Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA SALAK PONDOH




SEKILAS  TENTANG  SALAK  PONDOH

   Cara menanam/ budidaya salak pondoh, salak pondoh merupakan tanaman buah yang masih satu keluarga dengan palem . tanaman ini konon berasal dari  Malaysia, Thailand dan Indonesia .


                          



   Tanaman salak tumbuh di ketinggian 100- 500 m dpl ,untuk media yang diperlukan tanah gembur subur dan agak lembab,derajat ke asaman tanah (ph) berkisar 5- 7,5, suhu udara antara 20-30 derajat c ,tanaman ini memerlukan sinar matahari cukup 50-70 % saja ,karena cocok di daerah lembab tetapi tidak suka air menggenang.untuk itu harus mempunyai drainase yang baik.


MENANAM / BUDIDAYA SALAK PONDOH

PERSIAPAN BIBIT

   Untuk mendapatkan bibit salak ada 2 cara yaitu perbanyak generative dengan bijinya , untuk menyemai dengan biji harus diperhatiakan beberapa hal yaitu biji harus dari buah yang masak ,tidak cacat, dan pohon yang genjah. Sedangkan cara vegetative yaitu bibit salak dari anakan pohon salak yang sudah tumbuh dewasa, dengan cara di pisahkan dari induknya dengan menyertakan akarnya.


PERSIAPAN LAHAN

    Lahan di bersihkan dari rumput liar dan tanaman semak serta tumbuhan perdu dengan di babat atau di cangkul  lalu dikumpulkan dan di bakar atau dengan menggunakan herbisids purna tumbuh seperti Roundup,Glisat  dengan dosis pemakaian 200 -250 cc / 17 liter ( tangki sprayer).


PENANAMAN SALAK PONDOH

   Membuat lubang dengan diameter 30 cm ,kedalaman 30 cm, dengan jarak lubang 2 meter ( jarak tanam satu baris )  jarak baris  3 – 4 meter . penanamannya masukkan bokashi bercampur dengan tanah lalu siram dengan air sampai basah merata ,selanjutnya tambahkan Furadan 30 gram tiap lubang, lalu masukkan bibit salak anakan  kedalam lubang ,atur perakarannya merata lalu timbun dengan tanah campur bokashi lalu siram sampai basah merata dan rapatkan tanah pada pangkal batang.



                           




 PERAWATAN TANAMAN SALAK

    Penyulaman dilakukan untuk mengganti  tanaman yang mati atau kurang sehat ,pekerjaan ini dilakukan pada tanaman muda dan tanaman baru.

   Penyiraman untuk tanaman yang baru dilakukan 2 kali sehari sampai tanaman hidup kemudian 1 hari sekali dan apabila sudah kuat , penyiraman dilakukan bila diperlukan saja atau setelah pemberian pupuk.

   Penyiangan  dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput telah tumbuh agar tidak menggangu pertumbuhan tanaman.
   Pembubunan yaitu menimbun kembali tanah pada pangkal batang akibat longsor  untuk menjaga agar pertumbuhan akar tetap baik, biasanya longsor disebabkan air hujan dan pengairan , pekerjaan ini dilakukan  2 minggu sekali.

   Pemupukan awal tanaman salak di lakukan  pada umur 10 hari yaitu Urea 10 gram, TSP 5 garam dan Kcl 5 gram ditambah bokashi 15 kg , untuk umur 1 bulan komposisi pupuk masih sama , untuk umur 2- 4 bulan ,pemberian pupuk dtambah yaitu Urea 15- 20 gram, TSP dan Kcl masing-masing 8- 10 gram, untuk umur 6- bulan komposisi pupuk ditambah menjadi Urea 25- 40 gram,TSP dan Kcl 20 gram ditambah pupuk bokashi 30 kg, untuk tanaman yang sudah besar ,pemberian pupuk di sesuaikan umur dan besar batang tanaman.


                            




HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SALAK

   Hama yang menyerang antara lain: Ulat daun ,Kutu putih,Kumbang penggerek tunas,cara penanggulangannya untuk ulat dan kutu gunakan insektisida berbahan aktif beta silfutrin/ sipermetrin dan midakloprit ,sedangkan untuk kumbang , gunakan abamectin atau sejenisnya.

    Penyakit yang menyerang antara lain:busuk merah,bercak daun warna hitam,busuk buah .Cara penanggulangannya :semprot dengan fungisida berbahan aktif  iprodiun , mancozeb, propinep,


PEMANENAN SALAK

   Panen salak dilakuakan setelah buah matang di pohon ,kira- kira umur 6 bulan setelah bunga mekar, ciri-ciri fisik antara lain : warna kulit buah hitam ke merahan dan mengkilat,bulu-bulunya telah hilang,ujung kulit buah terasa lunak bila ditekan dan mudah lepas dari tangkainya , beraroma salak matang.


                                   


                    Gb. Buah salak siap dipetik dengan dipotong tangkainya.



4 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA SALAK PONDOH"

  1. Trimakasih atas kunjunganya .dan silahkan berkomentar dengan baik dan sopan , sesuai dengan isi artikel . komentar yang berisi link hidup dan berbau sara serta pornografi tidak akan di tampilkan .

    ReplyDelete
  2. Bagaimana jika budidaya salak di bawah tanaman sengon solomon jaguar,
    Apakah ada pengaruh tersendiri terhadap masing-masing tanaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit banyak pasti ada pengaruhnya pada kedua tanaman itu , mungkin batang sengon tidak dapat besar maksimal.

      Delete
  3. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tenda kerucut / sarnafil

    Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gsm dan 550 gsm Blackout yang dapat ditutup dan dibuka.
    Tenda jenis ini dapat digunakan untuk :
    - Berbagai kegiatan promosi / event.
    - Bazar, Seminar dan Pameran.
    - Cocok Untuk Segala Jenis Acara, DLL.

    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m. Tenda ini juga bisa ditambahkan ornamen - ornamen seperti dinding ataupun pintu yang terbuat dari mika.
    Tenda Kerucut menggunakan ranga besi sedangkan Tenda Sarnafil menggunakan rangka alumunium.

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    https://tendaroderbsm.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA :@partisipameran23
    PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

    ReplyDelete