Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PUTIH



CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PUTIH, Bawang putih atau garlic , allium sativum, adalah tanaman jenis umbi yang dipercaya telah tumbuh di daratan Asia 7000 tahun terutama di Asia tengah dan digunakan sebagai bahan bumbu dan pengobatan sejak dahulu kala.


                




CARA MENANAM /BUDIDAYA BAWANG PUTIH

BIBIT BAWANG PUTIH

   Untuk mendapatkan bibit yang bagus harus diseleksi pada umbinya yang sehat dan tidak bekas terserang penyakit , umbi harus cukup umur agar pertumbuhannya seragam.


PERSIAPAN LAHAN

   Lahan di bersihkan dari rumput liar dengan di semprot herbisida agar akar nya mati lalu tanah di gembrkan dengan di bajak atau dicangkul dengan kedalaman 25 – 30 cm kemudian di ratakan selanjutnya di beri pupuk kompos dari kotoran ayam atau bokashi 10- 15 ton per hektar lalu di buat bedengan dengan tinggi 30 cm lebar 80 cm ,jarak antar  bedengan atau kalen 50 cm , sebelum bedengan jadi lebih baik di beri pupuk dasar yaitu campuran  ZA + Phonska  250 kg per hektar.lalu baru bedengan di haluskan atau di ratakan bagaian atasnya.


PENANAMAN BAWANG PUTIH

   Bedengan di aliri air sampai basah merata ,lalu buang ,sisakan 1/3 ,lalu tancapkan/ benamkan  benih bawang putih kedalam tanah ,dengan jarak tanam 20 cm dan jarak larikan 20 – 25 cm , lalu tutup dengan jerami untuk menjaga kelembaban tanah dan mengendalikan pertumbuhan gulma, selain itu untuk menjaga kesuburan tanah karena setelah membusuk jerami menjadi pupuk kompos .


PERAWATAN TANAMAN BAWANG PUTIH

Penyulaman atau penjarangan

   Penyulaman di lakukan bila ada tanaman yang mati atau kurang sehat di ganti dengan tanaman baru agar tanaman tetap rapat sedangkan penjarangan di lakukan bila tanaman tumbuh terlalu rapat.

Penyiangan dan pembubunan

   Penyiangan atau pembersihan rumput liar di sekitar tanaman di lakukan 2 minggu sekali atau apabila gulma telah tumbuh dan pembubunan atau ipuk ( mengembalikan bentuk bedengan ) agar pertumbuhan akar tanaman tidak terganggu dilakukan 2 minggu sekali.

Pemupukan tanaman bawang putih

 Pemupukan tanaman bawang putih terlihat pada Tabel di bawah ini


pemupukan
umur
Urea
Za/Npk
Tsp
Kcl/Zk-plus
1 ( 2 minggu)
140 kg/ha
105 kg/ha
105 kg/ha

2 ( 4 minggu)
50 kg/ha
200 kg/ha
110 kg/ha
105 kg/ ha
3 (6 minggu)
50 kg/ha
150 kg/ha

100kg/ha



   Pada pemupukan pertama dan ke tiga perlu ditambahkan Furadan / Regent dengan dosis 14 kg/ ha. Untuk mengendalikan hama dari tanah. cara pemberian pupuk dengan di buat tugal pada larikan lalu ditutup dengan tanah dan dilakukan pengairan.

Pengairan dan penyiraman

   Penyiraman  pada tanaman yang baru di lakukan tiap hari dengan di gembor lalu Pengairan / lep   dilakukan 1 minggu sekali  atau melihat kondisi tanah bila agak kering. Penyiraman di hentikan pada saat akan panen.



             




 HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAWANG PUTIH

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman bawang putih pada dasarnya sama dengan bawang merah, untuk lebih jelasnya lihat di sini dan sini.



 PEMANENAN BAWANG PUTIH

   Tanaman bawang putih di panen harus mencapai umur maksimal agar umbinya dapat penuh dan besar, umur panen tanaman ini tergantung varietas dan ketinggian biasanya dapat di panen pada umur 90 hari .Ciri tanaman sudah siap dipanen antara lain : daunnya sudah menguning lebih dari 60 persen,tangkai batangnya mengeras.



             



    Gb. Bawang  putih yang  telah di panen pada usia yang tepat



0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PUTIH"