Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA TANAMAN KOPI



CARA MENANAM / BUDIDAYA TANAMAN KOPI,Tanaman kopi di Indonesia ada 2 jenis yaitu kopi Robusta dan Arabika ,Kopi Robusta masuk Indonesia mulai tahun 1900 sedangkan kopim Arabika masuk sekitar abad 17, Kopi Robusta mempunyai ketahanan terhadap penyakit , syarat tumbuh dan pemeliharaan yang ringan serta hasil produksi yang tinggi ,maka jenis kopi ini cepat berkembang dan mengganti jenis kopi yang lain.






Tanaman kopi

tumbuh di ketinggian mulai 500 meter dpl tetapi idealnya mulai 700 m dpl,memerlukan curah hujan antara 1500-2500 mm/ tahun,drainase yang baik, tanah yang diperlukan tanah lempung ,lempung berpasir , tanah humus ,tanah vulkanik yang banyak mengandung unsur hara. Tanaman kopi memerlukan penyinaran yang cukup.


Cara menanam / budidaya tanaman kopi

Persiapan lahan

Lahan dibersihkan dari rumput dan alang- alang ,dengan disabit atau dicangkul ,rumput dibabat dan dikumpulkan selanjutnya dibakar. Atau dengan menggunakan herbisida purna tumbuh yang berbahan aktif Isopropilamina glifosat ( Roundup ,Glisat, Konup) herbisida ini bekerja secara sistemik yang membunuh rumput sampai akarnya. Dosis pengunaanya 200 ml / sprayer ( 17-18 liter air)  disemprotkan sacara merata pada lahan/ kebun.

Selanjutnya tunggu beberapa hari sampai rumput kering ( 10 hari ), kemudian buat lubang tanam  sedalam 50 cm dan jarak  3 x 4 meter, biarkan beberapa hari agar tanah terkena sinar matahari.


Bibit tanaman kopi

Tanaman kopi dapat diperbanyak dengan cara generatif dengan biji dan vegetatif  dengan bagaian tanaman seperti setek ,penyambungan, bibit dari car vegetatif mempunyai banyak keunggulan antara lain: mirip dengan induk nya, menghasilkan mutu yang seragam, relatif cepat berbuah.



                          




Penanaman kopi

Masukkan bokashi bercampur dengan tanah kira –kira 25 cm ,selanjutnya siram sampai basah merata dan tambahkan Insektisida Furadan  3 -4 sendok makan terlebih dahulu ,selanjutnya masukkan bibit kopi kedalam lubang dan jangan lupa lepas plastik polibag tetapi jangan sampai tanah pada akar terlepas.lalu timbun dengan tanah dan rapatkan dengan cara diinjak, lalu pasang tajuk dan ikat pada  batang,lalu siram kembali sampai basah merata.


Perawatan tanaman kopi

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati atau kurang sehat diganti dengan tanaman yang baru .

Penyiraman dilakukan tiap hari untuk tanaman baru , bila musim hujan tidak perlu dilakukan,penyiraman selanjutnya 5 hari sekali bila tanaman telah hidup dan tumbuh.Untuk tanaman yang sudah besar dan berkembang penyiraman dilakukan bila diperlukan saja seperti selah pemupukan atau bila tanah terlihat kering.


Pemupukan tanaman kopi

Pemupukan tanaman kopi lihat pada tabel dibawah ini:
 
Umur pemupukan
jenis pupuk

Urea
Za/ Phonska
Tsp
Kcl
umur 1,5 bulan
20 gr

10gr

umur 4 bulan
35 gr


15
umur 8 bulan
20 gr
30gram
15

umur 1 th keatas

80gr
10gr
10gr
  
pemupukan tanaman kopi setelah umur 1,5 tahun komposisi pupuk ditambah sesuai denganbesar kecilnya tanaman kebutuhan tanam, pemupukan dilakuakn saat awal dan akhir musim hujan ,lebih baik tambahkan kompos / bokashi tiap pemupukan.

Cara pemupukan : dibuatkan parit disekeliling tanaman jarak dengan batang sekitar 20 cm bila tanaman masih kecil dan 40 cm bila sudah umur diatas 1 tahun, kemudian ditutup setelah pemupukan dan dilakukan penyiraman.


Pemangkasan tanaman kopi

Pemangkasan pada tanaman kopi yaitu membentuk tanaman ,pemangkasan produksi dan pemangkasan peremajan

Pemangkasan membentuk tanaman yaitu membentuk kerangka tanaman yang kuat dan seimbang agar tidak mudah roboh bila buahnya lebat dengan mengurangi ranting tidak perlu atau terlalu menjulang, pemangkasan produksi adalah memangkas cabang yang kurang produktif seperti cabang tua atau yang terserang penyakit. Pemangkasan peremajaan yaitu: memetong dengan tujuan untuk mendapatkan batang yang baru yang segar dan muda, bila dilihat pohon masih baik tetapi produksi menurun.


Penaungan tanaman

Tanaman kopi butuh naungan agar terik matahari tidak langsung ke tanaman . Naugan yang baik antara lain lamtoro,sengon ,dadap.Tanaman naungan bisa ditaman bersamaan dengan waktu menanam kopi atau sebelumnya.


Pemanenan tanaman kopi

Tanaman kopi sudah dapat dipanen mulai umur 3 tahun .Buah kopi bisa mulai dipetik setelah  8-10 bulan dari kuncup bunga,buah kopi yang siap dipetik ditandai dengan warna buah yang berubah dari hijau menjadi kuning atau merahdan yang masak penuh berwarna hitam. Untuk mendapatkan biji kopi kualitas  baik .buah yang dipetik sebaiknya yang telah masak penuh.






Demikian  cara menanam / budidaya tanaman kopi .semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA TANAMAN KOPI"