Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KANGKUNG DI POLYBAG / POT



MENANAM KANGKUNG /BUDIDAYA KANGKUNG DI POLYBAG/ POT ,Kangkung merupakan tanaman jenis sayuran yang mudah hidup .Ada 2 jenis kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air  ,kangkung darat cirinya mempunyai warna daun hijau muda dan bentuk daun menjari  serta dapat hidup di dataran ( tanpa tergenang air ) sedangkan kangkung air tumbuh di daerah rawa atau sawah yang airnya menggenang  , warna daun hijau gelap dan batangnya kemerahan .



                      




Menanam kangkung  sebenarnya sangat mudah  pekerjaan ini dapat dilakukan di rumah atau lahan sempit bahkan di dalam rumah atau di atap . untuk ibu – ibu dapat melakukan ini untuk memenuhi kebutuhan sayuran  harian  didapur ,sedangkan tempatnya di polybag / pot. Caranya lihat di http://bit.ly/2oBb37p



                               




MENANAM KANGKUNG DI POLYBAG / POT

Untuk menanan kangkung di polybag / pot dipersiapkan dahulu bahan-bahan yang di perlukan  antara lain polybag / pot , tanah campur bokashi , bibit kangkung , air , obat hama tanah( Furadan).

langkah selanjutnya adalah :

Tanah di campur bokashi dengan perbandingan  2: 1 dan di taburi dengan Furadan untuk mencegah hama dari tanah , lalu di aduk merata dan selanjutnya di masukkan ke pot/ polybag lalu disiram dengan air sampai basah merata.selanjutnya tanam biji kangkung ke dalam tanah dengan membenamkan biji sedalam 2 cm lalu di tutup dengan tanah tipis, untuk 1 lubang di beri 7- 8 butir biji kangkung.

Penyiraman pertama dilakukan 3- 4 hari setelah tanam, selanjutnya bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 2 hari sekali.

Pemupukan dilakukan mulai  1 minggu setelah tanam , pupuk yang di gunakan jenis Urea, Kalo misalnya tidak ada bisa pakai  Vietsin 1 sendok makan  untuk tanaman yang sudah tumbuh dewasa sedangan untuk tanaman yang masih keci , cukup 1 sendok teh ,selanjutnya lakukan penyiraman. Lihat di http://bit.ly/2oBb37p


PEMANENAN

Tanaman kangkung dapat di petik berkali –kali sampai satu tahun .Untuk petik  pertama mulai umur 35 hari setelah tanam , sedangkan untuk petik kedua dan seterusnya  dapat di majukan sampai 2 minggu sekali petik .

Cara memanen dengan memotong batang kangkung dan usahakan  jangan terlalu kebawah ,sisakan  2 cm batangnnya agar dapat tumbuh dengan anakan yang banyak sehingga bisa vigor atau tumbuh bercabang penuh satu polybag/ pot , setelah panen segera beri pupuk dan lakukan penyiraman. Panen dapat dilakukan berulang- ulang sampai 1 tahun.

Demikian cara menanam / budidaya kangkung dalam polybag / pot.

Semoga bermanfaaat..






6 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KANGKUNG DI POLYBAG / POT"

  1. Mantap juga tw idenya, saya udah 2 kali tanam kangkung tapi gak pernah berhasil. boleh di coba nih tips menanam budidaya kangkungnya, makasih sangat beermanfaat sekali tipsnya

    ReplyDelete
  2. berapa ukuran polybagnya..thx

    ReplyDelete
  3. berapa ukuran polybagnya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. garis tengah 25 cm ,tinggi menyesuaikan..

      Delete
  4. kalau menggunakan tanah kompos saja apakah masih bisa tumbuh.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tumbuh dengan subur juga ,tetapi kadang masih ada sisa gas amoniaknya.

      Delete