Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KECIPIR



CARA MENANAM / BUDIDAYA KECIPIR , Kecipir adalah tumbuhan merambat yang di manfaatkan sebagai sayuran , kecipir juga disebut kacang botol , kacang belingbing,kacang botor , kecipir . tanaman keci[pir mudah tumbuh di dataran rendah sampai tinggi hingga mencapai 1200 m dpl, tanah yang baik untuk pertumbuhan adalah tanah lempung , lempung berpasir ,tanah humus tanah yang mengandung bahan organik, ph tanah 5,5 – 7 , sinar matahari yang cukup , curah hujan sedang , yang terpenting  drainase yang baik.






Menanam / budidaya kecipir


Bibit kecipir

 Bibit kecipir didapat dari buah kecipir yang sudah tua dan kering , kemudian di kupas dan dijemur beberapa hari selanjutnya di simpan , bila ingin menanamnya  rendam dahulu 4 jam kemudian di tanam.






 Persiapan lahan

 Lahan di gemburkan , dicangkul / dibajak sedalam 25 cm kemudian di sebarkan kompos / bokashi  7- 10 ton , kemudian buat bedengan tinggi 25 cm , lebar 80 cm dan jarak bedengan 50 cm selanjutnya taburkan pupuk dasar campuran ZA + Phonska+ TSP  sebanyak 115 kg  per hektar , setelah itu bedengan di haluskan , kemudian ditutup mulsa /plastik perak  (lebar mulsa 90 cm ).


Penanaman kecipir

 Biji kecipir direndam dahulu 4-5 jam ,m kemudian diangkat dan dibungkus kain handuk rapat selama 12 jam agar cepat berkecambah. Untuk menanam kecipir dilahan sawah , lakukan pengairan secara merata pada bedengan , kemudian buat lubang pada mulsa dengan jarak 50 cm , selanjutnya masukkan 2 biji kecipir ke lubang  sedalam 3 cm kemudian tutup dengan tanah tipis.
baca juga : cara menanam / budidaya kecipir di pot /polibag


Perawatan tanaman kecipir

Penyulaman dan penjarangan dilakukakan ketika ada tanaman yang rapat dan longgar karena mati atau kurang sehat. Pekerjaan ini dilakukan ketika tanaamn umur 7 – 14 hst.
 Penyiraman  / pengairan dilakukan 1 minggu sekali  bila tidak hujan dan setelah pemberian pupuk, pengairan dengan cara mengenangi  parit sampai penuh , dan dilakukan pembuangan secepatnya agar air tidak menggenang.


Pemupukan tananam kecipir dilakukan pada umur lihat tabel dibawah ini:

Umur pemupukan
Jenis pupuk
Urea
ZA/ PHONSKA
TSP
KALIUM
15 HST
140 kg/ ha
35 / ha
70/ kg ha

28 HST
105 kg/ ha
105 / ha

105 kg / ha
42 HST- seterusnya
105 kg /ha
105 kg/ ha
30 kg/ ha
30 kg/ ha






Pemupukan perlu ditambahkan bokashi atau kompos
Cara pemupukan : dibuatkan tugal , jarak dengan batang  5 cm dan ditutup kembali setelah pupuk di masukkan, selanjutnya dilakukan pengairan.

Pemasangan tajuk dilakukan ketika  tanaman umur  15 hst , kemudian pasang tali ( gawar )untuk menghubungkan antar  tajuk sebagai media rambat tanaman kecipir.


Hama dan penyakit tanaman kecipir

 Hama yang menyerang antara lain : ulat daun , kutu putih , cabuk , uret, lalat daun. Cara pengendaliannya : semprot dengan insektisida berbahan aktif Imidakloprit, abamectin, klorfenapir,

Penyakit yang menyerang antara lain : karat daun , bercak daun , busuk akar , layu bakteri , layu fusarium.cara penanggulanganya gunakan fungisida berbahan aktif : bactocyn, mancozeb, iprodiun.klorotalonil.


 Pemanenan.

 Tanaman kecipir mulai dapat dipanen umur 50 hst , ciri fisik buah yang siap dipetik antara lain : warna buah hijau tua , ukuran buah sudah maksimal. Cara panen dengan di petik tangkainya lalu dikumpulkan di wadah utuk memudahkan pengangkutannya.


                     


Demikian tentang cara menanam / budidaya kecipir. Semoga bermanfaat.
artikel terkait : cara menanam / budidaya kecipir di pot /polibag

                                                                                                                                    

0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KECIPIR"