Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGKUL , BUNGA KOL DI POT / POLIBAG



CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGKUL , BUNGA KOL DI POT / POLIBAG, Bungkol atau bunga kol  adalah tanaman sayuran yang banyak mengandung vitamin juga kalsium dan ,fosfor,sedikit lemak jenuh dan sedikit kolesterol.

      


Budidaya/ menanam  bunga kol dapat dilakukan di lahan /sawah  yang luas maupun di tempat terbatas dengan memakai media pot atau polibag. Untuk ibu rumah tangga yang mempunyai waktu senggan dan hobi berkebun biasanya melakukan kegiatannya dengan menanam sayuran di pot atau polibag dan disusun ditempatkan di halaman belakang atau samping rumah.

Untuk menanam / budidaya bunga kol di pot atau polibag berikut ini bahan yang perlu di persiapkan:

Pot / polibag

Pilih pot atau polibag ukuran sedang yang mempunyai diameter minimal 18 cm dan tinggi 25 cm.


Bokshi atau kompos dipilih karena mengandung unsur hara yang lebih komplit yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman.campur bokashi atau kompos dengan perbandingan 2: 1, 2 untuk bokashi dan satu untuk tanah.

Benih bunga kol / bungkul

Pilih benih bunga kol hibrida terdapat di toko – toko pertanian atau bisa didapatkan di pembibitan pertanian.
Air ,Furadan 3 g ,sekop kecil ,selang dan gembor / sprayer juga bisa shower.


 Cara menanam / budidaya bunga kol / bungkol di pot atau polibag.

 Masukkan tanah yang bercampur dengan bokashi  kedalam polibag kemudian taburkan Furadan 3g  sebanyak 1 sendok makan secara merata, selanjutnya siram dengan air bersih  merata, selanjutnya sebar benih bunga kol / bungkol ke polibag dan selanjutnya tutup dengan tanah tipis atau bisa dengan jerami agar bial disiram benih tidak keluar .

Perawatan tanaman

 Penyiraman  dilakukan 2 hari sekali pada tanaman yang masih baru dengan pancaran air yang tidak  deras agar benih tidak loncat. Dan bila sudah hidup penyiraman dilakukan 5- 6 harisekali dan setelah pemupukan dan juga tergantung kondisi tanah.

Penjarangan / pemindahan bibit

Bibit yang sudah tumbuh bisa dipindah ke pot/ polibag yang lain bila tumbuh terlalu rapat , cara memindahkan dengan menyirami sampai merata dahulu kemudian benih yang sudah tumbuh 3 cm di cabut dan dipindah kepot yang lain yang sudah disiram merata.



                          




Pembubunan dan pembersihan gulma

 Pembubunan dilakukan bila akar tanaman kelihatan akibat penyiraman dan ditutup dengan tanah tipis agar pertumbuhan tidak terganggu.Sedangkan pembersihgan gulama dilakukan 2 mingu sekali atau bila rumpuit telah tumbuh menggangu pertumbuhan tanaman.

Pemupukan tanaman

Pemupukan tanaman dilakukan 2 sampai 3 kali yaitu pada umur 10 hari , 25 hari dan 40 hari, gunakan pertumbuhan untuk pertama dan kedua yang mengandung unsur Nitrogen  ( Urea ,za atau Phonska ) dan tambahkan sedikit Phosphat ( Tsp ,sp 36 ) takaranya 1 sendok makan tiap tanaman dan tambahkan bila sudah tumbuh besar  . Juga bisa gunakan pupuk organik cair ,dan lakukan penyiraman setelah pemupukan.



                  




Penangulangan hama dan penyakit

Gunakan pestisida hayati untuk mengendalikan hama dan penyakit karena lebih sehat untuk di konsumsi bebas dari residu obat-abat kimiawi.


Panen bunga kol

Bunga kok mulai dapat dipanen pada umur 55 hari ,tergantung varietas dan perawatan tanaman .ciri bunga kol yang sudah bisa di petik antara lain : bunga sudah mekar maksimal , bunga masih mengumpul tidak pecah .



                           




Demikain  cara menanam / budidaya bunga kol atau bungkul di pot / polibag . semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGKUL , BUNGA KOL DI POT / POLIBAG"