Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA KITOLOD DI POT /POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA  KITOLOD DI POT/ POLIBAG , Tumbuhan Kitolod atau kembang jangar / bunga bintang lima ada juga yang menyebutnya bunga korejat , tanaman ini mempunyai khasiat menyembuhkan sakit mata mulai dari katarak , mata minus ,plus ,rabun dekat ,rabun jauh dan lain sebagaianya .



           




Untuk mendapatkan  bungai kitolod / bunga bintang lima atau korejat gampang gampang susah ,kadang mendapatkan ditepi got /tepi jalan dipinggir pematang sawah ,terkadang juga mencari kemana –mana tidak ketemu. Agar mudah mendapatkan bunga sebaiknya menanam / membudidayakan sendiri di pot atau polibag dan ditempatkan di pekarangan rumah.


Menanam / membudidayakan bunga kitolod /bunga bintang lima sangat mudah  ,berikut ini hal-hal yang dibutuhkan untuk membudidayakan bunga kitolod / korejat antara lain:

1.     Pot /polibag
Pilihlah pot /polibag yang berukuran sedang sekitar diameter 25 cm ,atau juga kantng plastik bekas / timba bekas.


            



Bokashi atau kompos dicampur dengan tanah ,perbandingan 1:1 dan tambahakan insektisida furadan  kemudioan diaduk sampai merata .


3.     Bibit kitolod / bunga bintang lima / korejat
Benih kitolod diambil dari buah kitolod yang sudah tua dan mengering, lalu diambil di gosok agar terpisah dari bungkusnya dan dijemur sampai kering .



         



4.     Air , selang ,sekop kecil dan shower .


Cara menanam / budidaya kitolod / korejat / bunga bintang lima di pot / polibag.

Lakukan penyiraman pada  pot / polibag  yang berisi bokashi bercampur tanah sampai basah merata ,selanjutnya tebarkan biji kitolod / jangar / korejat secara merata dipot / polibag ,lalu tutup dengan tanah lembut /halus  dan tipis.

Perawatan tanaman kitolod / bunga bintang / korejat.

Penyiraman dilakukan 1 hari sekali atau  bila tanah terlihat agak kering dengan air yang tidak deras agar biji nya tidak loncat.

Penjarangan dilakukan bila tanaman terlalu rapat dengan dipindahkan ke pot /polibag yang lain agar didapatkan jarak yang ideal dan dapat berkembang secara maksimal.

Pembersihan rumput pengganggu dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput liar telah tumbuh.

Pemupukan tanaman ini gunakan pupuk kompos atau bokashi dengan disebar di sekitar tanaman dan selanjutnya dilakukan penyiraman.


Demikian  cara menanam / budidaya bunga kitolod / kembang jangar / korejat /bunga bintang lima di pot /polibag .  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


5 Responses to "CARA MENANAM / BUDIDAYA KITOLOD DI POT /POLIBAG"

  1. Assalamualaikum mz Zaki saya butuh bunga kitolod ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah mencarinya , di pinggir aliran air, sawah atau disemak-semak sekitar rumah biasanya ada.

      Delete
  2. bisa nyembuhin atau mengurangi mata minus apa ngak ? please jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah bisa ,sudah banyak yang membuktikan

      Delete