Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KEDONDONG DI POT/ POLYBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA KEDONDONG DI POT / POLYBAG, Kedondong adalah tanaman buah yang dikenal juga dengan nama Ambarella. Tanaman ini masuk kedalam suku mangga – mangga an.buah kedondong di manfaatkan untuk hidangan buah atau asinan dan juga di buat selai.daun kedondong juga dapat di buat penyedap masakan pepes.



        



Menanam kedondong sangat mudah , karena kedondong dapat tumbuh di segala tempat ketinggian, media tanah mulai  yang lempung sampai berpasir,asalkan mempunyai unsur  hara yang cukup untuk pertumbuhan .curah hujan sedang , sinar matahari 80 %, suhu udara untuk pertumbuhan 20 – 32 derajat C. Berikut ini saya smpaikan cara menanam kedondong di pot / polybag.


Cara menanam / budidaya kedondong di pot / polybag

Yang perlu disiapkan untuk melakukan penanaman / budidaya kedondong di pot / polybag  anta lain:

Media tanam yaitu tanah dan wadah nya polibag / pot

Siapkan tanah , bokashi dan aduk secara merata dengan perbandingan 1: 1 , kemudian tambahkan Furadan 3 g ( Insektisida untuk mencegah hama dari tanah) campurkan secara merata.

Kemudian mempersiapkan polibag / pot  yang besar diameter kira – kira  50 cm dan tinggi 50 cm .

Bibit kedondong disiapkan yang berasal dari perbanyak secara vegetatif ( stek , cangkok, sambung pucuk ) karena lebih cepat berbuah dan identik dengan induknya . bibit harus sehat dan bukan dari tanaman yang bekas terserang penyakit.



                     




Menanam kedondong di pot / polibag.

Masukan tanah yang bercampur bokashi kedalam pot / polybag setinggi 25 cm kemudian siram sampai basah merata , lalu masukkan bibit kedondong dan atur akarnya  menyebar rata  dan selanjutnya timbun dengan tanah dan lakukan pengairan secara merata , kemudian pasang tajuk dan ikat dengan tali agar tanaman tidak bergerak.


Perawatan tanaman kedondong

Penyiraman tanaman yang masih baru dilakukan pagi dan sore hari , bila telah hidup bisa dilakukan 2 hari sekali dan bila sudah mulai besar dapat dilakukan 4 –  6 hari sekali melihat kondisi tanah .

Penyulaman dilakukan dengan menganti tanaman yang mati atau kurang sehat dengan tanaman yang baru dan sehat.

Pembersihan gulma dilakukan bila rumput penggangu telah tumbuh , pekerjaan ini dilakukan 2 minggu sekali.

Pemupukan tanaman kedondong dilakukan pertama kali pada umur 2 minggu , untuk pertumbuhan gunakan pupuk yang mempunyai kandungan Nitrogen tinggi seperti  Urea / NPK , juga bisa pupuk cair , dosisi awal pemupukan yaitu 20 gram / 1 sendok makan , sebar di sekitar batang tanaman kemudian lakukan pengairan sampai pupuk larut . kemudian pemupukan selanjutnya dilakukan pada umur  1 bulan , 2 bulan 4 bulan , 8 bulan dan seterusnya dan perlu ditambahkan bokashi setiap kali pemupukan, untuk dosis pemupukan ditambahkan sesuai dengan umur tanaman . dan setiap setelah pemupukan harus dilakukan pengairan / penyiraman sampai pupuk larut kedalam tanah.


Pemanenan kedondong






Panen tanaman kedondong bisa dilakukan setelah tanaman umur 1- 1,5 tahun setelah penanaman , buah yang siap di petik bila sudah tua di pohon cirinya antara lain : warna kulit buah sudah hijau tua , dan sudah beraroma harum. Cara panen dengan di petik tangkainya dan dikumpulkan dalam keranjang .


Demikian cara menanam / budidaya kedondong di pot / polybag. Semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KEDONDONG DI POT/ POLYBAG"