Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA RUMPUT GAJAH



CARA MENANAM / BUDIDAYA RUMPUT GAJAH, Rumput gajah atau gajahan , elephant grass , adalah jenis tanaman rumput –rumputan yang mempunyai nutrisi yang tinggi untuk konsumsi ternak seperti kambing , kerbau , sapi perah , sapi pedaging dan lain- lain . untuk menanam atau membudidayakan rumput gajah sangat mudah , karena tanaman ini mudah tumbuh di segala tempat dan tahan dengan cuaca panas serta sedikit air.


                          




Cara menanam / budidaya rumput gajah


 Persiapan lahan

Menanam rumput gajah bisa di lakukan ditepi ( di galeng / galengan) sebagai pagar tanaman utama atau di sawahnya . untuk menanam rumput gajah yang perlu disiapkan dulu lahannya , sawah atau galengan di gemburkan dengan dicangkul dibalik tanahnya agar tanah yang di dalam terangkat diatas. Sedangkan untuk penanaman yang luas dilakukan di areal sawah yaitu dengan mengemburkan sawah dengan di bajak / di traktor kemudian dihaluskan dan di buat bedengan agak rendah ( di taburi bokashi dahulu lebih baik) .


Persiapan bibit rumput gajah / gajahan

Bibit rumput gajah diambil dari batang tanaman yang di biarkan sampai ber ruas panjang, kemudian ruas di potong –potong 25- 30 cm lalu di ikat dan di biarkan 1- 3 hari ditempat basah agar akarnya cepat keluar.


Penanaman rumput gajah

Lakukan penyiraman / pengairan secara merata  pada lahan / bedengan yang akan di tanami , misalnya yang ditanamai pada galengan / tepi sawah , cukup dengan menyiram sampai merata .

Kemudian tancapkan bibit rumput gajah sealam 10- 15 cm  kedalam tanah yang telah disiram atau basah jarak tanaman 25 – 30 cm , perhatikan bibit rumput gajqah jangan sampai terbalik nanti tidak dapat tumbuh. Kemudian siram lagi secara merata.







Perawatan tanaman rumput gajah

 Tanaman rumput gajah tidak perlu dilakukan perawatan secara intensif , mungkin hanya pemupukan dan pengairan saja . untuk pemupukan tanaman dilakukan 2 minggu sekali dan setelah di panen , pupuk yang di gunaakn Urea dengan cara di sebar pada batang tanaman kemudian dilakukan penyiraman / lep.
 Pengairan dilakukan setelah pemupukan  dan 1 minggu sekali lebih baik ,agar cepat tumbuh .
                   
 Panen rumput gajah

Panen dilakukan disaat tanaman sudah besar dan tingginya 2 m atau menurut kebutuhan , biasanya tanaman umur 2 bulan sudah bisa mulai di panen . dan selanjutnya di panen setiap 8- 12 hari kemudian secara terus menerus.



                    




 Demikian cara menanam / budidaya rumput gajah , gajahan .semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA RUMPUT GAJAH"