Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BAYAM



SEKILAS TENTANG BAYAM

    Menanam / budidaya bayam ,Bayam merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan daun dan batangnya untuk sayuran.Bayam dikenal tumbuhan yang mengandung zat besi tinggi baik untuk pertumbuhan anak.
                       


    Tanaman Bayam dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi, memerlukan media tanah yang subur gembur yang banyak mengandung bahan organic, ph tanah antara 5,6- 7.Bayam tumbuh optimal pada suhu 23- 34 derajat Celsius, memerlukan sinar matahari yang cukup ,curah hujan sedang dan drainase yang baik.


PENANAMAN BAYAM

PERSIAPAN LAHAN

    Lahan di persiapkan dengan digemburkan  dengan di bajak atau di cangkul sedalam 25- 35 cm, kemudian di ratakan  dan bentuk bedengan kasar dengan lebar 90 cm, tinggi 25 cm , dan jarak bedengan 50 cm .Kemudian taburkan bokashi 10 ton /ha ,dan selanjutnya bedengan di bentuk atau di haluskan.
                          



PENANAMAN BAYAM

    Sebelum penanaman di lakukan  pengairan tehadap bedengan sampai basah merata dan selanjutnya alirkan air ke pembuangan.langkah berikutnya penanaman bayam.Bibit bayam di campur dengan pasir agar mudah penyebarannya , disebarkan di larikan/alur  bedengan yang telah buat , jarak larikan/ alur 20 cm. kemudian tutup dengan jerami agar tidak hilang bila turun hujan.


PEMUPUKAN TANAMAN BAYAM 

    Pemupukan bayam dilakukan 2 kali yaitu pada saat tanaman umur 7- 10 hari dan 15 hari, komposisi pupuk ,pupuk pertama : Urea 100 kg/ ha + SP 40 kg/ ha. Untuk pemupukan ke dua ,komposisinya : Urea 170 kg/ ha + ZK- plus 70 kg. cara pemupukan dengan dibuatkan larikan di samping tanaman, kemudian lakukan pengairan .                

PERAWATAN TANAMAN BAYAM

    Tanaman bayam memerlukan banyak air , pengairan dilakukan  tiap minggu bila tidak turun hujan.dan melihat kondisi tanah bedengan.

    Pembersihan gulma dilakukan setiap minggu atau bila gulma telah tumbuh caranya dengan mencabut gulma beserta akarnya dan membuang jauh.

    Hama pada tanaman bayam antar lain : uret / ulat tanah ,ulat daun . cara penanggulangannya  sebaiknya gunakan insektisida yang aman  yaitu insektisida nabatikarena tanaman bayam dikonsumsi daun dan batangnya.
    Penyakit yang menyerang tanaman bayam antara lain : busuk daun , busuk akar.

                    


PANEN BAYAM

    Tanaman bayam mulai dapat di panen umur 25 – 30 hst . Cara panen dengan mencabut batang dan akarnya atau dengan memotong batangnya kemudian diikat dan di pasarkan.



0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BAYAM"