Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KAKAO



SEKILAS TENTANG KAKAO

    Menanam / budidaya kakao ,Kakao ( Theobroma cacao ) jenis tanaman  perkebunan yang berasal dari amerika selatan. Tanaman ini dimanfaatkan bijinya sebagai bahan utama pembuatan bubuk kakao atau coklat.Bubuk kakao atau yang kita kenal dengan nama Coklat adalah bahan untuk pembuatan susu , kue, es krim dan lain-lain. 

                          


    Tanaman Kakao tumbuh di dataran rendah sampai tinggi , idealnya tidak lebih dari 800 m dpl. Memerlukan media tanah lempung , lempung berpasir, tanah humus,tanah yang mengandung banyak bahan oganik.Ph tanah 5,7-  7,5 , curah hujan 1100 – 2700 mm/ tahun, suhu udara 23- 32 derajat Celsius, penyinaran matahari yang cukup, dan ketersediaan air.


TEKNIK BUDIDAYA KAKAO

PENGADAAN BIBIT KAKAO

    Untuk pembibitan ada 2 cara yaitu cara generative  dengan semai dari biji kakao yang dikeringkan .dan cara vegetative yaitu  dengan setek , tempel, cangkok , sambung pucuk. Pada umumnya bibit yang di gunakan dari cara vegetative yaitu : setek, tempel dan sambung pucuk karena cepat berbuah dan mirip dengan induknya .


PERSIAPAN LAHAN

    Lahan atau kebun  di bersihkan  dari tanaman sebelumnya dan rumput liar dengan di babat dengan sabit atau di cangkul agar bersih , dapat juga menggunakan herbisida purna tumbuh.

    Kemudian tanah di buat lubang tanam dengan kedalaman 50 cm, lebar 40 cm, dan jarak tanam 3 meter, tanah bagaian bawah dan atas di pisahkan dan di campur dengan bokashi agar memudahkan penimbunan.


PENANAMAN KAKAO

    Masukan tanah dan bokashi setebal 25 cm dan taburkan insektisida Furadan /Regent untuk mencegah hama dari tanah.kemudian siram atau kocor sampai basah merata dan masukan bibit Kakao dengan tinggi 1 meter , buang plastic polybag yang menutupi akar dan atur perakaran agar berkembang merata.Lalu masukan tanah dan bokashi dan rapatkan kemudian kocor sampai basah merata lau pasang tajuk an tali untuk menopang tanaman gar tidak bergeser atau roboh.

                           



PERAWATAN TANAMAN KAKAO

    Kocor dilakukan pagi dan sore untuk tanaman yang baru sampai umur 1,5 bulan , Kemudian  1 kali sehari untuk tanaman umur sampai 2,5 bulan dan bila tanaman sudah kuat  lakukan pengairan apabila di butuhkan.

    Penyulaman dilakukan untuk tanaman yang mati atau kurang sehat di ganti dengan tanaman yang baru dan sehat. Untuk penjarangan biasanya tidak perlu dilakukan.

    Penyiangan atau membersihkan rumput liar dengan sabi t atau cangkul dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput  telah tumbuh . Penyiangan dilakukan disekitar 50 cm melingkar di batang tanaman.

    Pembubunan untuk mengembalian gundukan tanah di sekitar batang tanaman akibat erosi air hujan atau waktu pengairan dilakukan 2 minggu sekali agar perakaran tanaman tidak terganggu.

    Pemupukan tanaman Kakao dilakukan pada umur tanaman  2 minggu yaitu menggunakan pupuk Urea 25 gram/ batang , umur 1 bulan Urea 30 gram/ batang , umur 2 bulan Urea 40 gram + Kcl 10 gram,umur 4 bulan Urea 50 gram + Sp 15 – 20 gram/ batang. Untuk umur selanjutnya sesuaikan kebutuhan nutrisi pupuk. Dan ditambahkan bokashi 50 kg / tanaman . Cara pemupukan dengan dibuatkan lubang 5 – 10 cm dari batang tanaman ,untuk tanaman yang dewasa cara pemupukan dengan di buatkan parit melingkar kemudian ditutup dengan tanah setelah pemupukan.

    Pemangkasan dilakukan pada tunas yang tumbuh di batang  dibawah  60 cm , untuk membentuk batang , dan pemangkasan cabang yang kurang sehat dan daun yang kering, agar tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.

               



HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KAKAO

    Hama yang menyerang tanaman Kakao antara lain : jenis kutu ,kutu putih ,kutu penghisap buah , ulat kilan , ulat  . Cara pengendaliannya dengan disemprot insektisida berbahan aktif : Imidakloprit, abamectin, Sipermetrin, Beta siflutrin.

    Penyakit yang menyerang antara lain: busuk buah,penyakit jamur upas , penyakit akar , kanker batang. Pengendaliannya dengan fungisida berbahan aktif: Propinep , Iprodium , Mancozeb. Pengendalian kanker batang dengan dipotong atau di hilangkan  bagaian yang terserang  penyakit kanker.


PANEN KAKAO

    Buah kakao dapat di panen ketika sudah masak antar umur 5,5 – 6 bulan setelah berbunga . Ciri buah yang sudah siap dipanen antar lain : warna buah sudah berubah kuning atau merah . ukuran buah sudah optimal. Cara panen dengan di potong tangkainya dengan sabit atau gunting . buah yang dipanen sebaiknya jangan terlalu masak. Panen dilakukan pada pagi hari.

                                 


                           Gb. Buah Kakao yang masak siap panen.




1 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KAKAO"

  1. Taukah anda bahwa 60 % keberhasilan budidaya tanaman padi ditopang oleh kondisi tanah, oleh karena itu gunakan pupuk humagrow yang di produksi oleh PT Multikimia Agro Sejahtera dan didistribusikan oleh CV erlima brotehers untuk memperbaiki kondisi fisik,biologi dan kimia tanah serta memberikan unusur hara yang dibutuhkan tanaman

    ReplyDelete