Latest News

CARA MENANAM/ BUDIDAYA LIDAH BUAYA DI POT/ POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA LIDAH BUAYA DI POT /POLIBAG , Lidah buaya atau juga disebut Aloe vera adalah tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat ,selain untuk bahan makanan , lidah buaya juga dapat di manfaatkan untuk bahan kosmetik ,obat – obatan herbal, dll.


             



Tanaman  lidah buaya / Aloe vera  mudah tumbuh disegala tempat ketinggian dan segala cuaca . untuk menanam / membudidaya kan lidah buaya dapat dilakukan dilahan yang luas atau di polibag –polibag sedang dan pot –pot yang diletakkan disampaing rumah. Untuk menanam / membudidaya kan lidah buaya di pot / polibag , ikuti beberapa petunjuk dibawah ini :


Menanam / budidaya lidah buaya ( Aloe vera ) di pot / polibag

Untuk menanam lidah buaya di dalam pot/ polibag perlu dipersiapkan hal-hal sebagai berikut :

1.     Media tanah dan bokashi /kompos
2.     Pot atau polibag ukuran sedang
3.     Biji / bibit lidah buaya
4.     Air
5.     Sekop
6.     Furadan


Tanah dicampur dengan bokashi dengan perbandingan 1:1 selanjutnya tambahkan 1 sendok  furadan  ( obat anti hama ) lalu aduk merata . kemudian masukkan kedalam pot / polibag .

Bibit lidah buaya didapat dari anakan yang tumbuh pada akar tanaman induk , potong dan sertakan akarnya, pilih bibit yang sehat dan vigor .


Cara menanam / budidaya lidah buaya di pot / polibag

Lakukan penyiraman secara merata tanah pada pot / polibag ,selanjutnya tancapkan bibit lidah buaya sedalam 3- 4cm dan dan beri  1-2  batang tiap pot /polibag . kemudian rapatkan dengan menekan dan di beri tanah pada batangnya.



        



Perawatan tanaman

Penyiraman tanaman dilakukan tiap hari untuk tanaman yang baru ditanam, selanjutnya bila sudah tumbuh , dilakukan 2 sampai 3 hari sekali, atau bila tanah terlihat kering.

Pembersihan gulma / rumput dilakukan 10 hari sekali atau bila rumput penggangu telah tumbuh,
Pemberian pupuk dilakukan 2 minggu sekali , gunakan kompos / bokashi atau pupuk organik cair ( poc ) .tebarkan pupk pada sekitar batang dan lakukan penyiraman merata.


Pemanenan lidah buaya

 Lidah buaya dapat dipanen pada mulai umur 6 bulan setelah tanam dan kemudian 1 bulan sekali  .cara panen dengan memotong daun bagaian bawah / luar yang sudah besar maksimal dengan pisau yang tajam kemudian dikumpukan pada keranjang dan selanjutnya dilakukan penyortiran dan pemrosesan sesuai dengan kegunaannya.


                 




Demikian cara menanam / budidaya lidah buaya dalam pot/ polibag. Semoga bermanfaat.


2 Responses to "CARA MENANAM/ BUDIDAYA LIDAH BUAYA DI POT/ POLIBAG"

  1. Terima Kasih Informasinya, kedepan akan kami coba
    Hanya kalo banyak dimana LIDAH BUAYA tersebut dapat kami jual
    Wassalam

    ReplyDelete