Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BAYAM DI POT/ POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA BAYAM DI POT / POLIBAG, Menanam / budidaya bayam sangat mudah dapat dilakukan dtempat –tempat sempit dan terbatas , untuk para pecinta tanaman atau yang mempunyai hobi menanam dapat melakukan budidaya sayuran terutama bayam di rumah dengan menggunakan media pot / polibag. Dengan menanam sayuran di rumah ,kebutuhan sayur harian akan tercukupi dan tentunya sehat karena sayur organik.








Berikut ini apa saja yang di persiapkan sebelum menanam / budidaya bayam di rumah.


1.     Polibag / pot

Pilih pot / polibag yang berukuran sedang kira- kira diameter 25 cm


2.     Tanah dan bokashi

Tanah dan bokashi  dicampur dengan perbandingan 1: 1 di campur merata kemudian tambahkan furadan 3g  2 sendok makan  untuk menjaga serangan hama gayas , uret ,orong-orong  dari tanah.

3.     Air bersih dan sekop kecil.


4.     Dan jangan lupa bibit bayam

Bibit bayam dapat di beli di toko pertanian atau membuat sendiri dengan mencari bayam sayur / bayam raja di pinggir sawah atau ladang dan pilih  yang sudah tua dan mengeluarkan bunga yang putih , lalu diambil dan di gosok – gosok dengan tangan akan pecah kulitnya dan terlihat bijinya yang berwarna hitam.



               



Cara menanam / budidaya bayam di pot /polibag

 Masukkan tanah yang bercampur bokashi kedalam polibag / pot kemudian siram dengan air sampai merata , selanjutnya siapkan bibit bayam dan sebarkan  ketanah di pot/ polibag , setelah itu siram dengan air pelan –pelan agar biji bayam tidak loncat keluar.


Perawatan tanaman bayam

Penyiraman dilakukan tiap hari untuk tanaman yang masih tahap semai, kemudian bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 2 hari sekali dan , 5 hari sekali bila telah tumbuh besar.





           


Penjarangan dan penyulaman , bila biji telah tumbuh di polibag maka perlu dilakukan pemindahan bibit bayam ke pot / polibag yang lain dengan cara di ambil bersama dengan tanah yang ada diakar akar tidak stres , ini dilakukan ketika tanaman umur 1 minggu – 10 hari. Media tanah yang ada di polibag / pot yang akan di tempati harus basah merata agar akar bayam dapat cepat beradaptasi .

Pembersihan gulma / rumput dilakukan bila ada rumput penggangu yang tumbuh , pekerjaan ini dilakukan 1 minggu sekali .

Pemupukan bayam dilakukan  2 kali yaitu umur 1 minggu dan 17 hari , gunakan pupuk organik atau juga bisa pupuk cair organik, dan dilakukan penyiraman setelah pemupukan.


Panen tanaman bayam

 Tanaman bayam dapat di panen mulai umur 25 hari keatas , cara panen dengan dicabut bersamaan dengan akarnya atau di potong batangnya .bila dilakukan pemotongan batangnya nanti bisa tumbuh kembali dan bisa di petik daunnya secara berulang –ulang.



Demikian tentang cara menanam / budidaya bayam di pot/ polibag . semoga bermanfaat.




0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BAYAM DI POT/ POLIBAG"