Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA SERAI / SEREI DI PEKARANGAN RUMAH



MENANAM / BUDIDAYA SEREI / SERAI DI PEKARANGAN RUMAH, Tanaman serei termasuk tanaman untuk bumbu dan juga bisa untuk obat pada sakit tertentu atau obat herbal. Menanam / budidaya serei tidak terbatas dilahan sawah saja , tapi juga dapat dilakukan di tempat sempit dan terbatas seperti samping rumah , pekarangan belakang dan lain –lain.



                       




 Pada kesempatan ini akan saya sampaikan cara menanam / budidaya serei / serai di pekarangan rumah.


Langkah yang di lakukan antara lain:
Persiapan media tanah :  mengemburkan tanah dengan di cangkul di bolak –balik agar mendapatkan kegemburan sesuai yangh diinginkan, selanjutnya kalau bisa , beri kompos / bokashi dan aduk secara merata .


Penanaman


                   



 Bibit serei di dapat dari anakan serei yang kecil dicabut dengan akarnya , lalu untuk penanamannya , siram secara merata tanah yang akan di tanami serei selanjutnya buat lubang untuk penanaman dan tancapkan 2 batang serei kelubang tanam kemudian rapatkan tanah dengan di tekan .


                       




Perawatan

 Penyulaman dilakukan bil ada tumbuhan bibit yang mati di ganti dengan yang baru, dan penjarangan dilakukan bila tanaman  tumbuh terlalu rapat.

Penyiraman

Penyiraman pada tanaman baru dilakukan tiap pagi dan sore dan bila telah tumbuh / hidup penyiraman dapat di kurangi yaitu 3 hari sekali atau melihat kondisi tanah .

 Pemupukan

 Pemupukan tananam serei dilakukan pada umur 10 hst  , 21 hst dengan menggunakan pupuk Za 15 gram / perbatang  dan bila sudah tumbuh dan beranak komposisi pupuk di tambah 2 kali.lebih baik di tambah pupuk organik.

Pembubunan dilakukan dengan menimbun kembali batang tanaman serei yang longsor / kelihatan akibat dari pengairan / penyiraman agar pertumbuhannya optimal. 

Sedangkan pembersihan gulma / rumput liar dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput telh tumbuh agar tanaman tidak terganggu.


 Pemanenan tanaman serei dilakukan ketika tanaman sudah berumur 3 – 4 bulan setelah tanam,cara panen dengan mencabut sampai akarnya dengan di cangkul bagaian tepinya .


                    




Demikian cara menanam /budidaya serei / serai di pekarangan . semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA SERAI / SEREI DI PEKARANGAN RUMAH"