vegetative ,cara yang biasa dilakukan petani adalah cara vegetative mengambil bibit dari tanaman ubi jalar yang sudah ber umur 2 bulan keatas dengan cara   memotong bagaian batang tananaman kira –kira 15- 25 cm dan mempunyai 2 ruas, kemudian ikat dan letakan ditempat lembab sampai 5 hari setelah itu bibit dapat ditanam di sawah / tegalan. Atau lihat di cara membuat persemaian bibit ubi jalar


PERSIAPAN LAHAN

    Lahan / sawah di gemburkan dengan cara dibajak / di cangkul , kemudian buat bedengan tinggi 30 cm ,lebar 45- 50 cm ,jarak bedengan 50 cm.panjang bedengan sesuaikan lahan.


PENANAMAN UBI JALAR

    Sebelum penanaman , bedengan dialiri air / dilep setinggi bedengan sampai basah merata kemudian buang airnya sampai 3/ 4, lalu lakukan penanaman dengan menancapkan batang sedalam 1/3 dari panjang batang , dengan jarak tanam 25 cm.apabila telah selesai seluruhnya , kemudian keringkan bedengan / alirkan air ke pembuangan.

                          



PERAWATAN TANAMAN UBI JALAR

    Pengairan tanaman ini relative jarang karena tahan terhadap kekeringan , pengairan dilakukan bila tanah terlihat kering .

    Pembersihan gulma dilakukan  2 minggu sekali atau bila rumput telah tumbuh.dan pembubunan /ipuk / kebruk untuk mengemburkan tanah disamping batang tanaman dilakukan 1 kali,pada  umur 1,5 bulan.Ini dilakukan agar akar tanaman dapat berkembang dengan baik.

    Pembalikan daun/jalar  dilakukan 3 minggu sekali . pembalikan daun/jalar bertujuan agar akar pada ruas batang tidak berkembang dan hanya akar pokok/ bakal menjadi buah yang berkembang ,pada akhirnya menjadi buah optimal. untuk lebih jelasnya lihat di sini





                    
PEMANENAN UBI JALAR

    Ubi jalar dapat dipanen pada usia 3-3,5 bulan tergantung varietas, musim tanam ,ketinggian tempat menanam.ciri ubi yang siap dipanen yaitu: Ubi telah besar dan matang secara fisiologi. Cara panen dengan di cangkul bagaian tepi bedengan agar ubi tidak terpotong dan ubi di kumpulkan di keranjang memudahkan pengangkutan.

                         


                      Gb.  Ubi jalar dipanen usia  3-3,5 bulan.



Baca juga:
 
CARA MEMBUAT PERSEMAIAN BIBIT UBI JALAR



0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA UBI JALAR"