Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA SELEDRI DI POT / POLYBAG





MENANAM / BUDIDAYA SELEDRI DI POT/ POLYBAG, Tanaman seledri adalah jenis tanaman perdu yang di manfaatkan daun dan batang nya untuk penyedap rasa pada masakan dan juga dapat di gunakan untuk ramuan kesehatan . untuk menanam seledri cukup mudah tidak berbeda dengan sayuran yang lain .




Menanam / budidaya seledri di dalam pot / polybag.

 Untuk menanam seledri di rumah sangat mudah , sediakan tempat  berupa  pot atau polybag atau timba bekas. Lalu isi dengan tanah / abu sekam  dan di campur bokasi dengan perbandingan 1:1 , lalu siram dengan air sampai merata dan tambahkan obat anti hama Furadan 1 sendok makan setiap kantong bokashi atau pot .

Pengadaan  bibit seledri

ada 2 cara untuk mendapatkan bibit seledri yaitu dengan bijinya dengan jalan di semaikan / di kecambahkan  atau dengan anakkan yanga masih kecil diambil dari tanaman seledri yang telah besar.
Menyemaikan / mengecambahkan biji seledri cukup mudah yaitu merendam biji dengan air 8 jam  lalu angkat dan tiriskan selanjutnytnya bungkus dengan kain selama 24 jam , lalu buka dan biji mulai berkecambah.

Menanam seledri di pot atau polybag diawali dengan penyiraman tanah sampai basah merata , lalu tanjapkan biji seledri yang telah berkecambah sebanyak 3 -4 butir lalu tutup dengan sedikit tanah , untuk penanaman dengan anakan seledri pilih anakan yang sehat dari tanamn seledri yang sehat juga , lalu tancapkan kedalam tanah sedalam 5 cm kemudian rapatkan tanahnya agar bibit seledri dapat berdiri , kemudian siram perlahan .

Perawatan tanaman seledri

Penyulaman dan penjarangan dilakukan bila ada tanamn yang mati diganti dengan bibit yang baru atau dilakukan penjarangan bila terlalu rapat untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman agar merata.

Pengairan / penyiraman dilakukan tiap hari pada tanaman yang baru  dan penyiraman selanjutnya dilakukan saat diperlukan bila tanah terlihat kering ( tiap hari dilakukan lebih baik agar tanaman seledri cepat tumbuh besar)

Pemupukan dilakukan pada saat umur 1 minggu , dan 2 minggu , pupuk yang di gunakan sebaiknya pupuk kandang / kompos lalu disiram .




Untuk panen tanaman seledri dilakukan ketika tanaman sudah berumur  6 minggu .

Demikian artikel tentang menanam / budidaya seledri  di polybag / pot , semoga bermanfaat.

4 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA SELEDRI DI POT / POLYBAG"