Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA SIRSAK



CARA MENANAM / BUDIDAYA SIRSAK , tanaman sirsak juga disebut sarikaya atau surikoyo  adalah tanaman yang menghasilkan buah , dagingnya berwarna putih dan berbuji , buah sirsak berasa manis dan masam , buah ini mengandung banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tanaman ini mudah tumbuh dan beradaptasi di segala tempat.



                  




Menanam / budidaya sirsak  sangat mudah , bisa dilakukan di kebun , sawah , bahkan di sekitar rumah yang tanahnya terbatas. Pada kesempatan ini akan saya sampaikan cara menanam / budidaya sirsak di kebun .


Persipan menanam / budidaya sirsak

Pembibitan

Bibit sirsak di dapat dengan bijinya ( generatif ),ada pula dengan stek, okulasi (vegetatif). Perbanyak dengan biji sudah jarang dipakai karena tanaman tidak genjah dan  terkadang melenceng dari induknya . biasanya banyak orang memakai cara kedua ( vegetatif) dengan cangkok, sampung pucuk ,tempel . karena memiliki keunggulan  cepat berbuah , identik dengan induknya .


                         




Persiapan lahan

Lahan di persiapkan dengan di gemburkan menggunakan cangkul , atau bajak bila kebunya luas . Kemudian membuat lubang dengan kedalaman  50 cm , diameter  30 cm jarak lubang  5 m x 5 m , setelah itu biarkan beberapa hari agar tanah kering.


 Penanaman sirsak

Masukkan  bokashi kedalam lubang setinggi 20 cm , kemudian taburkan insektisida  Furadan  sekitar 2 sendok makan / 20 gram lalu siram sampai basah merata lalu masukkan bibit sirsak kemudian timbun dengan tanah bercampur bokashi lalu injak agar rapat dan siram sampai merata selanjutnya  pasang tajuk dan tali agar batang tidak gerak.


 Perawatan tanaman

 Penyiraman dilakukan setiap hari untuk tanman yang masih baru, bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 2 hari sekali , atau bila di perlukan , melihat kondisi tanah.
Penyulaman tanaman dilakukan 2 minggu setelah tanam , tanaman yang mati atau kurang sehat diganti dengan yang baru .

 Pemupukan tanaman sirsak dilakukan mulai umur 3 minggu ,pupuk yang di gunakan Urea  + kompos / bokashi untuk pemupukan 1, 2, 3 sedangkan selanjutnya 6 bulan sekali menggunakan Za / Phonska  + kompos / bokashi.


Hama dan penyakit

Hama yang menyerang biasanya jenis ulat dan kutu ( kutu putih dan hitam / cabuk ) jenis kutu menyerang tanaman sirsak pada musim kemarau.  Cara pengendaliannya : semprot dengan insektisida berbahan aktif Imidakloprit dan sipermetrin , beta sifultrin.


 Panen tanaman sirsak

Tanaman sirsak  mulai berbuah umur 3 tahun dari bibit vegetatif , buah yang siap di petih di tandai dengan : warna kulit buah memudar, duri kulitnya melunak , daging lunak dan  berwarna putih bersih.



      




 Demikian cara menanam / bididaya sirsak semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA SIRSAK"