Latest News

CARA MENANAM DAN BUDIDAYA NANAS


SEKILAS TENTANG TANAMAN NANAS

    Menanam/budidaya nanas,Tanaman nanas merupakan tanaman perdu yang berasal dari daerah tropis (Brazil, Bolivia, dan Paraguay).Tanaman ini dimanfaatkan buahnya untuk dimakan langsung dan dijadikan makanan olahan seperti sari nanas, keripik nanas,selai nanas  dan lain lain.Sedangkan daunnya dapat dijadikan bahan campuran makanan ternak dengan cara duri-duri dihancurkan /diselep.

              



    Tanaman nanas tumbuh di dataran rendah sampai tinggi,memerlukan media tanah yang subur gembur , tanah vulkanik, tanah lebu berpasir  tanah yang mempunyai kandungan bahan organic yang banyak, memerlukan sinar matahari yang cukup  9 jam per hari, suhu udara  23- 32 derajat Celsius,curah hujan yang cukup,ph tanah 5,7-7.drainase yang baik.


TEKNIS PENANAMAN NANAS

PEMILIHAN BIBIT NANAS

    Bibit nanas diperoleh dari anakan nanas yang disebut vegetataif dan dari biji nanas atau generative.Cara vegetative yang diambil adalah , tunas akar , tunas batang,tunas buah ,mahkota buah dan stek batang . tapi untuk  yang kedua jarang digunakan karena memerlukan waktu yang lama.Untuk mendapatkan bibit yang baik maka harus memilih dari tanamn induknya yang sehat, daun yang tebal, tidak cacat , tidak bekas terserang penyakit.


PERSIAPAN LAHAN

    Lahan disiapkan yaitu kebun atau tegalan  di gemburkan ,kemudian tebar pupuk kandang / bokashi dengan dosis 10 t0n per hektar. Buat bedengan dengan lebar 80 cm – 110 cm , jarak bedengan100 cm, tinggi bedengan 30 cm.


PENANAMAN NANAS

   Penanaman  nanas sebaiknya dilakukan  pada awal musim hujan  agar pertumbuhan cepat dan seragam .Pertama –tama  membuat lubang pada bedengan dengan cangkul/ gancu dengan ukuran 30 x 30 x30 cm .Masukan bibit nanas yang telah dipilih / diseleksi dengan baik satu biji bibit per lubang , kemudian timbun dengan tanah dan injak agar bibit tertancap dengan baik dan tidak mudah roboh,kemudian lakukan penyiraman hingga basah dan merata.


PEMELIHARAAN TANAMAN NANAS

    Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan  2minggu sekali ini dilakukan agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu karena rumput liar memakan bahan organic dari tanah yang seharusnya untuk tanaman nanas.

                         



    Pembubunan / ipuk (jawa ) dilakukan  untuk menimbun akar tanaman kembali setelah longsor yang terkena air hujan  atau waktu pengairan, agar pertumbuhan akar tanaman tidak terganggu.

                              



    Pemupukan  dilakukan setelah tanaman umur 2 bulan , dan pemupukan susulan dilakukan tiap 3- 4 bulan sekali hingga tanaman berbunga dan ber buah. Komposisi pupuk : ZA/ Phonska 150 kg/ ha,SP- 36  100 kg/ ha,Kcl 100kg/ ha. Untuk pemupukan susulan komposisinya : ZA / Phonska  175 kg/ ha, SP- 36 120 kg/ ha dan Kcl 125 kg/ ha. Cara pemupukan dengan dibuatkan parit disebelah tanaman , tebar pupuk yang telah dicampur dan timbun dengan tanah,kemudian lakuakan penyiraman  /kocor atau lep , bila tidak hujan.


HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN NANAS

    Hama yang menyerang tanaman nanas antara lain: Penggerek buah,Kumbang ,Lalat buah,thrip, ulat buah. Untuk menanggulangi hama ini ,lakukan penyemprotan dengan menggunakan : Imidakloprit,Buldog,Mitac, spontan, bulldog dengan dosis yang dainjurkan.

    Penyakit yang sering menyerang tanaman nanas antara lain: Busuk hati dan Busuk akar,busuk pangkal,busuk bercak gabus. Cara pengendaliannya dengan disemprot menggunakan fungisida  : Benlet, Kasumin,Mankozeb,


PEMANENAN NANAS

    Panen buah nanas dilakukan pada saat tanaman mulai umur 12 bulan keatas tergantung varietas dan bibitnya.ciri -ciri buah nanas siap di panen antara lain:mahkota buah terbuka ,tangkai buah mengecil,mata buah lebih  mendatar dan berbentuk bulat . Cara panen buah nanas ,pilih buah nanas yang telah masak / berbau harum, kemudian potong tangkai buah dengan sabit/ pisau.
    
                     


Gb. buah nanas siap dipanen. 


                      

7 Responses to "CARA MENANAM DAN BUDIDAYA NANAS"