Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA TEH HIJAU DI POT / POLYBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA TEH HIJAU DI POT / POLYBAG, Tanaman teh yang mempunyai nama ilmiah Camellia sinensis ,berasal dari daratan Asia bagaian selatan dan tenggara namun saat ini telah di budidayakan hampir seluruh dunia karena tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah tropis maupun sub tropis, tanaman teh di manfaatkan daunnya untuk membuat teh sebagai hidangan minuman dan juga sebagai obat herbal, teh hijau mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan . karena tanaman mempunyai banyak manfaat  dan mudah tumbuh ,  kita bisa menanam tanaman teh hijau di rumah kita di pekarangan  atau di pot / polybag. Berikut ini cara menanam / budidaya teh hijau di pot / polybag.



            




Cara menanam / budidaya teh hijau di pot / polybag.

Untuk melakukan budidaya tanaman teh hijau di polybag / pot , yang perlu disiapkan antara lain :

1.     Media tanah dan pot/ polybag .

Tanah yang di perlukan adalah tanah lempung atau lempung berpasir kemudian tambahkan bokashi dengan perbandingan 1: 1 aduk merata , lalu tambahkan Furadan sekitar 25 gram / pot atau polybag , ini berfungsi untuk mengendalikan hama dari tanah. Kemudian pot / polybag yang di perlukan pilih ukuran diameter 25 cm 


2.     Bibit tanaman teh

Bibit tanaman teh bisa di dapat dari biji tanaman teh maupun dari stek batang , untuk bibit teh dari biji harus dilakukan persemaian lebih dahulu .kalau  saya menanam dari batang tanaman teh hijau di pilih yang lurus dan sehat  kemudian di potong dan dibiarkan selama 1 hari di wadah yang berisi air .


3.     Air , sedikit obat anti hama ( furadan )


Cara menanam teh hijau

  Tanah yang bercampur bokashi di masukkan kedalam pot / polybag sampai agak penuh , kemudan lakukan pengocoran / penyiraman sampai basah merata ,selanjutnya tanam bibit teh dari batabg teh sedalam 7 – 10 cm kemudian rapatkan denga ditekan bagaian pangkal batang .



                          




Perawatan tanaman teh hijau

Penyiraman dilakukan tiap hari untuk tanaman yang masih baru , kemudian setelah tumbuh bisa dilakukan 2 – 3 hari sekali .

Pembersihan gulma /rumput penggangu dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput telah tumbuh agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

Pemberian pupuk dilakukan rutin 1 minggu sekali pupuk yang di gunakan sebaiknya pupuk organik ( kompos , bokashi,) dan lakukan penyiraman setelah pemupukan , agar cepat meresap kedalam tanah.



                      





Panen tanaman teh hijau di polybag/ pot.

Panen daun teh.........ehm...... itu  kata yang cocok  di gunakan pada  perkebunan skala besar dan luas , sedangkan pada budidaya dalam pot / polybag cukup dengan menggunakan kata “  petik daun teh...”.

Daun teh dapat di petik dan di manfaatkan bila daunya  sudah subur dan rimbun , kira –k ira 6 – 7 bulan setelah tanamam , cara panen dengan di petik pada ujung atau daun yang muda.


 Demikian tentang cara menanam / budidaya teh hijau di pot / polybag. Semoga bermanfaat .


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA TEH HIJAU DI POT / POLYBAG"