Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KENIKIR DI POT /POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA KENIKIR DI POT / POLIBAG, Kenikir atau Ulam Raja adalah jenis tanaman perdu yang di manfaatkan daun dan batang mudanya untuk sayuran atau lalapan. Tanaman ini mudah di budidayakan di mana saja di tempat yang luas seperti sawah atau kebun ataupun yang tidak mempunyai tanah yang luas , bisa membudidayakan di pot-pot atau polibag untuk kebutuhan sayuran rumah tangga .Cara budidaya ada sedikit perbedaan menanam  disawah dan di pot / polibag.


                     
  


Cara menanam / budidaya kenikir di pot / polibag

 Bahan –bahan yang di butuhkan  antara lain :

1.         Pot atau polibag
Siapkan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm bisa juga menggunakan kaleng / timba bekas.

                     



2.     Bokashi atau kompos
Siapkan bokashi atau kompos ,karena bokashi atau kompos mengandung unsur – unsur atau zat yang lebih lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman

3.     Bibit kenikir
Bibit kenikir diambil dari tanaman kenikir yang sudah tua, diambil bagaian bunganya kemudian di gosok –gosak dengan tangan agar bijinya terpisah dari kulitnya, kemudian ditempat kan di wadah, jemur 2 hari kemudian bisa di tanam

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil.



Menanam / budidaya kenikir di pot /polibag

Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 atau hanya bokashi saja lebih baik lalu tambahkan furadan 2- 3 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. Kemudian siram dengan dengan air sampai basah merata.
Selanjutnya ,rendam dahulu bibit kenikir selama 2-3 jam agar cepat tumbuh ,selanjutnya penanaman ,sebarkan benih ke pot / polibag merata tak perlu di tutup tanah.

Perawatan tanaman

Penyiraman dilakukan 3 hari kemudian dengan pancaran air yang tidak deras agar biji tidak loncat,penyiraman selanjutnya 3-4 hari sekali.

Penjarangan dan penyulaman dilakukan bila tanaman kenikir tumbuh terlalu rapat ,di pindah ke pot / polibag lain agar pertumbuhannya merata, umur pemindahan 1  minggu setelah sebar benih atau tinggi tanaman sudah mencapai 3 cm ,pemindahan keadaan tanah harus basah agar waktu di pindah tidak ada akar yang putus.

Pemupukan tanaman kenikir dilakukan 10 hari sekali ,untuk pemupukan pertama, tambahkan unsur N ( nitrogen ) agar cepat tumbuh berkembang, setelah itu gunakan pupuk organik baik yang cair maupun yang sejenis kompos. Lakukan penyiraman setelah pemupukan agar cepat meresap.

Penyiangan dan pembubunan dilakukan 2 minggu sekali agar rumput tidak menggangu tanaman , serta pembubunan /menimbun tanah pada batang tanaman agar akar tanaman tidak kelihatan dan bekerja dengan baik.



        
       



Hama dan penyakit

,untuk menaggulangi hama dan penyakit gunakan insektisida dan fungisida hayati agar daun kenikir tetap sehat untuk di konsumsi.


Pemanenan daun kenikir

Daun kenikir dapat di petik ketika daun sudah rimbun atau umur 35 hari dan tidak akan terganggu pertumbuhannya bila dipetik. Tanaman kenikir dapat dipanen selama berkali –kali tergantung perawatannya.


Demikian  cara menanam / budidaya kenikir di pot / polibag. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 


2 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KENIKIR DI POT /POLIBAG"

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete
  2. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini Update Betting (7ACD8560)

    ReplyDelete