Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA JERUK PURUT DI POT ATAU POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA JERUK PURUT DI POT ATAU POLIBAG, Jeruk Purut  adalah tanaman perdu yang dimanfaatkan buah dan daunnya untuk bumbu penyedap masakan .


                  



Tanaman jeruk Purut  mudah tumbuh dan dibudidayakan , untuk kebutuhan kecil misalnya rumah tangga kita bisa menanam / budidaya di pot-pot atau plastic polibag dan diletakkan di sekitar rumah juga untuk tanaman hijau penghias halaman.
Berikut ini bahan – bahan yang diperlukan untuk budidaya jeruk purut di pot atau polibag:


Bahan –bahan yang di butuhkan  antara lain :


1.         Pot atau polibag

Siapkan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm bisa juga menggunakan kaleng / timba bekas, dengan syarat bagaian bawah harus dilubangi untuk drainase.



                     




2.     Bokashi atau kompos

Siapkan bokashi atau kompos ,karena bokashi atau kompos mengandung unsur – unsur atau zat yang lebih lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman ,dengan Bokashi pertumbuhan tanaman akan cepat .


3.     Bibit jeruk Purut

Pilih jeruk purut yang mempunyai tinggi minimal 30 cm , sehat dan batang yang kokoh serta bakal cabang yang baik. Bibit ini bisa di beli di tempat pembibitan pertanian .

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil.

Menanam / budidaya jeruk Purut di pot atau polibag
Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 atau hanya bokashi saja lebih baik lalu tambahkan furadan 2- 3 sendok makan, sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. Kemudian siram dengan dengan air sampai basah merata.

Selanjutnya buat lubang pada tanah di pot atau polibag untuk penanaman jeruk Purut, sebelumnya siram dengan air sampai basah merata ,masukkan bibit jeruk purut dan buang plastik polibag usahakan agar tanah tidak terlepas caranya : balikkan bibit jeruk purut kemudian tarik perlahan plastik polibag keatas ,kemudian balik dengan cepat saat memasukkan ke lubang penanaman.kemudian tutup dengan tanah dan rapatkan ,bila perlu pasang ajir atau tajuk agar jeruk Purut tidak bergeser.


Perawatan tanaman

Penyiraman dilakukan setiap hari pagi atau sore hari untuk tanaman yang masih baru , selanjutnya bila tanaman telah tumbuh penyiraman dilakukan 2- 3 hari sekali atau bila diperlukan saja dan setelah pemupukan.

Pemupukan pertama dilakukan 3 minggu setelah tanam pupuk yang digunakan, Npk atau pupuk organik cair ,atau bila tidak ada bisa gunakan Vietsin berikan 1 sendok makan lalu siram sampai pupuk meresap ke tanah.

Pemupukan selanjutnya 1-1,5 bulan kemudian ,gunakan pupuk seperti diatas dan tambahkan takaranya bila tanaman jeruk Purut tumbuh berkembang .


Pengendalian hama dan penyakit:

Biasanya hama yang menyerang adalah ulat daun ,jenis kutu putih dan cabuk (kutu hitam ) cara pengendalianya : dengan memetik daun yang diserang ulat dan kutu putih dan hitam,atau gunakan Insektisida hayati.

Penyakit yang menyerang antara lain bercak daun, layu ,busuk buah.pengendaliannya gunakan fungisida hayati agar buah atau daun tidak berbahaya untuk di konsumsi.



            




Demikian cara menanam / budidaya jeruk Purut di pot atau polibag ,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


5 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA JERUK PURUT DI POT ATAU POLIBAG"

  1. Pemain setia Togel dan Games bola SBOBET, IBCBET dan Sabung Ayam yuk bermain disini AREATOTO hanya dengan 1 id bos bos sudah bisa main semua games kami lo dengan pelayanan yang sangat ramah dan sangat mudah dan lagi proses cepat yang kami berikan untuk anda semua jadi tidak usah berlama lama lagi yuk segera daftar dan bermain ya jika kesulitan bisa di bantu dalam pendaftaran ya all tq pin : areatoto ditunggu yach.. ^^

    ReplyDelete
  2. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete
  4. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  5. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete