Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KEMANGI DI POT / POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA KEMANGI DI POT / POLIBAG , Kemangi adalah tumbuhan perdu yang mudah hidup di dataran rendah dan tinggi,tumbuhan ini mempunyai bau yang khas ,kuat seperti mint ,daunnya di manfaatkan untuk campuran lalapan bersama dengan timun dan kubis pada hidangan ayam dan bebek goreng ,dan juga nasi pecel. Tumbuhan kemangi juga digunakan untuk bahan obat hebal yang mempunyai bermacam –macam khasiat untuk kesehatan tubuh.



            

Tumbuhan kemangi bermanfaat untuk lalapan dan obat herbal ,karena mempunyai banyak guna dan manfaat ,kita perlu untuk membudidayakan tanaman ini ,untuk menanam dapat dilakukan di tanah pekarangan atau pot dan polibag yang ditempatkan di rak kayu disamping rumah.
 Berikut ini cara menanam / budidaya kemangi dipot / polibag .

Bahan –bahan yang perlu disiapkan untuk  membudidayakan kemangi di pot / polibag  antara lain :


Pot/ polibag
Gunakan pot / polibag ukuran sedang ,kira –kira diameter 30 cm .



Bokashi dan tanah dicampur menjadi satu dengan perbandingan 1:1 ,kemudian tambahkan insektisida furadan 3g 2 sendok makan tiap polibag . ini untuk mengendalikan hama  dari tanah .kemudian masukkan campuran tanah dan bokashi kedalam polibag.

Bibit kemangi



                 




 Bibit kemangi dapat di beli ditoko pertanian atau pusat pembibitan tanaman , juga bisa membuat sendiri , cari tanaman kemangi yang sudah tua ambil bunga yang sudah tua kemudian gosok dengan tangan maka  bibitnya akan tampak hitam kecil , lalu kumpulkan.                
Air , sekop kecil ,slang dan sprayer yang lembut.


Cara menanam / budidaya  kemangi di pot / polibag.

Siram tanah di polibag / pot sampai basah merata ,kemudain taburkan biji kemangi ke pot / polibag ,selanjutnya tutup dengan tanah yang lembut .


             




Perawatan tanaman kemangi

Penyiraman dilakukan tiap hari untuk tanaman yang baru dengan menggunakan air yang tidak deras , bila telah tumbuh penyiraman bisa dikurangi menjadi 2 hari sekali.

Penyulaman dan penjarangan dilakukan bila ada tanaman yang terlalu padat atau sebaliknya ,agar pertumbuhannya merata .

Pembersihan gulma / rumput dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput telah tumbuh.
Pemupukan dilakukan 2- 3 minggu sekali , gunakan pupuk kompos / bokashi ,sebarkan merata pada polibag kemudian siram sampai larut. Bisa juga gunakan pupuk organik cair (POC).


Pemanenan kemangi.

Tanaman kemangi mulai dapat dipetik umur 55 hari tergantung kesuburan tanah tempat tumbuh , tanah yang subur akan mempengarui pertumbuhan daun tanaman cepat vigor dan cepat bercabang sehingga cepat rimbun dan mempercepat usia panen tanaman .


            


Demikian cara menanam / budidaya kemangi di pot / polibag .semoga bermanfaat.



0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KEMANGI DI POT / POLIBAG"