Latest News

CARA MENANAM /BUDIDAYA BUNGA JENGGER



CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGA JENGGER, Bunga jengger juga kembang jembel ayam karena bentuknya seperti jengger ayam berwarna merah darah adalah jenis tanaman semusim yang mempunyai nama Celosia cristata . Tanaman ini mudah tumbuh dan dulunya liar karena mempunyai warna bunga yang eksotik maka banyak yang memelihara di taman di sekitar rumah. Menanam / budidaya bunga jengger ini sangat mudah ,berikut ini saya sampaikan cara menanamnya.



                           




Cara menanam / budidaya bunga jengger

Pertama yang dikerjakan adalah mengemburkan tanah yang akan ditanami dengan cangkul ,membersihkan rumput liar agar tidak mengganggu pertumbuhan nantinya.
Bibit bunga jengger berasal dari bunga jengger yang sudah matang dan tua yang terletak disamping kiri kanan bunga

Bunga jengger berasal dari biji yang terletak di samping bunga bentuknya bulat kecil berwarna hitam ,untuk mengambil bijinya dengan digosok maka akan keluar biji yang berwarna hitam .






Menanam bunga jengger

Buat parit di tanah kemudian sebar secara merata dan timbun dengan tanah tipis / kompos atau bokashi ,kemudian lakukan penyiraman dengan air yang tidak terlalu deras sampai merata, atau bisa disebar di pot atau polibag kemudian di tutup dengan bokashi /tanah tipis, kemudian siram dengan air yang tidak deras.

Penyiraman dilakukan tiap hari dan bila telah tumbuh bisa dikurangi  dua hari sekali.

Penjarangan dilakukan bila telah tumbuh dan pertumbuhan terlalu rapat maka diambil dipindahkan ke tempat lain agar tampak serasi dan didapat jarak yang diinginkan.

Pembersihan rumput dilakukan bila ada rumput pengganggu dengan mencabut dan membakarnya agar tidak menggangu pertumbuhan tanaman.

Pembubunan atau menutup tanah pada  akar/  batang yang terkena erosi akibat penyiraman atau air hujan dilakukan dua minggu sekali.agar akar tetap tertutup tanah .


                   



Demikian tentang cara menanam / budidaya bunga jengger ayam .semoga bermanfaat.


0 Response to "CARA MENANAM /BUDIDAYA BUNGA JENGGER"