Latest News

HAMA GRANDONG / LALAT PENGGOROK DAUN PADA BAWANG MERAH.


  



HAMA GRANDONG / LALAT PENGGOROK DAUN  PADA TANAMAN BAWANG MERAH, Hama ini dikenal dengan nama grandong  seperti dalam serial tv Mak lampir , karena sangat ganas maka petani menamai hama ini dengan sebutan grandong. Hama ini sejenis lalat yang meletakkan telur di daun pada setiap tanaman. Hama ini  juga disebut leaf miner ,telur yang diletakkan didaun  menetas dan menjadi larva  lalu memakan jaringan daun bagaian dalam  dan membuat terowongan, daun tanaman tampak bergaris – garis putih .





 Gejala pertama yang terlihat pada daun adalah adanya titik-titik kecil putih pada daun bawang merah selang 3 hari, bintik putih akan menjadi garis dan melebar kemudian akan memenuhi daun bawang merah dan akhirnya daun rebah lalu kering dan mati. Selain menyerang tanaman bawang merah hama grandong / lalat penggorok daun / leaf miner  juga menyerang segala tanaman hortikultura seperti : tanaman gambas ,sawi /pockcay , melon, mentimun dll.


                    




Cara mengatasi / penanggulangannya antara lain :

1.     Untuk menanggulangi / membasmi lalatnya

·        Membasmi lalat dengan cara jebakan

Untuk lalatnya perlu dipasang jebakan yaitu dengan botol bekas lalu diolesi dengan lem dan di pasang di samping tanaman atau dengan memasang lampu penerangan di sawah dan bagaian bawah lampu diberi nampan/ ember atau timba yang diisi dengan air dan oli yang nantinya lalat yang terbang disekitar lampu akan jatuh dan masuk kedalam ember / timba.






·        Cara membasmi lalat dengan pestisida

        Untuk membasmi lalat dengan pestisida gunakan insektisida berbahan aktif  Imidakloprit dosisinya 2 sendok makan / 25 gram per 17 liter air.juga bisa dengan Abamectin , dosisinya ½ sendok teh per 17 liter air.


                





2.     Untuk membasmi larvanya

·        Membasmi larvanya dengan insektisida

Gunakan insektisida berbahan aktif Abamectin  ( demolish , Agrimec ) dosisinya : ½ sendok teh tiap 17 liter air ( tangki sprayer)


·        Membasami larva dengan deterjen

Untuk membasmi larva leaf miner/ grandong  tanaman hortikultura pada tanam di pot /polibag di rumah bisa gunakan  mouthwash (obat kumur ) Listerin 1 sendok di campur dengan deterjen, kemudian dicampur dengan air sampai merata dan disemprot kan dengan alat semprot kecil . karena tanaman dalam jumlah  sedikit , dengan menggunakan deterjen dan listerin sudah dapat menanggulangi.



                      



Demikian tentang  hama grandong / lalat penggorok / life miner dan cara penanggulanganya .semoga bermanfaat .




2 Responses to "HAMA GRANDONG / LALAT PENGGOROK DAUN PADA BAWANG MERAH."