Latest News

5 LANGKAH MENANAM MENGKUDU DI PEKARANGAN RUMAH



5 LANGKAH MENANAM / BUDIDAYA MENGKUDU DI PEKARANGAN RUMAH, Buah mengkudu mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat banyak untuk tubuh kita , terkadang untuk mendapatkan buahnya sangat sulit , untuk itu sebaiknya menanam mengkudu sendiri di pekarangan rumah untuk kebutuhan tubuh kita.



                      




Sebenarnya sangat mudah membudidayakan tanaman mengkudu berikut ini saya sampaikan cara menanam / budidaya mengkudu di pekarangan .
Pembibitan


Tanaman mengkudu dapat di kembangbiakkan dengan 2 cara yaitu generatif dan vegetataif, perkembangbiakan  secar generatif  dilakukan dengan biji yang diambil dari buah yang sehat dan telah berumur minimal 2 tahun dan sudah produktif . biji di kecambahkan dulu sebelum disemaikan di polibag / kantong plastik,cara mengkecambahkan biji mengkudu yaitu dengan merendam biji mengkudu selama 1 hari 1 malam , kemudian di angkat dan di bungkus dengan kain selama sehari semalam , lalu di buka sudah berkecambah, dan siapkan polibag untuk persemaiannya , mengunakan tanah bercampur bokashi dengan perbandingan 1: 1, bila bibit telah tumbuh  2-  4 helai daun, bibit siap di pindahkan .
Penanaman


Penanaman mengkudu sebaiknya di lakukan pada awal musim hujan apabila jumlah penanaman banyak tetapi bila hanya di pekarangan rumah bisa dilakukan sewaktu –waktu .penanaman mengkudu dengan membuat lubang sedalam 20 cm dengan diameter 15  cm  , lalu campur tanah dengan bokasi perbandingan 1:1 , kemudian masukkan campuran tanah dan bokashi kedalam lubang setinggi 10 cm , selanjutnya masukkan bibit mengkudu ,lalu siram dengan air sampai merata selanjutnya masukkan tanah dan timbun dan injak agar rapat , lalu pasang tajuk dan ikatkan tali .


Pemeliharaan tanaman

Pemeliharan tanamn mengkudu meliputi penyiraman , pembersihan gulma , penyiangan ,pemupukan  perempelan dan pengendalian hama dan penyakit.

Penyiraman / kocor dilakukan setelah tanam minimal sehari sekali, bila sudah tumbuh pengocoran dilakukan apabila tanah terliaht kering.

Pembersihan gulma dan pembubunan dilakukan 2 minggu sekali atau apabila gulma sudah tumbuh dan tanah di sekitar batang longsor .

Pemupukan tanaman mengkudu sebaiknya mengunakan kompos karena lebih alami , pemupukan dilakukan 1 bulan sekali .dengan menggali tanah di sekitar batang dan menutup kembali setelah kompos di masukkan.

Pemangkasan dilakukan untuk membentuk batang yang bagus ,dan membuang batang yang tidak produktif atau yang terserang penyakit, agar petumbuhan dapat maksimal.



                    




Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida hayati yang ramah lingkungan , apabila serangan hama sudah parah baru dianjurkan menggunakan pestida kimia.tetapi jarang terjadi serangan hama dan penyakit karena tanaman mengkudu termasuk tanaman tahan terhadap serangan hama dan penyakit.



Pemanenan tanaman mengkudu dapat dilakukan 1 tahun setelah tanam bisa juga lebih awal ,melihat pertumbuhan tanaman ,ciri fisik buah mengkudu yang siap di panen antara lain : ukuran buah sudah besar maksimal ,warna kulit buah sudah berubah dari hijau muda menjadi kuning/ putih ,daging buah sudah agak lunak.



             



 Demikian cara menanam mengkudu di pekarangan .semoga artikel ini bermanfaat.





0 Response to "5 LANGKAH MENANAM MENGKUDU DI PEKARANGAN RUMAH"