Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA JERUK MANIS


SEKILAS TENTANG TANAMAN  JERUK.

    Menanam/budidaya jeruk manis,Tanaman jeruk adalah jenis tanaman buah – buahan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi .tanaman ini berasal dari Asia dan menyebar ke seluruh dunia.tanaman jeruk yang ada di Indonesia asalnya di bawa oleh belanda beberapa ratus tahun yang lalu.  Tanaman jeruk manis telah dibudidayakan secara mandiri oleh petani di sebagain Indonesia .
                 


     Tanaman jeruk tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi hingga mencapai ketinggian 120 meter dpl.Tanah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanah lempung , lempung berpasir yang mempunyai unsur makro dan mikro untuk pertumbuhan tanaman ,ph tanah 5,6- 7.suhu udara 20- 33 derajat Celsius,curah hujan 100- 300 mm/ tahun, dan tata air yang baik.


TEKNIS PENANAMAN JERUK MANIS

PEMILIHAN BIBIT JERUK MANIS

    Ada 2 cara untuk mendapatkan bibit jeruk manis yaitu secara generative dan vegetative . Untuk generative sudah tidak dipakai lagi karena prosesnya  memerlukan waktu yang lama dan terkadang  bibit yang didapat tidak sebaik indukny a.Untuk bibit jeruk manis  dari proses vegetative  yaitu dengan cara di stek / tempel yang mempunyai kebihan  umur yang pendek dan cepat berbuah. Dianjurkan menggunakan bibit dari stek /tempel.


PENANAMAN JERUK MANIS

    Mempersiapan lahan / kebun yaitu dengan dibersihkan kebun dari rumput liar dengan cara disemprot dengan herbisida atau dengan di cangkul.kemudian buat lubang dengan diameter50 cm , jarak lubang  5meter x 6 meter , kedalaman lubang 50 cm. lalu masukan  bokashi kedalam lubang setinggi  15 cm kemudian kocor lubang  dengan air sampai basah merata , taburi dengan Furadan dan Marshal  masing –masing 1 sendok makan, untuk mengendalikan hama dari tanah lalu masukan  bibit jeruk manis yang mempunyai panjang 1 m sedalam 35 cm  kedalam lubang tanam , dan timbun dengan tanah dan bokashi sambil diinjak agar rapat , lalu kocor dengan air hingga basah danselanjutnya pasang tajuk dan ikat batang tanaman dengan tajuk menggunakan tali.


PERAWATAN JERUK MANIS

    Pengairan/ kocor dilakukan pada pagi dan sore untuk tanaman yang baru dan melihat kondisi tanah. Bila tanaman sudah berumur 3 bulan  kocor dilakuakan .3- 4 hari sekali .tergantung kondisi tanah .

    Penyulaman dilakukan pada tanaman yang mati atau yang terserang virus.
    Penyiangan / pembersihan gulma dilakukan 10 hari – 15 hari sekali melihat keadaan gulma yang tumbuh.

    Pembubunan dilakukan  2 minggu sekali yaitu dengan cara tanah di gundukan di batang tanaman  untuk memperkuat perakaran sehingga tanaman tidak roboh.

    Pemangkasan bertujuan untuk membentuk tajuk batang , menghilangkan batang yang terkena virus / penyakit,dan yang tidak produktif.

    Pemupukan pertama dilakukan ketika tanaman berumur 1 bulan komposisi pupuk : ZA/ Phonska 20 gram , Sp – 36 20 gram, dan Kcl 10 gram / + bokashi 15 kg per tanaman. Komposisi ini dilakukan  pada tanaman umur 1 – 3 bulan , dengan pemupukan 1 bulan sekali . Untuk pemupukan umur 4 – 6 bulan  komposisi nya :ZA/Phonska 40 gram , Sp -36  40 gram dan Kcl 30 grm /per tanaman di tambah bokashi 20 kg per tanaman. Untuk pemupukan 6 bulan keatas komposisi pupuk di tambah menjadi ZA/Phonska  100gram, Sp -36 100 gram dan Kcl 50 gram pertanaman dan bokashi 50 kg/ tanaman.

                 



    Penjarangan buah ini dilakukan untuk memilih buah yang baik agar diperoleh buah yang berkualitas dan merata .


HAMA DAN PENYAKIT JERUK MANIS

    Hama yang menyerang tanaman jeruk manis antara lain : kutu loncat, kutu daun,ulat peliang daun,penggerek buah, kutu penghisap daun , dan tungau, lalat buah , kutu dompolan kutu sisik. Untuk pengendaliannya dengan menggunakan insektisida :abamectin, imidakloprit, sipermetrin, klofernapir.

    Penyakit yang menyerang antara lain :embun tepung ,busuk buah, busuk akar dan pangkal batang, layu fusarium, layu bakteri.


PEMANENAN JERUK MANIS

    Panen dilakukan ketika buah jeruk telah masak optimal sekitar 8 bulan dari pembungaan ,waktu panen usahakan saat cuaca cerah , cara panen dengan dipetik menggunakan gunting .
                        



                          Gb.  Buah jeruk yang telah masak.

Menanam / budidaya jeruk manis juga bisa dilakukan di pot /polibag yang besar, untuk lebih jelasnya lihat di cara menanam / budidaya jeruk manis di pot /polibag.

Demikian tentang cara menanam / budidaya jeruk manis . semoga bermanfaat.
Baca juga : cara menanam/ budidaya jeruk bali /Pamelo di pot


12 Responses to "CARA MENANAM DAN BUDIDAYA JERUK MANIS"

  1. oom bijinya buah jeruk bisa ditanam bisa engga. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ..tapi terlalu lama , mending beli bibit hibrida saja ,mudah perawatan dan cepat berbuah.

      Delete
  2. Om,umur tanaman jeruk ane udah 6 bulan dari penanaman bibit,tp udah berbubunga aja om,,dan ada juga 5 batang yg udah berputik dari 100 btang,,sebaiknya dibuang aja bunganya atau dibiarin aja om?? tingginya kira2 165 cm yg pling tggi,,bagaimana solusinya om,,?? Mohon bntuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di biarin saja bila keadaan bagus dan sehat

      Delete
  3. Keadaannya sehat dan bagus om,,tp Klau dibiarin,apa gak merana n gak sanggup dahannya menopang berat buahnya om?? Soalnya Dahannya masih muda,,Sebenarnya itu yang ane takutkan,,karena ane msh pemula,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. batangnya dibei penopang atau ajir/ tajuk atau batang yang ada buahnya saja.

      Delete
  4. trmakasih kak infonya sangat membatu dan bisa langsung di praktekkan langsung.

    ReplyDelete
  5. salam kenal, saya minta infonya pak,,, ada tdk bapak tau yang menjual bibitnya,trims

    nomor hp saya pk, 085355830304

    ReplyDelete
  6. Om..mhn ptunjuknya om..
    Gmn mmprsiapkan lahan utk pnnman jeruk beras tagi ke lahan pinggir pantai lbh kurang 60m dpl.

    ReplyDelete
  7. Mau nanya om, berapa lama kita nanam Sampek buah pertama, sama minta info bibit jeruk manisnya 082295819474

    ReplyDelete