Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KENIKIR



CARA MENANAM / BUDIDAYA KENIKIR, Kenikir juga disebut  Ulam Raja adalah tanaman jenis tanaman tropis  dipercaya berasal Amerika Selatan kemudian menyebar keseluruh Asia , tanaman kenikir atau Ulam raja di manfaatkan batang dan daunya untuk dikonsumsi sebagai sayuran , ada juga manfaat lain sebagai obat .


          
                       


Cara menanam / budidaya kenikir

Persiapan penanaman kenikir

Lahan disiapkan , digemburkan dengan canghkul / bajak , kemudian sebar kompos / bokashi secara merata ,lalu buat bedengan agak rendah tinggi 15 cm ,lebar 80 cm ,jarak bedengan  40 cm

 Pengadaan Biji kenikir , biji kenikir diambil dari pohon kenikir yang sudah cukup berumur , kemudian kering kan dan simpan beberapa hari .Untuk penanamannya , campurkan bibit kenikir dengan pasir halus agar penanamannya dapat merata .

Lakukan pengairan pada bedengan sampai basah merata kemudian kurangi airnya sampai setengah tinggi bedengan ,selanjutnya tanaman biji kenikir yang bercampur dengan pasir disebarkan diatas bedengan secara merata .setelah semuanya selesai alirkan air ke pembuangan sampai tuntas.
baca juga:  cara menanam / budidaya kenikir di pot /polibag
                  




Perawatan tanaman

Penyulaman dan penjarangan  dilakuka setelah tanaman tumbuh sekitar 6 cm meter , dengan memindahkan tanaman yang padat ke yang longgar ini dilakukan bersamaan dengan pengairan agar tanaman dapat langsung hidup.

 Penyiraman dilakukan 1 minggu sekali  atau 1minggu 2 kali ketika bulan September –Oktober – Nopember, karena cuaca sangat terik.

Pembersihan gulma  dilakukan 2 minggu sekali atau bila gulma telah tumbuh dan menggangu tanaman pokok.

 Pemupukan tanaman dilakukan pada umur  15 hst untuk pertama kali , selanjutnya  2 minggu sekali , dan setelah pemupukan dilakukan pengairan . Pupuk yang di gunakan Urea dan Npk serta Tsp.


 Panen kenikir

Tanaman kenikir dapat di panen berkali –kali sampai 2 tahun lebih tergantung perawatannya , panen dilakukan dengan cara memetik daun dan batang kenikir kemudian diikat dan selanjutnya di pasarkan.

               



 Demikian  cara menanam / budidaya kenikir  . semoga bermanfaat.
Baca juga : cara menanam / budidaya kenikir di pot / polibag


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KENIKIR"