Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGA MAWAR





CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGA MAWAR , Bunga mawar mempunyai jenis dan macam yang beragam , bunga ini banyak disukai karena mempunyai bentuk bunga yang indah sebagai hiasan di kebun maupun dirumah , bunga ini banyak dibudidayakan didaerah pegunungan di jawa timur  seperti  kota Batu Malang dan sekitarnya ,untuk membudidayakan tidak terlalu sulit ,dan dapat dilakukan siapa saja berikut ini saya sampaikan cara menanam / budidaya bunga mawar.


                                  





Persiapan lahan

Lahan digemburkan dengan dicangkul sedalam 20 cm dibolak balik .dan ditaburi kompos /bokashi secara merata dan selanjutnya di buat gundukan atau bedengan kecil ,agar dapat air dapat cepat tiris atau tidak mengenang bila hujan.


Bibit mawar 

Bibit mawar di siapkan ,diambil dari tanaman  mawar yang sudah cukup umur , di pilih batang atau cabang  yang sehat ,lurus  lalu potong cabang di potong 40 cm , pangkas daun dan ranting sisakan beberapa helai daun untuk mengurangi penguapan , bersihkan kulit pangkalnya dari duri  .lalu disimpan beberapa hari di tempat basah, agar cepat bertunas.






Penanaman bunga mawar

 Lahan / tanah di siram merata kemudian selanjutnya tancapkan / benamkan bibit mawar sedalam  10 cm dan jarak tanam 1 meter ,rapatkan dengan ditekan sekitar batangnya .


Perawatan tanaman mawar

Penyiraman tanman yang masih baru dilakukan tiap hari  pagi atau sore hari ,penyiraman hanya membasahi tanah saja jangan sampai tergenang, bila telah tumbuh penyiraman dilakuakn 2- 3 hari sekali ,melihat kondisi tanah.
Pemupukan dilakukan setelah tanaman tumbuh / mengeluarkan tunas ,pupuk yang dilakukan pupuk organik berupa cair atau yang padat ,agar cepat tumbuh dapat ditambahkan sedikit Urea, kemudian lakukan penyiraman agar pupuk cepat meresap.

       


Pemangkasan dilakukan bila tanaman telah tumbuh tinggi ,pemangkasan dilakukan untuk membentuk tanaman dan seleksi cabang , ranting / cabang yang tidak sehat dipangkas,agar penyakit tidak menular.

Demikian  cara menanam / budidaya mawar . semoga bermanfaat.


2 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGA MAWAR"