Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA SENGON TUMPANGSARI



MENANAM/ BUDIDAYA SENGON ,Sengon atau albasia adalah jenis tanaman hutan tahunan yang menghasilkan kayu untuk berbagai kebutuhan , baik industry atau kebutuhan rumahan. Sengon merupakan tanaman yang menjanjikan untuk di kembangkan karena mempunyai nilai ekonomis yang tinggi . Semakin lama semakin mahal harga kayu sengon ,karena hutan atau kayu yang tersedia semakin berkurang.


                            



Menanam sengon tidak sulit karena tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi untuk jenis  tanah untuk pertumbuhan relatif semua tanah dapat ditumbuhi , hanya beberapa unsur yang harus di penuhi antara lain ph tanah harus netral yaitu berkisar 6 atau di bawahnya sedikit, harus ada unsur hara untuk pertumbuhannya .Tanaman sengon dapat di buat tumpang sari dengan tanaman pertanian seperti kacang tanah , cabai merah, cabai rawit , gambas, timun dan lain-lain , jadi ibarat satu pekerjaan dapat 2 hasil , tetapi tanaman tumpang sari hanya sampai 2 tahun karena tanaman sengon sudah tinggi.dan umur minimal 5 tahun sudah dapat di panen.


BUDIDAYA SENGON

PEMILIHAN BIBIT SENGON



                     



Bibit sengon harus di pilih bibit yang baik, sehat dan lurus  serta mempunyai tinggi minimal 1 meter dan yang utama adalah bibit sengon yang berkualitas dan genjah . bibit sengon dapat di beli di pembibitan perkebunan milik pemerintah maupun swasta.


PERSIAPAN LAHAN

Lahan di bersihkan dari rumput liar / tanaman perdu atau di gemburkan dengan di cangkul atau di bajak agar nantinya memudahkan pertumbuhan akarnya, lalu buat bedengan kasar atau kecil agar tanaman terhindar dari air yang tergenang.Buat lubang sedalam 25 cm , diameter 20 cm dan jarak lubang 2 meter ,lalu diamkan selama 1 minggu .


PENANAMAN SENGON


                        



Masukkan bokashi kedalam lubang setinggi 10 cm lalu taburkan Furadan / Regent 20 gram/ 1 sendok makan selanjutnya kocor atau siram sampai basah merata lalu masukkan bibit sengon kedalam lubang dan atur perakaranya menyebar lalu timbun dengan tanah  di campur dengan bokasi dan selanjutnya siram sampai masuk dan basah merata , selanjutnya pasang  ( tancapkan) tajuk dan ikat  dengan tali agar batang tidak bergoyang.


PERAWATAN TANAMAN SENGON

Tanaman sengon dapat di tumpang sarikan dengan berbagai tanaman pertanian seperti cabai rawit, cabai merah, kacang tanah, jagung  dan lain –lain ,sampai umur tanaman sengon berkisar 2 tahun .( untuk perawatan tanaman tumpang sarinya dapat  lihat di blog ini juga lihat di kategori )
Untuk merawat tanaman sengon dapat bersama dengan merawat  tanaman tumpang sarinya , misalnya pengairannya , pembubunan, pembersihan gulma ,serta penyemprotannya .Beberapa yang harus dilakukan yaitu : penyulaman , perempelan.
Pemangkasan pada cabang tanaman sengon harus sering dilakukan agar pertumbuhan batang dapat lurus dan mencapai ketinggian maksimal.


HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SENGON

Hama yang menyerang tanaman sengon antara lain ulat tanah , ulat daun,
Penyakit yang menyerang,: tanaman ini relatif tahan terhadap serangan penyakit.


 PEMANENAN

Tanaman sengon dapat di panen mulai umur 5 tahun . dengan ditebang dan di potong –potong tergantung permintaan atau di jual di pabrik kayu atau tengkulak , harga tiap pohon sengon sampai umur 5 tahun dengan diameter batang  25 – 30 cm  mencapai 500rb  ( artikel ini di tulis ).


                   



                      Gb. Pohon sengon umur 5 tahun siap di panen.


Demikian artikel cara menanam/ budidaya sengon tumpang sari.
Semoga bermanfat.


1 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA SENGON TUMPANGSARI"

  1. Ide yang cemerlang,
    Sebisa mungkin lahan di multifungsikan untuk menanam baik tata boga atau kebutuhan dapur.

    Kunjungi kami di telusuran 'sengon solomon jaguar'
    Semoga bermanfaat.

    Salam.

    ReplyDelete