Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA MANGGA



CARA MENANAM / BUDIDAYA MANGGA , mangga adalah jenis tanaman buah yang termasuk kedalam marga  Mangifera  mempunyai nama imiah Mangifera Indica , menanam / budidaya mangga sangat mudah, ini bisa dilakukan di pekarangan luas ataupun yang terbatas, berikut ini saya sampaikan cara menanam / budidaya mangga.



             




Persiapan lahan

 Lahan / kebun di bersihkan dari rumput liar dengan di sabit / dicangkul lalu dikumpulkan dan di bakar atau menggunakan herbisida purna tumbuh yang sistemik berbahan aktif Isopropilamina glifosat  ( roundup, glisat,bionasa ,konup dll) disemprotkan secara merata dengan dosis 200 cc/ tangki semprot atau 17 lt. Kemudian biarkan selama 10 hari , herbisida ini bekerja agak pelan tapi dapat membunuh rumput sampai akarnya .
Setelah 10 hari , buat lubang pada tanah diameter 30 -40 cm , kedalaman 40 cm , jarak lubang atau jarak tanam 5 meter .


Persiapan bibit

 Bibit mangga didapat dari 2 cara yaitu cara generatif yaitu dari biji dengan menyemaiakannya dan vegetatif  dengan cangkok , setek ,sambung pucuk.bibit yang didapat dari cara vegetatif mempunyai kelebihan yaitu cepat berbuah , identik dengan induknya .



                        




Penanaman mangga

Siap kan bibit mangga hibrida yang berkualitas , tinggi kira –kira 1 meter . lalu siapkan bokashi dan campur dengan tanah perbandingan 1:1  lalu masukkan kedalam lubang setinggi 20 cm  dan sebarkan insektisida  furadan  20 gram tiap lubang selanjutnya lakukan penyiraman secara merata .
 Masukkan bibit mangga kedalam lubang tepat di tengah –tengahnya lalu masukkan tanah dan bokashi  sampai penuh lalu rapatkan dengan diinjak kemudian siram sampai basah merata dan pasang tajuk agar tanaman tidak bergerak.


Perawatan tanaman

Penyulaman tanaman mangga dilakukan pada umur 3- 5 minggu , tanaman yang mati / kurang sehat diganti dengan tanaman yang baru dan sehat.
Penyiraman tanaman mangga yang masih baru dilakukan tiap hari  dan bila sudah hidup dilakukan 2 hari sekali dan selanjutnya 1 minggu sekali atau bila tanah terlihat kering.
Pemupukan  dilakukan pada umur 2 minggu untuk pertama kali , sedangkan selanjutnya  umur 1 bulan , 2 bulan , 6 bulan dan 1 tahun .pupuk yang digunakan Urea + Za dan di campur dengan bokashi.cara pemupukan : untuk tanaman yang masih kecil , cukup disebar di batang tanaamn dan selanjutnya disiram sampai pupuk larut. Untuk tanaman yang sudah besar , di buat alur melingkar di dekat batang tanaman  ( 40 -50 cm) , dituutp kembali setelah pupuk disebar. Kemudian disiram secara merata.
 Pemangkasan tanaman mangga dilakukan untuk membentuk batang dan cabang yang diinginkan dan membuang batang yang menggangu dan terserang penyakit .


Pemanenan mangga

Tanaman mangga bisa di panen mulai umur 3 tahun setelah tanam untuk bibit dari perbanyak vegetativ  dan tergantung perawatannya , buah mangga yang siap dipanen berwarna hijau agak gelap dan bentuk buah sudah besar maksimal.



        




 Demikian cara menanam / budidaya mangga . semoga bermanfaat.


1 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA MANGGA"