Latest News

CARA PEMUPUKAN TANAMAN JAGUNG MANIS



CARA PEMUPUKAN TANAMAN JAGUNG MANIS , Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang cara dan dosis pemupukan jagung manis. Pada artikel sebelumnya telah saya sampaikan tentang cara menanam / budidaya  jagung manis akan tetapi cara / teknis pemupukannya kurang lengkap. Maka dari itu artikel ini membahas tentang pemupukan dan dosis yang di perlukan  pada tanaman jagung manis secara lebih detail.


            




 Menurut pengalaman saya ,ada 2 macam cara / teknis pemupukan pada tanaman jagung manis  yaitu pemupukan tanaman jagung manis pada tanam musim hujan dan kemarau. Apa bedannya ?   karena pada tanam musim penghujan umur jagung manis yang dipanen berkisar 68- 69 hst ,sedangkan untuk musim kemarau umur panen dapat mencapai 78 hst. Untuk itu umur disaat pemberian pupuk dan dosis pemupukan juga berbeda.



Pemupukan tanaman jagung manis pada tanam musim penghujan.

Untuk pemupukan tanaman jagung manis  pada tanam musim hujan dosis pemupukan dan jenis pupuknya agak berbeda yaitu terletak pada pemberian  pupuk ZA dan Urea  karena untuk menekan  serangan penyakit bulai .
Untuk pemupukannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini:


Umur pemupukan
Za
urea
phonska
tsp
kcl
Jumlah total
15 hst
210 kg/ ha
-
-
105 kg / ha
-
315 kg /ha
30 hst
280 kg / ha
-
175 kg/ha
-
-
455 kg / ha
45 hst
-
280 kg /ha
-
-
105 kg/ ha
385 kg/ ha
55 hst
-
240 kg / ha
-
-
-
240 kg/ ha



Untuk pemberian pupuk organik tidak di batasi , semakin banyak pupuk organik dapat mengurangi pemberian pupuk kimia terutama yang mengandung unsur  N  ( Nitrogen ).  

Untuk mencegah hama dari tanah tambahkan furadan pada pemupukan pertama dengan dosis 14 kg / ha dengan cara di campur merata bersama pupuk.
Cara pemupukan dengan di sebar di sekitar batang tanaman dengaan jarak 5 cm kemudian di tutup dengan tanah / ditimbun saat pembubunan.



               





Pemupukan tanaman jagung manis pada tanaman musim kemarau

Pemupukan jagung manis pada tanam musim kemarau ada sedikit perbedaan pada umur pemupukan terakhir karena umur panen tanaman jagung manis pada musim kemarau dapat mencapai 78 hst. Untuk itu pemupukan terakhir harus di sesuaikan. Untuk lebih jelasnya lihat pada tabel di bawah ini:



Umur pemupukan
Za
urea
phonska
tsp
kcl
Jumlah total
15 hst
210 kg/ ha
-
-
105 kg / ha
-
315 kg /ha
30 hst
280 kg / ha
-
175 kg/ha
-
-
455 kg / ha
45 hst
280 kg/ ha

-
-
105 kg/ ha
385 kg/ ha
60 hst
-
240 kg / ha
-
-
-
240 kg/ ha



Pemupukan tanaman jagung manis pada tanam musim kemarau , pemakaian pupuk  ZA  lebih banyak di banding dengan Urea karena dapat mengurangi resiko terhadap serangan penyakit bulai . untuk pemberian obat  hama dari tanah  ( furadan ) dapat diberikan 2 kali yaitu pada pemupukan pertama dan ketiga , caranya seperti diatas yaitu dicampur merata dengan pupuk.

Cara  Pemberian pupuk lebih baik di tugal lalu di tutup dengan tanah  agar pupuk tidak menguap .selanjutnya dilakukan pengairan secara merata .

 Demikian cara pemupukan tanaman jagung manis yang sering saya lakukan . semoga artikel ini  bermanfaat.
Baca juga :
cara membuat bibit jagung manis sendiri.




0 Response to "CARA PEMUPUKAN TANAMAN JAGUNG MANIS"