Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA TANAMAN BAWANG MERAH DI MUSIM KEMARAU




MENANAM / BUDIDAYA BAWANG MERAH. Bawang merah adalah komoditas penting dalam pertanian, bawang merah mempunyai nilai ekonomi yang tinggi ,para petani bawang merah merasakan nikmatnya menjadi petani bawang merah Karena hanya membutuhkan waktu  2 bulan mendapatkan untung yang berlimpah sampai beberapa ratus juta dalam 1 hektar tanam, apabila harga nya mencapai 20-25 ribu rupiah  di tingkat petani.


               



   Menanam/ budidaya bawang merah dapat dikatakan rumit , membutuhkan  konsentrasi, ketelitian yang  tinggi, tetapi ada kalanya di saat musim yang  cocok tak perlu melakukan perawatan yang berlebihan ( misalnya tanam pada bulan mei-juni- juli). Disini akan saya sampaikan tentang menanam / budidaya bawang merah di musim kemarau.


CARA MENANAM DAN BUDIDAYA BAWANG MERAH DI MUSIM KEMARAU

    Postingan kali ini adalah cara menanam dan budidaya bawang merah di musim kemarau . untuk cara menanam dan budidaya bawang merah  di musim hujan , baca postingan sebelumnya di blog ini cara  menanam dan budidaya bawang merah di musim hujan.



PERSIAPAN LAHAN

   Lahan digemburkan ,di bajak atau cangkul dan di buat bedengan  tetapi sebelumnya sebarkan bokashi sebanyak 7-10 ton per hektar untuk menambah unsur hara ,lebar bedengan 80 cm ,tinggi 25- 30 cm parit 50 cm.



PERSIAPAN BENIH BAWANG MERAH

   Untuk  tanam musim kemarau sebaiknya  gunakan benih jenis Thailand  karena mempunyai keunggulan pada potensi hasil  panen ,untuk mendapatkan benih yang bagus dan berkualitas  lihat di cara memilih bibit bawang merah


PENANAMAN BAWANG MERAH

   Sebelum di tanam bibit bawang merah harus di opes/ dipotong bagaian ujungnya 1/3 dari panjang bibit. Untuk bibit yang terlalu tua ( diatas 8 bulan penyimpanan) tidak diperlukan potong ujung / opes.

    Sebelum tanam di lakukan pengairan sampai basah merata dan air di sisakan  1/3 lalu tancapkan bibit bawang merah sedalam 2/3 dari panjang bibit dengan jarak tanam 20 x 20 , setelah proses tanam selesai ,perlu di semprotkan obat herbisida pra tumbuh yang berbahan aktif  Oksifluerfen  ( golma atau goal ) dosisnya  15 cc per 17 liter/ tangki sprayer. Penyemprotan dilakukan tidak lebih dari 1 hari setelah tanam.


PERAWATAN TANAMAN BAWANG MERAH

   Pengairan dilakukan tiap minggu dan setelah pemberian pupuk  ,cara pengairan dengan mengalirkan air ke parit sampai penuh dan selanjutnya di lakukan pembuangan.

   Pembersihan gulma dilakukan 2 minggu sekali atau apabila rumput liar telah tumbuh.dan pembubunan dilakukan apabila tanah longsor di sekitar batang tanaman setelah pengairan.

   Pemupukan tanaman bawang merah harus sesuai umur dan  kebutuhan nutrisi tanaman .proses ini baca di cara/ teknis pemupukan tanaman bawang merah



HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAWANG MERAH

   Pengendalian hama dan penyakit  tanaman bawang merah lihat di  hama dan penyakit tanaman bawang merah


PEMANENAN BAWANG MERAH

   Tanaman bawang merah dapat di panen antar umur 55- 70  hst , melihat keadaan tanaman , apabila tanaman sehat dari kecil normal dan tak pernah terserang penyakit , maka panen dapat mencapai umur 70 hst , dan sebaliknya bila tanaman kurang sehat atau terserang penyakit ,  biasanya panen lebi awal dari 55 hst. Ciri- ciri bawang merah yang siap panen normal atau sehat dari kecil antara lain : daun mulai rebah , pangkal batang sudah mengecil dan kosong ,buah besar merekah  dan berwarna merah segar.


                



                                Gb.  Bawang merah siap  panen.

artikel terkait: 




0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA TANAMAN BAWANG MERAH DI MUSIM KEMARAU"