Latest News

CARA MEMBUAT / MEMILIH BIBIT BENGKUANG



CARA MEMBUAT/ MEMILIH  BIBIT BENGKUANG, menanam atau budidaya bengkuang  terkadang kita terkendala dengan stok bibit bengkuang yang terbatas Untuk memperoleh bibit bengkuang  kita mendapat kesulitan karena stok terbatas atau harus pesan dahulu . disisi lain harus cepat menanam karena perencanaan panen yang tepat misalnya pada panen bengkuang harus saat lebaran atau setelah lebaran atau bulan tertentu yang memungkinkan harga buah bengkuang mahal.


 




Didaerah saya Bengkuang yang genjah saat ini jenis bengkuang jenis / varietas malaysia yang mempunyai umur pendek yaitu 3 bulan sudah bisa dipanen, dan mempunyai buah yang besar. Bengkuang varietas lama panen dilakukan setelah umur 4 bulan ,ada selisih waktu panen 1 bulan selain itu ukuran buah tidak  sebesar varietas malaysia,

Untuk mengatasi kendala diatas maka kita bisa membuat / memilih  bibit bengkuang sendiri. Ada 2 cara untuk memperoleh bibit bengkuang .


1.     Membuat bibit bengkuang dengan cara membuat persemain /menanam bengkuang  khusus  untuk keperluan bibit.


    



Melakukan seleksi  buah bengkuang yang berkualitas bagus dan genjah ,lalu buah disimpan selama 1 minggu  agar getahnya hilang dan agak kering ,kemudian setelah agak tiris bisa ditanam pada lahan pembibitan .

Tanaman bengkuang  dari buah yang baik akan langsung vigor atau gemuk ,mempunyai batang yang besar ,daun  lebar tanaman bengkuang untuk bibit  dibiarkan tumbuh menjalar dan tidak dipotong / dipangkas .dan tidak perlu dipupuk , bunga bengkuang dibiarkan berkembang setelah mengeluarkan biji dan menjadi tua  ditandai dengan biji bengkuang sudah padat ,kulit kering dipohon ( kering-nya alamiah bukan kering terserang penyakit ) dan ukuran benih /buah  normal. Maka benih / biji bengkuang dapat dipetik ,dalam pemetikan biji bengkuang kulit nya harus yang benar –benar kering yang masih ada warna hijaunya di biarkan dahulu ditunggu sampai kering kemudian  biji bengkuang bisa disimpan dalam keadaan masih terbungkus kulit dan tahan sampai 1 tahun. Dan dikupas kulitnya bila akan ditanam.


2.     Bibit bengkuang dari sisa bunga  yang tidak  ikut terpangkas.



                           



 Pemangkasan sulur / golor tanaman bengkuang dilakukan beberapa kali karena tiap minggu akan muncul sulur atau golor dan bunga baru , pada saat tanaman bengkuang sudah berumur biasanya ada bunga yang tidak terpangkas ,kemudian menjadi biji bengkuang . Pada saat panen, biji- biji bengkuang dikumpulkan kemudian dijemur beberapa hari dan dapat dijadikan bibit bengkuang ,

Kekurangan bibit ini adalah bibit tidak semua masak / tua di pohon ,pada waktu panen bengkuang ada yang masih muda , maka perlu dilakukan seleksi agar didapat bibit bengkuang yang seragam berkualitas baik. Bibit bengkuang yang kurang cukup umur atau kurang tua akan menjadi tanaman bengkuang yang mudah layu ,tidak tahan terhadap serangan hama dan penyakit ,kerdil  serta tidak dapat menghasilkan buah yang besar dan berkualitas.


Demikian  cara membuat atau memilih / menseleksi  bibit bengkuang yang baik .  semoga bermanfaat.


1 Response to "CARA MEMBUAT / MEMILIH BIBIT BENGKUANG "

  1. ooh jadi dibiarkan tua ya.. baik terima kasih

    ReplyDelete