Latest News

CARA MENANAM/BUDIDAYA MANGGIS




SEKILAS TENTANG TANAMAN MANGGIS

   MENANAM/BUDIDAYA MANGGIS,Tanaman manggis merupakan tanaman buah-buahan liar dipercaya berasal dari daerah tropis di hutan Asia tenggara Indonesia dan Malaysia, kemudian menyebar ke beberapa Negara topis lainnya seperti Srlanka,Malagasi ,Hawai ,Australia, Amerika tengah  dan lain-lain.


                         




   Tanaman manggis dapat tumbuh di di tanah lempung,lempung berpasir,tanah gambut ,tanah humus ,tanah yang mengandung bahan organic,dan hidup di ketinngan sampai  1200 m dpl tetapi yang ideal adalah di 500 – 600 mdpl,ph 5- 7,curah hujan sedang merata sepanjang tahun,suhu udara yang ideal 22 -32 derajat C,dan drainase yang baik.


TEKNIS MENANAM /BUDIDAYA MANGGIS

PENGADAAN  BIBIT

   Bibit tanaman mangis untuk budidaya didapatkan dengan 2 cara yaitu cara generative dengan persemaian bijinya dan vegetative dengan memperbanyak sistim ,sambung pucuk atau tempel, biasanya untuk pengadaan biji manggis yang banyak dilakukan semai dari biji dahulu selanjutnya setelah tumbuh 20 cm dilakukan sambung 
pucuk dan tempel mata biji.


PERSIAPAN  LAHAN

   Sebelum membuka lahan / tempat menanam manggis ,lahan di persiapkan dengan di bersihkan  dari rumput liar, alang-alang dan tumbuhan perdu dengan cara di cangkul atau di babat ,di kumpulkan dan di bakar , untuk pembersihan rumput dengan hebisida purna tumbuh gunakan yang berbahan aktif Iso propil amina glifosat  ( roundup,glisat,Rambo dll), bila memakai herbisida ini , pengerjaan lahannya harus menunggu minimal 10 hari setelah penyemprotan karena reaksi herbisida akan hilang setelah itu.


PENANAMAN  MANGGIS

    Untuk penanaman buat lubang ukuran 50 x 50 cm ,kedalaman 35- 40 cm, jarak tanam 8 sampai 10 meter, selanjutnya lakukan pengocoran/ siram lubang dengan air sampai basah merata ,lalu masukkan bokashi dan campuir dengan furadan  20 gram dan siram kembali ,selanjutnay masukkan bibit manggis dan buat lubang bagaian bawah agar pertumbuhan akar merata,lalu tutup dengan tanah campur bokashi dan siram lagi sampai basah merata, rapatkan dengan di injak lalu pasang tajuk dan tali untuk menopang tanaman agar tidak gerak.


PERAWATAN  TANAMAN  MANGGIS

   Pengairan / kocor dilakuakan tipa hari pagi dan sore untuk tanaman yang baru, dan selanjutnya  1 – 2 hari sekali untuk tanaman yang sudah hidup , dan penyiraman dilakukan saat di perlukan saja untuk tanaman yang sudah kuat.
  Pembersihan gulma dilakukan  2  minggu sekali atau bila rumput telah tumbuh dan pembubunan / penimbunan tanah pada pangkal batang di lakukan 2 minggu sekali / bila ada tanah longgsor di batang setelah pengairan ,ini dilakukan untuk memperkuat akar tanaman.

   Perempelan / pemangkasan di lakukan pada cabang atau ranting yang kurang sehat atau untuk membentuk cabang yang bagus,dan untuk menggurangi daun yangterlalu subur atau kering.

    Pemupukkan pada tanaman manggis kecil, umur 2, 4 dan 8 minggu  dosisinya urea + tsp  2 sendok makan atau 35- 40  gram, untuk umur 4 , 6  di tambah menjadi segenggam tangan  80 – 250 gram campuaran  za / urea + tsp , untuk umur  1 th keatas  1 kg  / per batang dan yang mulai akan berbuah di tambah pupuk Kcl. Cara pemupukan dengan di buatkan alur / garukkan melingkar kemudian di tutup kembali setelah pupuk di taburkan dan dilakukan pengairan.



                   




 HAMA DAN  PENYAKIT  TANAMAN  MANGGIS

   Hama yang menyerang antara lain: bulu , ulat daun . cara pengendaliannya disemprot dengan insektisida berbahan aktif sipermetrin, klorfenapir , beta sifutrin.

   Penyakit yang menyerang  antara lain : bercak daun, busuk buah , hawar daun,busuk akar,jamur upas, kangker batang. Cara penanggulangannya : untuk bercak daun dan hawar daun ,jamur upas semprot dengan fungisida berbahan aktif : mancozeb ,tiran,iprodium, klorotalonil. Untuk busuk akar dikocorkan + anti bakteri (baktomicin).


PEMANENAN  MANGGI

   Manggis dapat di panen pada usia 104 – 115  hari setelah berbunga / bunga mekar,ada 3 waktu  panen ,yaitu panen awal ,tengah dan akhir .panen awal pada usia 104 – 108,  ciri-ciri fisik buah ,warna kulit hijau bintik unggu  10- 25 % berat buah 80- 130 gram ,biasanya ,panen awal tujuan untuk diekpor,. Untuk panen tengah umur 110- 113, ciri fisik ,kulit berwarna hijau bintik kuning 25-50 % , panen ini ,buah akan dipasarkan di luar pulau ,sedangkan panen umur 114 hari untuk dipasarkan di daerah dekat.

                  



                                      Gb. Buah manggis masak siap panen.





0 Response to "CARA MENANAM/BUDIDAYA MANGGIS"