Latest News

MENANAM OROK-OROK /KARTOK UNTUK PUPUK HIJAU SEBELUM TANAM PADI



MENANAM  ATAU  BUDIDAYA  OROK-OROK / KARTOK  UNTUK  PUPUK  HIJAU SEBELUM  TANAM  PADI,  Tanaman orok-orok  (Crotalia juncea)  atau didaerah saya namanya kartok.Tanaman ini mempunyai bintil-bintil yang mengandung bakteri yang dapat mengikat  ( N ) nitrogen dari udara .Tanaman orok-orok atau kartok mudah menjadi kompos dan menambah kesuburan tanah



             




Dahulu ketika saya masih kecil tanaman ini sering ditanam pada saat waktu jeda atau saat sebelum tanam padi ,untuk menunggu waktu tanam padi kira –kira 1 bulan dari pada tanah di biarkan  bero /  ngganggur  maka ditanami kartok atau orok-orok untuk pupuk hijau. Tanaman  kartok /orok-orok  sangat bermanfaat untuk petani karena dapat menambah kesuburan tanah dengan biaya sangat murah terutama untuk lahan sawah yang tidak mempunyai akses jalan .

Akan tetapi sekarang ini petani banyak yang meninggalkan kebiasaan menanam kartok / orok –orok ,karena setelah panen langsung di tanami lagi tanpa ada jeda ,ingin nya cepat tanam dan panen kembali serta mendapat untung yang banyak. tetapi apa yang didapat... kerugian ,karena tanah pertanian  harus ada jeda untuk memberi nafas / udara kedalam tanah agar oksigen yang mengandung unsur N dapat diikat oleh tanah sehingga tanah menjadi normal kembali.

Sekarang ini saya mulai membiasakan menanam  kartok / orok-orok  sebelum menanam padi  untuk menambah unsur hara pada tanah, berikut ini cara menanam nya :
Setelah tanaman jagung di panen , membuat larikan /alur  pada samping bekas pangkal tanaman jagung dengan gancu atau cangkul .selanjutnya tebarkan benih kartok / orok –orok , kemudian tutup dengan sedikit tanah larikan /alur yang dibuat tadi dengan kaki atau sambil menebarkan kaki nya menutup larikan, ini bisa dilakukan, selanjutnya tunggu hujan datang ,atau lakukan pengairan.
Untuk pada lahan bekas tanaman padi , bajak dahulu kemudian sebar merata dan di haluskan / di garu.
Untuk perawatannya tidak ada ,tinggal ditunggu beberapa minggu /4 minggu taman sudah tinggi dan pada saat akan menanam padi , tanah dibajak dan pohon kartok / orok –orok akan hancur oleh traktor dan di benamkan dalam tanah saat menghaluskan dengan traktor maka sudah menjadi pupuk hijau.



                




Demikian cara  menanam / budidaya kartok / orok-orok untuk pupuk hijau, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


3 Responses to "MENANAM OROK-OROK /KARTOK UNTUK PUPUK HIJAU SEBELUM TANAM PADI"

  1. Pemain setia Togel dan Games bola SBOBET, IBCBET dan Sabung Ayam yuk bermain disini AREATOTO hanya dengan 1 id bos bos sudah bisa main semua games kami lo dengan pelayanan yang sangat ramah dan sangat mudah dan lagi proses cepat yang kami berikan untuk anda semua jadi tidak usah berlama lama lagi yuk segera daftar dan bermain ya jika kesulitan bisa di bantu dalam pendaftaran ya all tq pin : areatoto ditunggu yach.. ^^

    ReplyDelete
  2. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete