Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA TERONG GLATIK ATAU TERONG BULAT DI POT /POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA TERONG GLATIK ATAU TERONG BULAT DIPOT /POLIBAG , Tanaman terong ini di manfaatkan buahnya , biasanya untuk sambal lalapan maka kadang orang menyebut terong lalap. Menanam atau membudidayakan terong glatik / terong bulat sama saja caranya dengan membudidayakan terong yang  panjang. Membudidayakan bisa dilakukan di lahan sawah atau kebun yang luas atau di kantong  polibag atau di pot.


               




Berikut ini saya sampaikan  cara menanam / budidaya terong glatik atau terong bulat di pot /polibag.

Persiapan yang perlu dilakukan mempersiapkan bahannya
Bahan –bahan yang di butuhkan  antara lain :

1.         Pot atau polibag

Siapkan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm bisa juga menggunakan kaleng / timba bekas.

                     



2.     Bokashi atau kompos

Siapkan bokashi atau kompos ,karena bokashi atau kompos mengandung unsur – unsur atau zat yang lebih lengkap unsur haranya  yang sangat di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman terong glatik ,lebih baik pakai bokashi karena telah bersih dari gas amoniak yang dapat memyebabkan tanaman layu.

3.     Bibit terong glatik / terong bulat

Bibit dapat di beli di tempat persemaian biti tanaman pertanian atau dengan menyemaikan sendiri caranya : pilih buah terong glatik / terong bulat yang sudah tua ,berwarna agak kekuningan lalu belah dan keluarkan bijinya kemudian jemur sampai kering kira –kira 2 -3 hari ,selanjutnya siapkan nampan lalu isi dengan sedikit bokashi dan ratakan kemudian taburkan biji terong glatik /terong bulat,lalu tutup dengan sedikit tanah atau jerami dan lakuakn penyiraman, setelah tumbuh beberapa hari baru bisa di pindahkan .

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil.


Menanam / budidaya terong glatik /terong bulat di pot atau polibag

Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 atau hanya bokashi saja lebih baik lalu tambahkan furadan 2- 3 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil sampai merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. Kemudian siram dengan dengan air sampai basah merata.

Penanaman ,buat lubang untuk tanam sekitar 5 cm ,kemudian benamkan bibit terong glatik /terong bulat sedalam lubang yang dibuat,tetapi sebelumnya basahi dulu bibit terong secara merata kemudian lepas polibag kecilnya, usahakan tanah jangan sampai lepas agar tidak menggangu per akarannya ( bila tanpa polibag tinggal di masukkan ke pot / polibag besar, kemudian tutup dengan tanah dan padatkan dan yang terakhir siram kembali .


Perawatan tanaman

Penyiraman dilakukan tiap hari untuk tanaman yang masih baru , bila telah tumbuh penyiraman bisa dikurangi yaitu 2 – 3 hari sekali.

Pemupukan tanaman pertama kali dilakukan pada umur 10 -15 hari, puipuk yang di gunakan jenis NPK  1 sendok makan tiap polibag /pot atau pupuk cair ,juga bisa di beri vietsin bila kesulitan pupuk, pupuk di tempatkan di lubang dekat batang jarak 4cm ,kemudian tutup dengan tanah dan lakukan penyiraman merata agar pupuk cepat meresap, pemupukan selanjutnya dilakukan 15 hari sekali, takaranya di tambah disesuaikan tinggi dan besar tanaman .



            



Penyiangan dan pembubunan dilakukan 2 minggu sekali agar rumput tidak menggangu tanaman , serta pembubunan /menimbun tanah pada batang tanaman agar akar tanaman tidak kelihatan dan bekerja dengan baik.


Pemberian ajir atau tajuk dilakukan bila tanaman telah berbuah dan kelihatan tidak mampu menopang  buahnya yang lebat.


Penanggulangan hama dan penyakit
Gunakan insektisida dan fungisida hayati yang ramah lingkungan untuk membasmi hama dan penyakit atau bisa gunakan sabun deterjen untuk membasmi kutu-kutuan . kalo penanggulangan hama secara kimia dapat di baca di sini


Waktu penen terong glatik /terong bulat

Petik buah pertama dilakukan setelah tanaman berumur 2,5 bulan kemudian petik selanjutnya dilakukan 3- 4 hari sekali secara terus menerus sampai tanam tua dan mati , lama waktu  panen tergantung dari perawatan tanaman .



           



Demikian cara menanam/ budidaya terong glatik atau terong bulat di pot / polibag .semoga bermanfat dan selamat mencoba.


3 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA TERONG GLATIK ATAU TERONG BULAT DI POT /POLIBAG"

  1. Pemain setia Togel dan Games bola SBOBET, IBCBET dan Sabung Ayam yuk bermain disini AREATOTO hanya dengan 1 id bos bos sudah bisa main semua games kami lo dengan pelayanan yang sangat ramah dan sangat mudah dan lagi proses cepat yang kami berikan untuk anda semua jadi tidak usah berlama lama lagi yuk segera daftar dan bermain ya jika kesulitan bisa di bantu dalam pendaftaran ya all tq pin : areatoto ditunggu yach.. ^^

    ReplyDelete
  2. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete