Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA SEMANGKA



SEKILAS TANAMAN SEMANGKA

    Menanam / budidaya semangka,Tanaman semangka merupakan tanaman buah yang merambat juga disebut water melon .termasuk dalam keluarga labu-labuan yang banyak mengandung air dan disukai dan disukai  orang yang hidup di daerah tropis .Tanaman ini berasal dari daerah kering tropis dan subtropics afrika kemudian menyebar ke berbagai benua.

                         



    Tanaman semangka hidup di tanah subur , gembur yang banyak mengandung bahan organic, ph tanah  antara  5,7- 7,ketinggian ideal antara 100- 500 mdpl, namun di atas 500m dpl juga dapat tumbuh.memerlukan penyinaran matahari yang cukup ,curah hujan sedang ,20 – 29 derajat Celsius. Dan memerlukan tata air yang baik.


TEKNIS PENANAMAN SEMANGKA

PENYIAPAN BIBIT SEMANGKA

    Memilih bibit semangka yang cocok untuk segala musim, pilih jenis hibrida biasanya jenis impor yang baik. Sebelum disemaikan , biji semangka direnggangkan dengan alat seperti penjepit , agar dapat tumbuh dengan cepat karena kulit biji keras  , untuk persemaian  lihat di cara membuatpersemaian bibit tanaman .

                               



PENGOLAHAN LAHAN

    Sawah di gemburkan dengan di cangkul atau di bajak  bagaian yang akan di tanami saja . kemudian taburkan bokashi 10 ton /ha dan beri pupuk dasar yaitu Za+ Phonska 125 kg / ha , kemudian buat bedengan dengan tinggi 25- 30 cm, kalen atau got 50 cm dan tempat jalar  3m.


PENANAMAN SEMANGKA

    Sebelum tanam aliri air pada kalen  sampai basah hingga ke bedengan, kemudian buat lubang pada bedengan dengan skop  5cm dan jarak 50 cm , lalu taburi insektisida ( regent, furadan) untuk mengendalikan hama di tanah. Masukan bibit semangka kedalam lubang terlebih dahulu sobek bagaian bawah polybag agar pertumbuhan akar tidak terganggu, kemudian tutup dengan tanah dan rapatkan pelan.

                         



PERAWATAN TANAMAN SEMANGKA

Penyulaman dan penjarangan
    Diperhatikan dalam 1 minggu untuk melihat perkembangan tanaman apabila ada yang mati atau kurang sehat , perlu dilakukan penyulaman agar  tanaman tumbuh serempak, dan penjarangan tidak perlu dilakukan untuk tanaman yang masih kecil.

Penyiangan
    Penyiangan tanaman dilakukan bagaian  pangkal batang dengan mencabut rumput liar yang menggangu pertumbuhan , ini dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput telah tumbuh.

Pembubunan
   Pembubunan dilakukan untuk mengembalikan bentuk bedengan semula yang terkena air waktu pangairan atau hujan, ini dilakukan untuk memperkuat perakaran tanaman.

Perempelan
    Cabang yang sakit atau tidak sehat perlu dipotong atau daun dan cabang yang mengganggu / terlalu rimbun juga perlu dipotong agar sinar matahari dapat masuk dan mengurangi resiko terkena penyakit embun tepung/ lanas.

Pemupukan
    Pemupukan ada 2 cara yaitu pemupukan tabur atau dengan kocor
    Pemupukan kocor dilakukan mulai umur 1 minggu  ,menggunakan pupuk Npk 70-90 kg / ha + insektisida  furadan  caranya pupuk di aduk dengan air hingga  caampur merata kemudian dikocorkan kelubang tanaman 200 ml per lubang tanaman . Pemupukan ini dilakukan tiap 1 minggu sekali sampai umur 42 hst.
    Pemupukan dengan di tabur komposisisnya Npk300 /ha, tsp 210 kg/ha dan Kcl 90 kg/ ha .cara pemupukannya dengan di buatkan tugal sedalam 5 cm dan jarak  dengan batang 5 cm. pupuk di taburkan kemudian ditutup dengan tanah dan dilakukan pengairan. Pemupukan ini dilakukan saat umur tanaman 10 dan 28 hst.


                    



Seleksi bakal buah
    Proses seleksi  calon buah ini pekerjaan sangat penting untuk memperoleh buah yang berkualitas.calon buah yang baik yaitu terletak antara 1,0- 1,5 m dari perakaran tanaman, buah yang dekat dengan batang kurang bagus,setiap tanaman harus mempunyai 2 calon buah yang baik,sisanya di pangkas .setiap calon buah harus sering di balik agar warna buah merata dan tidak pudar.untuk menjaga agar harga buah nantinya tetap mahal.


                       



HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SEMANGKA

    Hama yang menyerang tanaman semangka antara lain: Thrips, kutu daun ,tungau,ulat perusak daun, ulat tanah , ulat grayak,kutu putih dan lalat buah. Cara pengendaliannya : gunakan insektisida : omite, abamectin,sipermetrin , klorfenapir,untuk lalat buah , buat jebakan dengan petrogenol.

    Penyakit yang menyerang tanaman semangka antara lain:Layu bakteri, layu fusarium,bercak daun ,antraknosa,busuk semai ,busuk buah,karat daun, cara pengendaliannya :disemprot dengan fungisida : benlelt , rovral, mankozeb,agrept,dan iprodium.


PANEN TANAMAN SEMANGKA

    Umur panen tanaman semangka antara 80 - 90hst, ciri-cirinya : perubahan warna pada daun,  pada ukuran buah sudah optimal dan warna sudah pudar. batang tanaman mulai mengecil, cara panen , dengan memotong tangkai buah menyisakan 6 cm tangkai pada buah, di masukan keranjang agar mudah pengankutannya.


                                



                                      Gb.Buah semangka siap di panen .



1 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA SEMANGKA"