Latest News

CARA MENANAM / BUDIDAYA BELIMBING DI POT



CARA MENANAM / BUDIDAYA BELIMBING DI POT , Belimbing adalah tanaman yang berbuah sepanjang tahun dan tak mengenal musim . Buah belimbing akan lebat dan besar tergantung perawatannya. Menanam / budidaya belimbing bisa dilakukan di pekarangan rumah ataupun di pot yang besar atau wadah    drum bekas  karena pohon belimbing mempunyai akar yang banyak dan pohon yang besar maka perlu tempat / media yang besar pula .



             




  Berikut ini saya sampaikan cara menanam belimbing di pot.

Untuk   menanam / budidaya belimbing  di pot / drum bekas   perlu disiapkan bahan yang dibutuhkan ,antara lain :

1.     Pot yang besar / drum bekas
Pilih pot atau drum bekas yang besar yang mempunyai diameter minimal 50 cm dan tinggi 50 cm, mengapa demikian ,karena tanaman belimbing adalah tanaman buah tahunan yang mempunyai perakaran yang kuat dan banyak , dapat berkembang besar maka memerlukan media tanam yang cukup luas ,maka pot yang besar  / drum bekas cocok untuk tempat menanam.

Bokashi atau kompos diperlukan untuk media tanam karena mengandung unsur hara yang lebih lengkap  untuk pertumbuhan tanaman. Bokashi sudah tidak mengandung gas amoniak yang menyebabkan tanaman layu dan mati .

3.     Bibit belimbing
Bibit belimbing  pilih yang baik sehat tentunya genjah bersertifikat dan terjamin kualitasnya , bibit ini dapat diperoleh di pusat pembibitan,atau juga bisa dengan cangkok atau setek sendiri . tinggi bibit belimbing kira-kira 1 meter.

4.     Bahan yang diperlukan lainnya :Air ,selang ,cangkul, furadan 3g.


Cara menanam / budidaya belimbing  di pot / drum bekas

Bokashi / kompos di campur dengan tanah perbandingan 1:1 ,kemudian tambahkan  Furadan 3g  400 gram atau tergantung jumlah tanah dan bokashinya selanjutnya aduk dengan cangkul sampai bercampur merata .

Siapkan pot yang besar atau drum bekas pada bagaian bawahnya di beri lubang untuk drainase. Selanjutnya masukkan bokashi bercampur dengan tanah kira –kira 20 cm kemudian siram sampai merata ,lalu masukkan bibit belimbing  dan jangan lupa lepas plastik polibagnya agar pertumbuhan tidak terganggu, kemudian timbun dengan bokashi campur tanah sampai 40 cm .

Selanjutnya siram merata padatkan dengan ditekan dan pasang tajuk di ikat dengan  tali agar tanaman tidak bergoyang. Letakkan tanaman ditempat yang teduh selama 2 minggu ,kemudian setelah tumbuh tunas  baru dipindah ke tempat terbuka


Perawatan tanaman

Penyiraman dilakukan tiap hari pagi dan sore agar tanaman tetap segar dan tercukupi kebutuhan airnya.penyiraman jangan terlalu banyak airnya cukup basah saja  ,sedangkan bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 1 hari sekali pagi atau sore hari.

Pemupukan dilakukan pada umur 2 bulan pupuk yang digunakan bisa pupuk cair organik atau  jenis NPK  100 gram per batang dan pemupukan selanjutnya dilakukan 3 bulan sekali dengan dosis ditambahkan sesuai tinggi dan besar batang tanaman . cara pemupukan di buatkan parit melingkar dan ditutup kembali setelah pupuk di berikan kemudian dilakukan penyiraman dan jangan lupa tambahkan bokashi.

 Pembersihan gulma dilakukan dua minggu sekali atau bila telah tumbuh tumbuhan pengganggu,sedangan pembubunan dilakukan ketika tanah yang ada di batang tanaman longsor / tergerus akibat penyiraman

Pemangkasan dilakukan ketika tanaman sudah rimbun kira –kira umur 2 tahun berfungsi untuk membentuk tanaman , agar tanaman tidak terlalu tinggi bagain atasnya di potong  dan cabang yang tidak produktif di hilangkan.

Seleksi buah dilakukan untuk mendapatkan buah yang mempunyai ukuran seragam yaitu mengurangi buah / membuang buah yang cacat atau terserang penyakit  dan juga yang padat bergerombol di kurangi.

Pembungkusan buah bila perlu dilakukan untuk mencegah hama lalat buah agar tidak bisa meletakan telurnya yang menyebabakan buah busuk .dan untuk menjaga kualitas buah tetap baik



     
   

          

Hama dan penyakit

Hama yang menyerang antara lain lalat buah, kutu putih,lalat hijau ,ulat daun cara penanggulangan gunakan insektisida hayati .atau bila tidak mampu gunakan insektisida kimia bahan aktif Imidakloprit ( Interprit, confidor ) sipermetrin ( buldog, )

Penyakit yang menyerang antara lain : jamur upas ,kanker batang ,busuk buah gunakan juga fungisida hayati atau kimia bahan aktif iprodium, mancozeb.


Panen belimbing

Belimbing  dapat mulai dipanen umur 3  tahun setelah tanam dan tergantung pula varietas dan cara perawatannya:  buah belimbing  yang sudah bisa dipetik ditandai dengan warna buah yang sudah kekuningan , ukuran buah sudah besar maksimal,berbau harum.



                    

               


Demikian  cara menanam / budidaya belimbing di pot / drum bekas .semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "CARA MENANAM / BUDIDAYA BELIMBING DI POT"